Instagram Uji Coba Tampilan Profil Pengguna Berbentuk Persegi Panjang

Instagram sedang melakukan uji coba pada tampilan profil pengguna yang sebelumnya persegi biasa menjadi persegi panjang.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 26 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi media sosial, Instagram
Ilustrasi media sosial, Instagram. (Foto oleh Brian Ramirez: https://www.pexels.com/id-id/foto/smartphone-teknologi-aplikasi-instagram-8886104/)

Liputan6.com, Jakarta - Instagram sedang melakukan uji coba tata letak grid baru di profil pengguna yang menampilkan gambar persegi panjang setelah sebelumnya hanya ada format persegi yang sudah dikenal.

Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan perubahan ini pada Instagram Stories. Dia menjelaskan bahwa grid persegi yang menjadi ciri khas Instagram dirancang pada masa awal aplikasi.

Namun dengan perubahan tren, sebagian besar konten yang diunggah kini berbentuk vertikal, seperti gambar berukuran 4x3 dan video dengan ukuran 9x16 sehingga ukuran persegi terasa kurang cocok.

Dikutip dari Engadget, Senin (26/8/2024), uji coba ini masih terbatas pada sejumlah pengguna, dan Instagram akan mempertimbangkan masukan dari pengguna sebelum melakukan perluasan ke lebih banyak orang.

Mosseri juga menjawab kekhawatiran pengguna dalam sesi "Ask Me Anything", dan beberapa pengguna memohon agar tata letak grid persegi lama tidak dihilangkan.

Sejak 2022, aplikasi ini memang sudah menampilkan desain grid persegi panjang. Demikian sebagaimana diungkap oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi.

Uji coba itu menunjukkan bahwa perubahan tersebut semakin dekat untuk diterapkan secara lebih luas walau belum semua pengguna merasa siap untuk meninggalkan tata letak yang sudah dikenal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Turki Akhirnya Buka Blokir Instagram, Ini Alasannya

Ilustrasi aplikasi Instagram
Ilustrasi aplikasi Instagram (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Di sisi lain, Turki telah membuka blokir Instagram setelah media sosial tersebut setuju untuk memenuhi tuntutan negara tersebut terkait penyensoran dan konten terkait kejahatan.

Menteri Transportasi Abdulkadir Uraloglu mengumumkan kesepakatan itu dalam sebuah posting-an di platform X. Demikian menurut laporan Bloomberg, dikutip dari Engadget, Senin (12/8/2024).

Uraloglu mengutip kekhawatiran atas konten yang berkaitan dengan kejahatan yang meliputi pembunuhan, penyerangan seksual, perdagangan narkoba, dan penyiksaan.


Tidak ada Penjelasan Resmi Pemblokiran Instagram di Turki

Tampilan Threads, aplikasi Instagram besutan Meta untuk menyaingi Twitter (Tangkapan layar App Store)
Tampilan Threads, aplikasi Instagram besutan Meta untuk menyaingi Twitter (Tangkapan layar App Store)

NetBlocks, yang pertama kali melaporkan bahwa Instagram telah diblokir di Turki awal bulan ini, mengonfirmasi pada pada Sabtu (10/8/2024) bahwa akses media sosial itu mulai pulih.

Instagram diblokir selama lebih dari seminggu, yang mana pengguna di negara tersebut tiba-tiba kehilangan akses pada 2 Agustus 2024.

Terkait pemblokiran ini tidak ada penjelasan resmi, namun hal tersebut dilakukan setelah kepala komunikasi Turki, Fahrettin Altun, menuduh media sosial itu menyensor posting yang menyatakan belasungkawa untuk Ismail Haniyeh, seorang pemimpin Hamas yang baru-baru ini dibunuh Israel.


Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya