BRI Tambah 25 Ribu Agen BRILink di 2023

Dalam satu tahun terakhir transaksi masyarakat lewat BRILink bisa tembus hingga Rp 1.400 triliun.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 17 Jan 2023, 14:10 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 14:10 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso dalam Webinar Tren Perbankan di Tahun 2023 yang digelar OJK Institute, Selasa (17/1/2023).
Direktur Utama BRI Sunarso dalam Webinar Tren Perbankan di Tahun 2023 yang digelar OJK Institute, Selasa (17/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sunarso menargetkan ada 615 ribu agen BRILink di tahun 2023 ini. Artinya ada penambahan sekitar 25 ribu agen BRILink di seluruh Indonesia.

Sunarso menuturkan saat ini ada 590 ribu agen BRILink yang tersebar diseluruh penjuru negeri. Agen-agen ini mampu meningkatkan akses masyarakat di berbagai daerah terhadap BRI.

"Kita punya 590 ribu (agen saat ini), target kita 2023 ini akan jadi 615 ribu, masih ada (peluang) 25 ribu lebih, itu kita akan cari," ujarnya dalam Webinar Tren Perbankan di Tahun 2023 yang digelar OJK Institute, Selasa (17/1/2023).

Sunarso mengungkap dalam satu tahun terakhir transaksi masyarakat lewat BRILink bisa tembus hingga Rp 1.400 triliun. Ini jadi angka yang fantastis di tengah proses akselerasi akses produk perbankan di masyarakat daerah, yang jadi fokus penetrasi BRI.

Menurutnya, besarnya transaksi yang dilakukan secara semi-konvensional ini terjadi di tengah fokus proses bisnis menuju digitalisasi. Kendati, masyarakat di daerah juga masih banyak yang melakukan transaksi secara konvensional lewat BRILink.

"Transaksinya enggak main-main, kecenderungannya digital memang naik, tapi lewat agen BRILink setahun lebih dari Rp 1.400 triliun. Itu fakta dan realita, padahal agen BRILink adalah hybrid bank dengan bisnis proses yang digital," urainya.

Hybrid bank atau perpaduan pengembangan digitalisasi di perbankan sambil terus menyediakan layanan konvensional jadi strategi BRI. Mengingat, fokus BRI yang membidik sektor informal hingga usaha mikro melalui Holding Ultra Mikro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi

Resmi jadi Sponsor Liga 1, BRI Optimis Bisa Dekat dengan Masyarakat
Sunarso , Dirut BRI. (Foto:@BRI)

Strategi ini dinilai Sunarso sebagai keberhasilan untuk meningkatkan akses masyarakat di daerah terhadap produk perbankan. Kedepannya, bisa membuka ruang-ruang baru bagi produk lainnya selain dari tabungan.

"Dibuat fully digital rnggak laku, mungkin laku di kota besar, di anak-anak musa, tapi karena masih ada ibu-ibu disana (di daerah) yang gak paham digital. Makanya kita layani secara konvensional, tapi kalau konvensional aja, sekian tahun ganti generasi, BRI akan ketinggalan," bebernya.

"Maka kita kembangkan hybrid bank, kita digitalkan core-nya, ekosistemnya ktia rangkai digital, dan digital proporsition-nya kita perkuat," sambung Sunarso.

 


Masuk Fortune Indonesia Change The World

Kinerja Keuangan Cemerlang, Kontribusi BRI untuk Negara dan Rakyat Semakin Besar
Direktur Utama BRI Sunarso.

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI masuk Fortune Indonesia Change The World dalam kategori Inklusi Keuangan. Capaian ini tak lepas dari kontribusi Branchless Banking, Agen BRILink yang mampu hadir memberikan layanan keuangan terdekat kepada masyarakat.

Majalah Fortune Indonesia merilis Fortune Indonesia Change the World. Ini adalah daftar dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, memiliki program yang membawa tujuan positif, mampu memberikan dampak serta membuka kesempatan baru bagi masyarakat, karyawan, lingkungan, dan juga kinerja atau reputasi mereka.

Penilaian dilakukan secara objektif dengan mempertimbangkan dampak sosial, hasil bisnis, inovasi, dan integrasi. Dalam daftar tersebut, BRI menjadi salah satu dari 30 perusahaan di Indonesia yang masuk dalam Fortune Indonesia Change the World tahun 2022.

 


Terobosan Perbankan

Layanan keuangan berbasis mitra keagenan atau Agen BRILink dinilai unggul sebagai terobosan perbankan yang mampu menjangkau hingga wilayah terpencil di Indonesia. Agen Laku Pandai BRI ini telah menjangkau 58.095 desa atau lebih dari 75% desa di Indonesia.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menyampaikan apresiasi kepada seluruh Insan BRILian (Pekerja BRI) dan mitra AgenBRILink yang telah berkontribusi penuh untuk mendorong inklusi keuangan. Ke depan, BRI terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah mencapai target 90% inklusi keuangan pada 2024.

"Agen BRILink adalah salah satu terobosan BRI dalam menghadirkan layanan perbankan yang dekat, cepat, dan aman bagi seluruh nasabah di Indonesia, utamanya di Kawasan 3T. Penghargaan yang disematkan kepada layanan AgenBRILink menjadi pemicu semangat bagi BRI untuk terus tumbuh dan semakin tangguh memberi makna dan berkontribusi untuk Indonesia," ucapnya.

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya