BPJS Ketenakerjaan Siap Terapkan Iuran Pensiun 8%

Iuran pensiun sekitar 8 persen dinilai untuk memberikan manfaat jangka panjang kepada pekerja.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 13 Mei 2015, 21:30 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2015, 21:30 WIB
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial/BPJS Ketenagakerjaan mengusulkan iuran pensiun sebanyak 8 persen, dengan komposisi 5 persen untuk pemberi kerja dan 3 persen untuk pekerja.

Kepala Divisi SDM Ketenagakerjaan Abdul Latif Algaf mengatakan, nominal tersebut telah melalui perhitungan matang. Dia bilang, angka tersebut memperhitungkan kemampuan membayar pengusaha dan aspirasi pekerja.

"Kalau BPJS kami siap saja, yang penting mempertimbangkan ini program panjang harus ada keberlanjutan dan harus rasional. Ada keberlanjutan kita jaga," kata dia Rabu (13/5/2015).

Dia bilang, iuran pensiun 8 persen memberikan manfaat kepada pekerja dalam jangka panjang. Namun demikian, kepastian iuran pensiun saat ini menunggu keputusan pemerintah. "Saya kira harus dipertimbangkan, apapun yang diputuskan pemerintah. Harus kita laksanakan," kata dia.

Pada kesempatan sama,  Kepala Bidang Investasi Asosiasi DPLK, Daneth Fitrianto menilai iuran pensiun 8 persen terlalu besar. Dia bilang, idealnya angka pungutan hanya 1,5 persen dengan porsi 1 persen ditanggung oleh pemberi kerja dan 0,5 persennya pekerja.

Dia menuturkan, jika angka tersebut harus disejajarkan oleh negara-negara lain yang  telah menerapkan terlebih dahulu kurang tepat. Dia menambahkan, Amerika Serikat (AS) sendiri memulai program iuran pensiun awalnya sebesar 2 persen dan Kanada sebesar 3 persen.

"Janganlah membandingkan dengan negara yang sudah maju, dibandingkan dengan Malaysia juga tidak pas, karena negara sana iuran pasti bukan manfaat pasti," kata Daneth.

Pihaknya menyarankan, ketimbang memangkas sebanyak 8 persen lebih baik sisanya diberikan ke pengusaha untuk menambah modal bisnis. "Lebih baik kelebihannya untuk bisnisnya sehingga ada pertumbuhan ekonomi," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya