Gus Jaddin-Arismaya Dinyatakan Tak Lolos Verifikasi Faktual Dukungan Perorangan di Pilkada Jember

Ada beberapa kendala yang ditemui petugas dalam melakukan verifikasi faktual karena di masing-masing kecamatan atau desa tidak ada koordinator dari tim pasangan calon perseorangan tersebut.

oleh Erik diperbarui 07 Jul 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 (Istimewa)
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 (Istimewa)

Liputan6.com, Jember - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Hendra Wahyudi menyebutkan bahwa hasil sementara verifikasi faktual dukungan calon perseorangan M. Jaddin Wajads-Arismaya Parahita (Gus Jaddin-Arismaya) dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sekitar 60-70 persen.

"Hasil pendataan dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang telah melakukan verifikasi faktual di lapangan tercatat hingga 70 persen dinyatakan TMS karena berbagai hal," katanya di Jember, Sabtu (6/7/2024).

Gus Jaddin-Arismaya telah menyerahkan sebanyak berkas dukungan sebagai syarat maju Pilkada Jember melalui jalur perseorangan, namun hasil verifikasi administrasi tercatat sebanyak 135.508 berkas dukungan dinyatakan valid dan dinyatakan lolos verifikasi administrasi beberapa waktu lalu.

"Temuan di lapangan, mereka tidak mengenal pasangan calon yang maju lewat jalur perseorangan Gus Jaddin-Arismaya, meskipun berkas dukungan berupa KTP mereka digunakan untuk mendukung bakal pasangan calon tersebut," tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa kendala yang ditemui petugas dalam melakukan verifikasi faktual karena di masing-masing kecamatan atau desa tidak ada koordinator dari tim pasangan calon perseorangan tersebut.

"Kami kesulitan untuk menemukan warga yang memberikan dukungan kepada bakal calon perseorangan yang maju dalam Pilkada Jember, bahkan kami mencarinya beberapa kali dan tetap tidak ditemukan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, sebagian warga merasa tidak pernah menyodorkan KTP untuk mendukung Gus Jaddin-Arismaya saat tim verifikasi faktual dari badan ad hoc KPU Jember menemui warga yang memberikan dukungan.

"Kami akan menyerahkan hasil verifikasi faktual tersebut kepada liaison officer (LO) atau naradamping pasangan calon perseorangan Gus Jaddin-Arismaya dan mereka punya waktu sekitar satu minggu untuk perbaikan data TMS tersebut," ujarnya.

 


Optimis Bakal Lolos

Sebelumnya bakal calon Bupati Jember jalur perseorangan Gus Jaddin yang dikonfirmasi per telepon menyatakan kesiapan-nya untuk tahapan verifikasi faktual terhadap dukungan yang diberikan masyarakat kepadanya.

"Saya akan melakukan sosialisasi lebih gencar kepada para pendukung yang telah memberikan dukungan kepada kami untuk maju dalam Pilkada Jember 2024, sehingga saya optimistis bahwa verifikasi faktual juga akan lolos," katanya.

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya