6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Bantu Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki merupakan sebuah aktivitas fisik yang paling sederhana, namun memiliki manfaat yang luar biasa jika dilakukan secara rutin.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 23 Jul 2024, 12:01 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 12:01 WIB
6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Bantu Menurunkan Berat Badan
6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Bantu Menurunkan Berat Badan (Photo by Kate Joie on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Memulai hari dengan berjalan kaki menjadi kebiasaan yang sehat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Berjalan kaki merupakan sebuah aktivitas fisik yang paling sederhana, namun memiliki manfaat yang luar biasa jika dilakukan secara rutin. Tujuan berjalan kaki adalah meningkatkan denyut jantung, mempercepat pernapasan, dan mengeluarkan keringat untuk memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga yang banyak memiliki manfaat, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot, dan memperbaiki kesehatan mental.

Berjalan kaki juga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang mencari alternatif olahraga dengan dampak rendah pada sendi dan otot, serta dapat dilakukan dengan fleksibilitas di mana saja, baik di luar ruangan atau di dalam ruangan.

Selain itu, jalan kaki juga bisa menjadi bentuk olahraga atau rekreasi, dengan melakukan perjalanan jarak jauh atau berjalan santai untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Ketika Anda bangun tidur di pagi hari, bergerak mungkin bukan prioritas utama Anda. Namun, memulai harimu dengan berjalan kaki di sekitar lingkunganmu atau bagian dari perjalananmu ke tempat kerja atau sekolah dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuhmu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat jalan kaki yang didapat jika dilakukan secara rutin, seperti melansir dari Health Line, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menurunkan berat badan

berat badan
ilustrasi orang yang sudah memiliki berat badan ideal. (Foto: Unsplash/ i yunmai)

Berjalan kaki di pagi hari dapat mendukung upaya penurunan berat badan Anda. Hanya dengan berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit, Anda bisa membakar hingga 150 kalori.

Semakin lama dan lebih cepat Anda berjalan, semakin banyak kalori yang terbakar. Dengan melakukan berjalan kaki secara teratur dalam jangka panjang, Anda bisa menciptakan defisit kalori yang membantu menurunkan berat badan. Ini tentunya lebih efektif jika dikombinasikan dengan diet sehat dan rutin berolahraga.     


2. Meningkatkan kesehatan mental

Ilustrasi kata-kata, kesehatan mental
Ilustrasi kata-kata, kesehatan mental. (Photo by Sydney Sims on Unsplash)

Berjalan pagi tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan kemampuan fokus sepanjang hari.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang memulai hari dengan berjalan kaki di pagi hari cenderung memiliki peningkatan fungsi kognitif dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif secara fisik.

Selain itu, berjalan kaki juga dapat merangsang kreativitasmu. Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki membuka aliran ide yang bebas, membantu dalam memecahkan masalah dengan lebih baik daripada jika Anda hanya duduk atau kurang bergerak.

Efek ini lebih kuat terasa ketika berjalan dilakukan di luar ruangan, di mana Anda dapat terhubung dengan alam secara langsung.


3. Perbaiki kualitas tidur

Ilustrasi insomnia, susah tidur
Ilustrasi insomnia, susah tidur. (Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash)

Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu di malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di malam hari.

Meskipun hasil ini menarik, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara mendalam mengapa berolahraga di pagi hari dapat memberikan manfaat tidur yang lebih baik daripada berolahraga di malam hari.


4. Meningkatkan suasana hati

Ilustrasi becermin, berkaca, suasana hati, mood
Ilustrasi becermin, berkaca, suasana hati, mood. (Photo by Oleg Sergeichik on Unsplash)

Berjalan kaki di pagi hari memiliki manfaat fisiologis yang signifikan, terutama dalam meningkatkan suasana hati. Aktivitas ini telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres, kecemasan, kelelahan, serta mengurangi risiko depresi bagi mereka yang melakukannya secara teratur.


5. Mencegah penyakit

Ilustrasi Sakit Mata (sumber: unsplash)
Ilustrasi Sakit Mata (sumber: unsplash)

Berjalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mencegah berbagai penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Bagi mereka yang memiliki diabetes, berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, aktivitas ini dapat membantu meningkatkan usia harapan hidup dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta beberapa jenis kanker.


6. Meningkatkan energi

Ilustrasi badan, tubuh sehat kuat
Ilustrasi badan, tubuh sehat kuat. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Memulai hari dengan berjalan kaki dapat memberi Anda tambahan energi sepanjang hari, terutama jika dilakukan di luar ruangan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki selama 20 menit di luar ruangan cenderung memiliki lebih banyak vitalitas dan energi dibandingkan mereka yang berjalan kaki di dalam ruangan selama waktu yang sama.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya