Katalog Digital 1.256 UMKM Bakal Mejeng di MotoGP Mandalika

Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan katalog digital bagi 1.256 UMKM yang akan memenuhi helatan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 11 Mar 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2022, 13:00 WIB
Katalog digital berisi 1.25a6 UMKM untuk dipajang di Sirkuit Mandalika
Katalog digital berisi 1.25a6 UMKM untuk dipajang di Sirkuit Mandalika (dok: Arief)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan katalog digital bagi 1.256 UMKM yang akan memenuhi helatan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Ada dua kategori katalog yang disiapkan oleh Kemenkop UKM.

Pertama, katalog dengan kategori SMEs Prime Product. Pada kategori ini akan memuat UMKM pilihan dari kategori non kuliner. Tak hanya UMKM binaan Kemenkop UKM yang ada dalam katalog ini tapi juga Kemenparekraf hingga Bank Indonesia.

Kedua, katalog UKM pilihan untuk kategori makanan dan minuman. Ini juga mencakup berbagai UMKM binaan dari kementerian dan lembaga yang nantinya akan menghiasi sekitaran sirkuit bahkan di titik-titik transit transportasi sekitar Mandalika.

“Kami susun katalog, sehingga para pengunjung pada kegiatan itu sejak sekarang sudah bisa memilih produk sebelum kesana, katalog yang kita sediakan ini bisa diakses secara digital,” kata Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM, Hanung Harimba Rachman, dalam konferensi pers, Jumat (11/3/2022).

Ia menyebut, untuk memudahkan pengunjung nantinya, akan disediakan QR code di titik-titik transportasi. Seperti di pelabuhan, di bandara, lokasi parkir, hingga di dalam Sirkuit Mandalika.

“QR ini akan ada di standing banner di lokasi-lokasi seperti dua standing banner di pelabuhan bangsal, 2 di pelabuhan selaparang, 2 di taman sangkareang, 2 di islamic center, pelabuhan gili mas 20 stiker, bandara Hisyam 4 standing banner, RS Mandalika 2 standing banner, parkir timur 40 stiker parkir barat 40 stiker, dan lokasi sirkuit ada 30an stiker,” katanya.

 


Cara Akses

Dukung UMKM di Indonesia, BCA Perluas Penggunaan QRIS
Pelaku UMKM bertransaksi menggunakan QR Code BCA mobile pada pameran Adi Wastra Nusantara di Jakarta (11/2/2022). Bertepatan dengan momen Hari Ulang Tahun BCA yang ke-65, BCA mendukung UMKM di Indonesia melalui tiga pilar utama yaitu Pilar Pembayaran, Pembinaan, dan Pembiayaan. (Liputan6.com/HO/Eko)

Lebih lanjut, ia menuturkan, untuk bisa mengakses katalog ini bisa menggunakan dua cara. Yakni dengan melakukan pemindaian terhadap QR Code yang ditemukan dengan logo Kemenkop UKM didalamnya.

Atau bisa juga mengunjungi website untuk mengunduh dua kategori katalog tersebut.

Untuk mengunduh katalog, calon pembeli bisa mengakses indigisign.com/ukm_kemenkop_ mandalika/. Kemudian, akan muncul dua pilihan katalog sesuai dengan kategorinya.

Calon pembeli bisa mengetuk salah satu diantaranya untuk mengunduh katalog digital tersebut, setelah selesai file katalog akan berada di folder unduhan.

Ada sekitar 200 halaman yang memuat berbagai macam produk dan nama UMKM yang menjajakan barangnya menyambut gelaran MotoGP Mandalika tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya