4 Taktik Memanipulasi Orang Lain, Bisa Dipraktikkan dalam Keadaan Tertentu

Manipulasi memang tidak menyenangkan, tapi terkadang dalam keadaan tertentu, itu menjadi perlu.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 06 Feb 2022, 19:22 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2022, 19:03 WIB
Bertindak Manipulatif
Ilustrasi Bertindak Manipulatif Credit: pexels.com/Liza

Liputan6.com, Jakarta - Manipulasi memang tidak menyenangkan, tapi terkadang dalam keadaan tertentu, itu menjadi perlu.

Jika Anda tidak bisa melakukannya, berikut beberapa taktik untuk menguasai seni manipulasi, seperti melansir dari Times of India, Minggu (6/2/2022).

1. Humor 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

pasangan tersenyum
ilustrasi perempuan tertawa/Photo by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Jika Ada ingin ikut serta dalam memanipulasi dan mengendalikan orang, maka salah satu senjata paling mematikan yang harus Anda kembangkan adalah humor. 

Orang yang manipulatif tidak langsung menyalahgunakanmu. Mereka akan menggunakan humor untuk mengatakan apa yang mereka inginkan dengan alasan “menjadi lucu.” 

Mereka secara tidak langsung juga memiliki keberanian untuk menuduhmu tidak memiliki selera humor jika Anda tidak bereaksi terhadap komentar mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Ganti topik

ilustrasi berkumpul dengan keluarga saat buka bersama/pexels
ilustrasi berkumpul dengan keluarga saat buka bersama/pexels

Untuk menghindari tanggung jawab apa pun, manipulator mengubah topik pembicaraan dengan lancar. Namun mereka melakukannya dengan cara yang sangat negatif. 

Mereka menilai kata-kata orang lain dan arah di mana percakapan berlangsung dan ketika mereka tahu bahwa itu akan datang kepada mereka, orang itu akan menunjukkan seseuatu yang mereka lakukan. Lalu manipulator dengan cepat mulai mengemukakan kesalahan yang dibuat oleh orang tersebut.

Kesalahan-kesalahan itu sebagian besar tidak ada hubungannya dengan keadaan saat ini. Jika Anda ingin memanipulasi situasi, maka yang harus Anda lakukan hanyalah membingungkan atau mengalihkan perhatian orang lain dari subjek sebenarnya kepada diri Anda sendiri.


3. Buat mereka ragu

Kumpulan Kata Mutiara Cinta yang Penuh Makna
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Andrea

Cara yang sangat populer untuk memanipulasi seseorang adalah dengan menyalakannya. Ini semua tentang menggunakan trik dan kebohongan cerdas untuk membuatmu meragukan pengetahuan dan kewarasanmu sendiri.


4. Tuduhan

pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Ini bukan sesuatu yang bisa dibanggakan tapi menjadi manipulator klasik, menuduh orang lain atas tindakan buruk yang Anda sendiri lakukan. Anda bisa menolak untuk melihat perilakumu secara objektif.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya