Fakta Menarik, Inilah 10 Presiden Amerika Serikat Terkaya Sepanjang Masa

Pernakah Anda terpikir siapa saja presiden terkaya di AS? berikut adalah 10 deretannya presiden terkaya di AS sepanjang masa

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Nov 2020, 20:44 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2020, 21:11 WIB
FOTO: Donald Trump Sampaikan Pidato di Konvensi Nasional Partai Republik
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato pada hari keempat Konvensi Nasional Partai Republik di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (27/8/2020). (AP Photo/Evan Vucci)

Liputan6.com, Jakarta Tidak dipungkiri menjadi orang kaya mungkin didapatkan dari warisan orang tua atau keluarga. Seperti keturunan keluarga terkaya di Amerika mewujudkan impian mereka menjadi presiden melalui uang dan koneksi yang dimiliki.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua Presiden AS (Amerika Serikat) berasal dari keluarga kaya, beberapa mendapatkan semua uang mereka setelah menjabat bahkan usai meninggalkan Gedung Putih.

AS sendiri sedang dalam masa pemilihan presiden (Pilpres). Di saat seperti ini, pernahkah Anda terpikir siapa presiden AS yang terkaya sepanjang masa?

Mengutip dari Voanews.com, Kamis (5/11/2020) berikut deretan Presiden AS terkaya, dengan melihat kekayaan bersih yang disesuaikan dengan inflasi:

10.  Bill Clinton

Kekayaan bersih: USD 75,9 juta

Presiden ke-42

Clinton menghasilkan uang justru usai meninggalkan kantor Gedung Putih. Menghasilkan uang dari otobiografi, My Life tahun 2005. Kekayaan istrinya juga membantu meningkatkan pendapatan mantan presiden ini.

 

9.  Herbert Hoover

Kekayaan bersih: $83 juta

Presiden ke-31

Dia dikenal sebagai seorang manusia yang mandiri. Sebagai anak yatim piatu lulusan dari Stanford dan bekerja sebagai insinyur pertambangan sebelum terjun ke dunia politik. Selain itu ia menulis buku teks teknis pertambangan dan memperoleh beberapa tambang perak Burma.

 

8. Lyndon B. Johnson

Kekayaan bersih: USD 109,3 juta

Presiden ke-36

Dikenal sebagai pemuda ambisius pekerja keras tanpa banyak uang sampai ia bertemu dan menikah dengan Claudia ‘Lady Bird’ Taylor, yang berasal dari keluarga Texas yang kaya.

Bersama-sama mereka memiliki ternak dan tanah 607 hektar di Texas. Namun sumber pendapatan utama mereka dari stasiun radio milik Lady Bird.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video di bawah ini:


Deretan selanjutnya

George Washington
Presiden pertama Amerika Serikat George Washington. (History.com)

7. James Madison

Kekayaan bersih: USD 113,3 juta

Presiden ke-4

Orang tua James sangatlah kaya dan memiliki beberapa hektar tanah. Selain itu juga memiliki perkebunan yang menguntungkan di Orange Country, Virginia dan membangun kebun Montpelier yang terkenal.

Namun, James mulai kehabisan uang menjelang akhir hidupnya. Perkebunan tidak berhasil dan anak tirinya kehilangan banyak uang dari ayah tirinya karena masalah dengan minuman keras dan judi.

 

6. Andrew Jackson

Kekayaan bersih: USD 132,6 juta

Presiden ke-7

Salah satu presiden AS yang terlahir miskin dan mendapatkan uang sendiri melalui praktik hukum. Namun, ketika dia tidak dilahirkan dalam kekayaan, ia menikah dengan uang dan mewarisi kekayaan istrinya Rachel ketika istirinya meninggal tak lama sebelum ia menjadi presiden.

 

5. Theodore Roosevelt

Kekayaan bersih: USD 139,7 juta

Presiden ke-26

Ia mewarisi dana perwalian yang besar dan tidak berbuat banyak untuk meningkatkan kekayaannya. Terpilih menjadi anggota Majelos Negara Bagian New York pada usia 23 tahun, Roosevelt menghabiskan masa dewasanya dalam pelayanan publik.

Namun ia kehilangan sebagian dari kekayaannya setelah investasi peternakan di Dakota memburuk.

 

 

 

 

 

 

 

 


Presiden selanjutnya

Presiden AS ke-36, Lyndon B. Johnson
Presiden AS ke-36, Lyndon B. Johnson. (Public Domain)

4. Thomas Jefferson

Kekayaan bersih: USD 236,8 juta

Presiden ke-3

Ia mewarisi 1.200 hektar tanah dekat Charlottesville, Virginia dari ayahnya. Kemudian ia menambahkan 809 hektar lebih ke dalam portofolio real estat dan membangun rumah pajangannya, Monticello.

Meskipun ia tetap kaya selama hidupnya, namun memiliki utang ketika meninggal. Pendapatan dari bertani tidak dapat diandalkan dan ia adalah seorang yang boros.

 

3. George Washington

Kekayaan bersih: USD 587 juta

Presiden ke-1

Presiden pertama negara mewarisi sebagian besar kekayaannya. George Washington mewarisi perkebunan yang menguntungkan, Gunung Vernon dari saudara tirinya. Selain itu ia juga mendapatkan banyak uang saat menjabat sebagai jendral dan presiden.

Perlu diketahui bahwa gaji presiden Washinton pada tahun 1789 adalah USD 25.000 yang merupakan 2 persen dari total anggaran AS.

 

2. John F. Kennedy

Kekayaan bersih: USD 1,1 miliar

Presiden ke-35

Ayah John F. Kennedy adalah salah satu orang terkaya di Amerika Serikat yang menghasilkan uang melalui perbankan dan investasi. Selain kekayaan dari ayahnya, ibunya juga memiliki banyak uang dan merupakan ahli waris minyak.

 

1. Donald J. Trump

Kekayaan bersih: USD 3,1 miliar.

Presiden ke-45

Donald Trump sendiri dilahirkan dari kekayaan dan mewarisi setidaknya USD 413 juta dari ayahnya. Dia menjadi lebih kaya setelah mengambil alih bisnis real estat ayahnya dan sekarang memiliki miliaran dolar dalam real estat.

 

 

 

 

Reporter: Tasya Stevany

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya