Jadi Penyebab Kecelakaan, Bangladesh Akan Larang Becak

Kecepatan becak yang rendah menjadi penyebab utama banyaknya kecelakaan yang melibatkan becak, khususnya di jalan bebas hambatan.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Jul 2015, 02:35 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2015, 02:35 WIB
becak
Becak di Bangladesh (BBC.com)

Liputan6.com, Dhaka - Pemerintah Bangladesh menyatakan dalam waktu dekat akan melarang becak, kendaraan penumpang yang memiliki roda 3 dari jalan raya, khususnya jalan bebas hambatan di negara itu.

Pejabat dari Kementerian Perhubungan Bangladesh mengatakan kepada BBC, Rabu 22 Juli 2015, bahwa becak selama ini menjadi sumber utama kecelakaan di jalan raya.

Kecepatan becak yang rendah menjadi penyebab utama banyaknya kecelakaan yang melibatkan becak, khususnya di jalan bebas hambatan.

Namun tidak ada lajur khusus untuk kendaraan jenis ini di jalan raya, yang menyebabkan becak harus bercampur dengan kendaraan lain yang berkecepatan tinggi.

Menurut Kementerian Transportasi, saat ini terdapat sekitar 300 ribu becak yang terdaftar di Kementerian Perhubungan. Sekitar 15% dari becak itu menggunakan jalan bebas hambatan untuk melintas.

Menanggapi rencana ini, pengemudi becak melakukan protes dengan mengatakan ribuan orang akan kehilangan pekerjaan akibat kebijakan tersebut. (Ado/Dan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya