Harga Emas Benar-Benar Makin Mahal, Ini Buktinya

Harga emas di pasar Spot naik 0,3% menjadi USD 2.743.33 per ons. Harga emas mencapai rekor USD 2.758,37 pada hari Rabu dan mencatat kenaikan mingguan ketiga berturut-turut.

oleh Septian Deny diperbarui 26 Okt 2024, 09:13 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi harga emas hari ini
Ilustrasi harga emas hari ini. Harga emas di pasar Spot naik 0,3% menjadi USD 2.743.33 per ons. Harga emas mencapai rekor USD 2.758,37 pada hari Rabu dan mencatat kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. (dok: Foto AI)

Liputan6.com, Jakarta Harga emas naik tipis pada hari Jumat (Sabtu waktu Jakarta) setelah pulih dari pertarungan aksi ambil untung karena ketegangan Timur Tengah dan kegelisahan pemilu Amerika Serikat (AS) yang mendukung harga emas. Sementara harga paladium memperpanjang kenaikan ke level tertinggi dalam 10 bulan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (26/10/2024), harga emas dunia di pasar Spot naik 0,3% menjadi USD 2.743.33 per ons. Harga emas mencapai rekor USD 2.758,37 pada hari Rabu dan mencatat kenaikan mingguan ketiga berturut-turut.

Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,3% menjadi USD 2.755.80.

Ahli Strategi Pasar RJO Futures Bob Haberkorn mengatakan, fakta bahwa mungkin sesuatu akan terjadi akhir pekan ini antara Israel dan Iran bisa memicu beberapa pembelian logam safe-haven seperti emas menjelang akhir pekan.

Sedikitnya sembilan warga Palestina tewas dan beberapa terluka dalam serangan udara Israel di Al-Shati, kata petugas medis kepada Reuters.

Harga emas yang tidak imbal hasil telah naik lebih dari 32% sepanjang tahun ini karena permintaan safe-haven yang berasal dari ketegangan yang sedang berlangsung di Timur Tengah mendukung harga emas, bersama dengan pemotongan setengah poin oleh Bank Sentral AS, Federal Reserve The Fed) bulan lalu dalam suku bunga pinjaman acuannya.

Ketidakpastian seputar pemilihan presiden AS juga meningkatkan permintaan emas batangan karena jajak pendapat menunjukkan kompetisi menuju Gedung Putih tetap ketat.

Harga emas telah menguat meskipun ada kenaikan dalam dolar AS, yang ditetapkan untuk kenaikan mingguan keempat karena meningkatnya peluang kemenangan Donald Trump.

"Seseorang dapat membuat kasus logis untuk harga emas naik lebih jauh dari sini. Tetapi kami akan menekankan bahwa emas bukanlah taruhan satu arah," kata Capital Economics.

 

Harga Paladium Cetak Rekor Termahal

Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)

Sementara itu, harga paladium mencapai level tertinggi dalam 10 bulan untuk hari kedua berturut-turut, di tengah kekhawatiran tentang ekspor dari Rusia. Terakhir, harga paladium naik 3,2% pada USD  1,194.36 per ons.

Palladium naik 9% pada hari Kamis menyusul berita bahwa AS meminta sekutu Kelompok Tujuh untuk mempertimbangkan cara tambahan untuk membatasi pendapatan Rusia dari sektor logam dengan mengeksplorasi pembatasan pada paladium dan titanium.

Spot perak turun 0,3% menjadi $ 33,61 per ons setelah mencapai level tertinggi 12 tahun di $ 34,87 awal pekan ini. Platinum kehilangan 0,2% menjadi $ 1.024,20. 

Harga Emas Dunia Berkilau, Dekati Rekor Tertinggi

Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)

Sebelumnya, harga logam mulia kembali berkilau di pasar internasional. Harga emas naik sebanyak 1% hingga diperdagangkan mendekati rekor tertinggi dipicu permintaan di tengah kekhawatiran geopolitik yang terus-menerus mendorong harga emas.

Sementara harga paladium mengalami lonjakan 8% karena kekhawatiran sanksi pasokan pada produsen utama Rusia.

Harga emas hari ini di pasar spot naik 0,7% menjadi USD 2.736,16 per ons, setelah turun dari rekor tertinggi pada posisi USD 2.758,37. Sedangkan harga emas berjangka AS juga naik 0,7% menjadi USD 2.749,1.

"Apa yang benar-benar kita lihat adalah emas terus dipandang sebagai lindung nilai yang sangat penting terhadap tekanan inflasi bersama dengan permintaan safe haven dan arus masuk dana, emas terus didukung dengan sangat baik," kata David Meger, Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures, melansir CNBC.

Dikatakan, ketidakpastian menjelang pemilihan umum AS merupakan salah satu pilar dukungan tambahan untuk pasar emas, mengingat kegelisahan yang mungkin dirasakan pasar menjelang pemilihan umum.

Ekspektasi pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut oleh bank sentral dan reputasi historis emas sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi dan politik telah mendorong harga lebih dari 33% sepanjang tahun ini. Adapun mencapai beberapa rekor tertinggi sepanjang perjalanan.

"Kekhawatiran seputar meningkatnya prospek utang fiskal AS memperkuat kasus investasi untuk emas," kata ANZ dalam sebuah catatan.

Harga Paladium Melonjak

Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)

Di tempat lain, Amerika Serikat meminta sekutu Kelompok Tujuh untuk mempertimbangkan sanksi terhadap komoditas paladium dan titanium Rusia.

Imbasnya harga Paladium melonjak 9,3% menjadi USD 1.155,95, setelah melonjak sebanyak 9,4% ke level tertinggi sejak Desember 2023.

"Mengingat bahwa Rusia menyumbang sekitar 40% dari pasokan tambang paladium, keputusan seperti itu akan memperketat pasar dan menyebabkan harga naik jauh," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Sementara harga perak turun 0,2% menjadi USD 33,67, setelah mencapai titik tertinggi sejak akhir 2012 pada 22 Oktober. Platinum naik 1,3% menjadi USD 1.028,75.

"Perak adalah emas bagi orang miskin. Saya pikir ada potensi kenaikan harga yang jauh lebih besar untuk perak, sementara emas berada pada rekor tertinggi atau tidak jauh di bawahnya, perak masih jauh di bawah rekor tertingginya," kata Jim Wyckoff, Analis Pasar Senior di Kitco Metals.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya