Kunjungi Inacraft, Jokowi Ingin Banyak Produk Lokal Tembus Pasar Ekspor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengujungi acara Pameran Inacraft on October 2023 di JCC, Senayan, Jakarta.

oleh Elza Hayarana Sahira diperbarui 04 Okt 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 12:10 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendampingi Presiden Jokowi saat menghadiri Pameran Inacraft di JCC, Jakarta
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendampingi Presiden Jokowi saat menghadiri Pameran Inacraft di JCC, Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengujungi acara Pameran Inacraft on October 2023 di JCC, Senayan, Jakarta. Dalam acara tersebut turut mendampingi Jokowi diantaranya Menparekraf Sandiaga Uno, Mendag Zulkifli Hasan, dan Mensekab Pramono Anung.

Dalam kunjungannya, JokowiĀ mengunjungi satu per satu booth yang ada di Pameran Inacraft, sambil bertanya tentang kerajinan yang dibuat oleh para pegerajin.

Jokowi menceritakan jika dirinya selalu antusias taip kali mengunjungi pameran tahunan ini.Ā 

"Saya senang bahwa yang berkaitan dengan desain, berkaitan dengan warna, ada sebuah lompatan yang sangat baik. Dari jauh pun tadi, dari Lombok, desain ukiran sangat-sangat bagus," ujarnya, Rabu (4/10/2023).

Ia juga menjelaskan, pemerintah akan memperhatikan lebih banyak mengenai berbagai produk UMKM, dengan harapan nantinya bisa menembus pasar ekspor.

"Dan ada lompatan yang jauh saya kira bagus sekali dan ini kita arahkan untuk ekspor, ekspor sebanyak-banyaknya," sambung Jokowi.

Harapan JokowiĀ 

Dalam pemeran ini, Jokowi berharap bisa membawa banyak buyers sehingga bisa menghasilkan banyak omzet juga.

"Iya, utamanya buyers, meskipun lokal juga penting," ucapnya.

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kualitas Produk Lokal Tak Kalah dengan Impor

Ditemani Beberapa Selebriti Tanah Air, Mendag Zulhas dan 2 Putrinya Berkunjung ke Kota Bandung
(c) PAN

Dalam kesempatan itu Mendag Zulkilfli Hasan juga mengatakan, kualitas dari desain kerajinan buatan lokal ini tidak kalah jika di bandingkan dengan produk luar.

Dia menegaskan, sesuai yang dikatakan Jokowi, pemerintah akan membangun ekosistem. Dengan demikian, akan memperluas kesempatan para UMKM bisa menembus pasar ekspor.

ā€œKita lihat tadi kualitasnya desainnya tidak kalah dengan produk manapun. Sebab itu, kita harus ekosistemnya kita bangun agar produksinya bisa lebih banyak, dan kualitas bagus sehingga ,bisa memperluas pasar ekspor kita,ā€ ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya