Hebat, Paduan Suara Papua Mewakili Indonesia Tampil di Australia

Paduan suara dari Papua terpilih mengisi penampilan dalam suatu festival kesenian bergengsi di Tasmania, Australia.

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 21 Mei 2016, 04:01 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2016, 04:01 WIB
Hebat, Paduan Suara Papua Akan Wakili Indonesia di Tasmania
Suatu paduan suara dari Papua terpilih mengisi penampilan dalam suatu festival kesenian bergengsi di Tasmania, Australia.(Sumber Festival of Voices)

Liputan6.com, Timika - Sebuah kelompok paduan suara dari provinsi Papua, Indonesia, akan berangkat menuju Tasmania, Australia, untuk mempersembahkan pertunjukkan yang apik dalam acara Festival of Voices.

Dikutip dari situs web Festival of Voices pada Jumat (20/5/2016), paduan suara bernama 'Iyakoko Patea' ini didirikan pada 2006 dan beranggotakan orang-orang yang sama-sama tertarik pada musik, tanpa memandang latar belakang status sosial, agama, ataupun perjalan hidup seseorang. 

Dalam bahasa suku Kamoro di Papua, kata "Iyakoko Patea" berarti "suara yang merdu/indah". Paduan suara ini bisa dipandang sebagai duta bagi musik dan budaya Papua, bahkan di tingkat internasional.

Paduan suara ini bertekad mendukung mutu kehidupan di Kuala Kencana, Timika, dan Tembagapura, serta terus mengusung perdamaian dan harmoni melalui musik. Iyakoko Patea dijadwalkan tampil pada tanggal 2 Juli nanti.

Para anggota paduan suara Iyakoko Patea dari Papua sedang berlatih menjelang Festival of Voices di Tasmania. (Sumber Ika Duri via Favebook)

Sementara itu, pihak paduan suara menjelaskan kepada Liputan6.com bahwa saat ini mereka dilatih oleh Choky Maradong Simanjuntak, seorang insinyur mesin lulusan Universitas Indonesia yang pernah menjadi anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia (PSM UI) Paragita.

PSM UI Paragita memiliki segudang prestasi harum di Indonesia dan mancanegara dengan beberapa penghargaan internasional. Paduan suara itu berada di bawah asuhan Aning Katamsi, salah satu maestro vokal dan paduan suara Indonesia dengan prestasi di Indonesia maupun mancanegara.

Para anggota paduan suara Iyakoko Patea dari Papua sedang berlatih menjelang Festival of Voices di Tasmania. (Sumber Ika Duri via Favebook)

Festival of Voices

Festival ini, pada intinya, merujuk kepada pemikiran Brian Eno, yang menyebutkan bahwa ketika orang menyanyi bersama, seseorang akan berhenti berpikir tentang "saya" dan mulai berpikir tentang "kita".

Pada 2016, penyelenggara dengan bangga mempersembahkan acara yang merayakan keberagaman suara manusia dari segala jaman yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang anggota paduan suara dan penyanyi dari Australia dan mancanegara. Tahun ini, festival akan berlangsung dari 30 Juni hingga 17 Juli 2016.

Saksikan indahnya penampilan paduan suara Iyakoko Patea membawakan lagu Ruri Saranden dalam suatu konser di Jakarta pada September 2012 lalu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya