Kyoungyoon DKZ Syok Ortunya Dikaitkan dengan Kultus JMS, Ngeri Saat Nonton In the Name of God: A Holy Betrayal

Orangtua Kyoungyoon DKZ memang sempat mengikuti acara keagamaan dari organisasi yang dimaksud. Namun sang idol tak tahu menahu kontroversi di balik organisasi ini.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 08 Mar 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 18:30 WIB
Kyoungyoon DKZ. (Dongyo Entertainment via Soompi)
Kyoungyoon DKZ. (Dongyo Entertainment via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Serial dokumenter In the Name of God: A Holy Betrayal yang mengangkat skandal kultus Providence atau yang kondang dengan sebutan JMS, belakangan ini ramai dibahas warganet. Bahkan hal ini ikut menyeret nama Kyoungyoon DKZ.

Dilansir dari Soompi, Rabu (8/3/2023) hal ini berawal dari unggahan warganet yang membagikan alamat tempat-tempat yang diduga berafiliasi dengan kultus yang dipimpin Jung Myung Seok tersebut.

Rupanya, salah satu tempat yang disebutkan, adalah alamat cafe yang dikelola oleh orangtua sang member DKZ.

Alhasil, kabar ini langsung bikin geger. Agensi DKZ, Dongyo Entertainment, akhirnya merilis pernyataan resmi untuk mengklarifikasi kabar ini. Di awal pernyataan, diungkap bahwa orangtua sang idol mengikuti acara keagamaan dari organisasi yang dimaksud. Namun Kyoungyoon tak menyadari kontroversi di balik organisasi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ngeri

Kyoungyoon DKZ. (Dongyo Entertainment via Soompi)
Kyoungyoon DKZ. (Dongyo Entertainment via Soompi)

"Mengenai bisnis yang dijalankan oleh keluarga Kyoungyoon DKZ dan kini ramai diperbincangkan secara daring dan via medsos, dilakukan pengecekan dengan Kyoungyoon dan keluarganya. Ternyata sebelum mendapat kabar dari banyak orang dan melihat isi [dokumenter] tersebut, [Kyoungyoon] mengira bahwa organisasi yang dimaksud hanyalah sebuah gereja biasa yang dihadiri orangtuanya, dan dia tidak pernah menemukan atau mengetahui informasi di [serial dokumenter] tersebut," kata pohak agensi.

Tak heran, Kyoungyoon bak tersambar geledek begitu mengetahui situasi terkait JMS.

"Setelah Kyoungyoon mengetahui kebenarannya pada hari ini, dia secara pribadi langsung memeriksa konten [serial dokumenter] tersebut dan tidak dapat menahan rasa ngerinya," kata pihak agensi.


Putus Hubungan dengan JMS

In The Name of God: A Holy Betrayal. (Tangkapan layar YouTube/ Netflix K-Content)
In The Name of God: A Holy Betrayal. (Tangkapan layar YouTube/ Netflix K-Content)

Operasional bisnis keluarganya ini, bahkan langsung dihentikan. Pihak keluarga juga langsung memutuskan hubungan dengan JMS. "Kami menyatakan mulai saat ini mereka tak ada hubungannya dengan organisasi tersebut."

Kyoungyoon sendiri menyatakan penyesalan karena tak waspada dengan hal-hal yang berkaitan dengan orang-orang terdekatnya.

"Meskipun alasan ketidaktahuan bukanlah sebuah pembenaran, dia tidak pernah memiliki ketertarikan atau atau membela kejahatan organisasi yang dimaksud, jadi kami mohon Anda menahan diri dari spekulasi atau ulasan yang berlebihan."


In the Name of God: A Holy Betrayal

Seperti diketahui, In the Name of God: A Holy Betrayal adalah dokumenter yang mengungkap penuturan penyintas kekerasan seksual dan para mantan pengikut Jung Myung Seok. Dalam dokumenter ini diungkap bagaimana ia mendekati para korban yang banyak di antaranya adalah wanita muda dari kalangan terpelajar.

Diceritakan pula bagaimana perjuangan para penentang Jung Myung Seok, yang tak jarang mengorbankan keselamatan diri dan keluarganya demi menguak fakta di balik organisasi JMS.

Di Indonesia, In the Name of God: A Holy Betrayal ditayangkan oleh Netflix sejak 3 Maret 2023 lalu.

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya