Starting XI Terbaik Shopee Liga 1 2020 Hingga Pekan ke-3

Seperti pada musim-musim sebelumnya, tiap peserta Shopee Liga 1 2020 selalu memunculkan bintang-bintang baru yang bermain gemilang.

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 17 Mar 2020, 11:35 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2020, 11:35 WIB
Shopee Liga 1 2020
Shopee Liga 1 2020 Logo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Jakarta - Shopee Liga 1 2020 telah merampungkan pekan ketiga. Meski keseruan seniman lapangan hijau terbaik di Indonesia terpaksa terhenti untuk sementara karena wabah virus corona, setidaknya ada 11 pemain paling bersinar.

Persib Bandung masih menjadi kesebelasan terbaik dengan meraih tiga kemenangan dari tiga laga Shopee Liga 1 2020. Satu di antara kemenangan itu diraih ketika bersua lawan kuat Arema Malang di Stadion Kanjuruhan.

Persiraja Banda Aceh, tim pomosi Liga 1 2020, di luar dugaan mampu menyodok ke papan atas klasemen sementara. Mereka juga belum terkalahkan bahkan mengalami kebobolan hingga pekan ketiga.

Sebaliknya, Persita Tangerang dan Persik Kediri yang juga merupakan tim promosi belum mampu berbicara banyak. Keduanya urung meraih kemenangan.

Seperti pada musim-musim sebelumnya, tiap peserta Liga 1 selalu memunculkan bintang-bintang baru yang bermain gemilang. Performa ciamik tiap individunya juga menjadi faktor kuat yang membuat klub yang dibelanya mampu melesat ke posisi terbaik di papan klasemen sementara.

Jumlah gol tak menjadi ukuran baku baik buruknya penampilan. Sebab, peran pemain di posisi lain juga sangat menentukan.

Berikut ini 11 pemain terbaik Shopee Liga 1 2020 hingga pekan ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video Shopee Liga 1 2020 berikut ini


Penjaga Gawang

Persiraja Banda Aceh
Skuat Persiraja Banda Aceh. (dok. Persiraja Banda Aceh)

Fakhrurrazi Quba menjadi pilihan Bola.com di posisi kiper karena berkat penampilan heroiknya, gawang Persiraja Banda Aceh urung kebobolan hingga pekan ketiga. Menariknya, Persiraja baru mencetak satu gol saja, bahkan kemenangan tipis 1-0 mereka diraih di kandang lawan, yakni Persik Kediri.

Penjaga gawang asli Aceh itu sebelumnya malang melintang di sejumlah klub Sumatera. Sebelum bergabung dengan Persiraja, ia lebih dulu membela PSAP Sigli dan Semen Padang.

Tak disangka, kiper kelahiran Pante Bidadari 30 tahun lalu itu mampu bermain gemilang pada tiga pekan pembuka Shopee Liga 1. Yang paling mencolok adalah aksi menawannya ketika bersua Persik Kediri, di mana ia sanggup menahan gempuran tim berjulukan Macan Putih itu.

Berkat performa impresifnya, Persiraja menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan. Laskar Rencong juga dibawanya melesat ke posisi tujuh klasemen sementara berkat satu kemenangan dan dua kali imbang.


Pemain Belakang

Tira Persikabo vs Bali United
Bek Bali United, Willian Pacheco, berkomunikasi dengan rekan setimnya saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Naik ke posisi pemain belakang, ada tiga bek yang permainannya paling menonjol pada pembukaan Shopee Liga 1 2020. Mereka adalah Willian Pacheco, Adam Mitter, dan Victor Igbonefo.

Adam Mitter merupakan debutan di Liga 1. Ia bermain untuk Persiraja Banda Aceh dan langsung nyetel dengan sepak bola Indonesia.

Ia tak canggung tiap kali beradu fisik dengan lawan. Kelebihannya adalah kepintarannya dalam membaca permainan. Ia juga berani naik melewati garis tengah untuk menghentikan laju bola, baik yang datangnya bola dari bawah mau pun udara.

Gaya Inggris yang tak kenal kompromi dan juga keras sangat terlihat pada tiga pertandingan awal Persiraja. Berkat kepemimpinannya, Persiraja menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Liga 1 2020.

Bek berikutnya yang layak masuk starting eleven terbaik adalah Igbonefo dan Pacheco. Performa keduanya sangat dominan pada tiga laga pembuka. Pacheco bahkan turut mencetak satu gol saat Bali United mengalahkan Madura United dengan skor 3-1.


Pemain Tengah

Thiago Amaral
Thiago Amaral menyumbang dua gol cantik saat Persipura menggulingkan hegemoni Persebaya dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13 3/2020). (Bola.com/Gatot Susetyo)

Terdapat lima pemain tengah yang terpilih masuk sebagai susunan pemain terbaik Shopee Liga 1 2020 hingga pekan ketiga. Satu di antaranya adalah Thiago Amaral.

Thiago Amaral menyumbang dua gol cantik saat Persipura menggulingkan hegemoni Persebaya dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13 3/2020).

Tak hanya itu saja, gelandang asal Brasil itu juga telah mengoleksi dua assist. Ini membuktikan bahwa gelandang tersebut andal dalam mengkreasi dan menyelesaikan serangan.

Dari barisan lokal, ada nama Evan Dimas dan Sultan Samma. Evan Dimas, meski baru dua kali tampil dan bermain sebagai pemain pengganti pada laga pembuka kontra Borneo, sudah mengoleksi dua gol.

Gelandang yang baru saja melangsungkan pernikahan itu mencetak gol indah ke gawang Bhayangkara FC pada laga yang berakhir dengan skor imbang 2-2. Bisa jadi, gol tersebut bakal masuk nominasi gol terbaik Liga 1 2020.

Sementara itu, Sultan Samma yang menggalang lini tengah Borneo FC juga tak kalah menawan. Meski urung mencetak gol, duetnya bersama pemain asing Nuriddin Davronov terbilang kompak.

Berperan sebagai penyeimbang, Samma membuat tugas Davronov di posisi gelandang menjadi sangat terbantu. Ia juga lebih taktis dan hasilnya, Borneo mampu menang dua kali dan kalah satu kali, itu pun kalah tipis 2-3 kala menghadapi Persija Jakarta.

Satu pemain lagi adalah Paulo Sergio. Pemain satu ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hingga pekan ketiga, pemain asal Brasil itu sudah mengoleksi dua assist. Bukan tak mungkin, dalam beberapa laga ke depan, ia bisa mencetak gol perdananya musim ini.


Pemain Depan

Wander Luiz
Penyerang Persib Bandung: Wander Luiz. (Bola.com/Dody Iryawan)

Wander Luiz (Persib Bandung), Beto Goncalves (Madura United), dan Bruno Silva (PSIS Semarang) terpilih menjadi tiga penyerang terbaik versi Bola.com. Ini tak lepas dari peran pentingnya membawa tim mereka masing-masing pada tiga pekan Shopee Liga 1 2020.

Nama terakhir yang disebutkan, yakni Bruno Silva, merupakan ruh lini serang PSIS. Duetnya bersama Hari Nur Yulianto merupakan musuh besar bek-bek lawan. Striker berkepala pelontos itu sudah menciptakan dua gol, satu ke gawang Persela Lamongan, satu lagi ke gawang Arema FC.

Sementara itu, Wander Luiz menyita perhatian publik pecinta Liga 1 berkat penampilan moncernya bersama Persib. Ia telah melesakkan empat gol dan menjadi top scorer sementara hingga pekan ketiga.

Dari barisan lokal, ada pemain naturalisasi, Beto Goncalves. Meski timnya sempat tumbang oleh Bali United, Beto tetap menjadi andalan di lini depan. Total, sudah tiga gol ia lesakkan buat Madura United.


Starting XI Shopee Liga 1 Hingga Pekan ke-3

Kiper: Fakhrurrazi Quba (Persiraja/Indonesia)

Bek: Willian Pacheco (Bali United/Brasil), Adam Mitter (Persiraja/Inggris), Victor Igbonefo (Persib/Indonesia)

Tengah: Evan Dimas (Persija/Indonesia), Sultan Samma (Borneo FC/Indonesia), Thiago Amaral (Persipura/Brasil), Paulo Sergio (Bali United/Brasil)

Depan: Wander Luiz (Persib/Brasil), Beto Goncalves (Madura United/Indonesia), Bruno Silva (PSIS/Brasil)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Gregah Nurikhsani, Published 17/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya