4 Negara ASEAN Ikut Berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin 2022

Berikut adalah negara ASEAN yang ikut berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin 2022, salah satunya Malaysia.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Feb 2022, 21:10 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2022, 21:10 WIB
Deteksi Tiga Kasus COVID-19, China Lockdown Sebagian Distrik Haidian
Seorang anak bermain dengan syal merah di dekat dekorasi untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing di Lapangan Tiananmen di Beijing, China (18/1/2022). China telah mengunci sebagian distrik Haidian Beijing menyusul deteksi tiga kasus. (AP Photo/Ng Han Guan)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berkompetisi dalam Olimpiade Musim Dingin yang diselenggarakan di Beijing, Tiongkok, pada 4-20 Februari 2022. 

Keempat negara ASEAN tersebut yaitu Filipina, Malaysia, Thailand, dan Timor Leste. Mereka pun ikut mengambil bagian dalam parade kontingen pada acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2022 di Stadion Nasional Beijing, Jumat (4/2/2022) malam. 

Para atlet dari Timor Leste mengenakan baju adat yang paling pertama di antara empat negara ASEAN disusul Malaysia, Filipina, dan Thailand. 

Pembukaan Olimpiade Musim Dingin disaksikan oleh Presiden China Xi Jinping bersama Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, serta ribuan tamu undangan lainnya.

Dilansir dari Antara, atlet dari beberapa negara yang sebelumnya melakukan boikot diplomatik, seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan beberapa negara Eropa, juga mengikuti parade tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Acara Pembukaan yang Meriah

Maskot Olimpiade Musim Dingin dari Masa ke Masa
Maskot Olimpiade dan seorang gadis muda berpartisipasi dalam upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, 25 Februari 2018. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Acara pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai atraksi seni dan pesta kembang api.  Beberapa kota di China juga turut memeriahkan acara pembukaan tersebut dengan menggelar acara kesenian. Video kegiatan tersebut diputar bersama dengan tari-tarian di Stadion Nasional yang dibangun menjelang Olimpiade Musim Panas Beijing 2008. 

Obor Olimpiade Beijing 2022 dibawa estafet oleh beberapa atlet tuan rumah yang menorehkan prestasi pada Olimpiade pada tahun-tahun sebelumnya, salah satunya Chen Yu Fei. 


Indonesia Absen

Selain Chinese Taipei dan Korea Utara, Indonesia masih absen pada ajang Olimpiade Musim Dingin 2022. Hingga saat ini, Indonesia belum bisa tampil pada ajang ini. Menurut Sekjen Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry Kono, Indonesia tidak ambil bagian di Beijiing. 

“Tidak lolos kualifikasi. Karena saat kualifikasi tahun lalu, pandemi Covid-19 masih tinggi,” katanya kepada Liputan6.com. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya