Menkes AS: Jumlah Anak Migran Turun Lebih dari 40 Persen

Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Xavier Becerra menyebutkan ada kemajuan di penampungan imigran anak.

oleh Natasha Khairunisa AmaniLiputan6.com diperbarui 30 Jun 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2021, 08:00 WIB
Perjalanan Imigran Honduras
Seorang imigran Honduras mendorong kereta bayi dengan dua anaknya dalam perjalanannya menuju AS di Oaxaca, Meksiko, 29 Oktober 2018. Kereta dorong bayi tak hanya untuk balita mereka, tetapi juga dapat digunakan membawa barang-barang. (Guillermo Arias/AFP)

Liputan6.com, Austin - Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat mengatakan, jumlah anak-anak migran yang ditempatkan di penampungan darurat terbesar dalam pemerintahan Biden untuk mereka yang melintasi perbatasan AS-Meksiko turun lebih dari 40% sejak pertengahan Juni 2021.

Dia memuji kemajuan di fasilitas yang menuai kritik dari para pendukung kesejahteraan anak.

Dilansir dari laman VOA Indonesia, Rabu (30/6/2021) Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan AS, Xavier Becerra mengatakan kepada wartawan, ada 790 anak laki-laki yang sekarang ditempatkan di pangkalan Angkatan Darat Fort Bliss di El Paso, Texas.

Sementara itu, anak-anak perempuan terakhir telah meninggalkan tempat tersebut pada 28 Juni 2021.

"Kami terus berupaya untuk melihat fasilitas yang dapat kami gunakan, karena kini kami berada pada titik di mana sebelumnya kami memiliki hampir 24.000 anak di bawah perawatan kami, sekarang saya percaya, ada kurang dari 14.000 anak," tambah Becerra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekitar 2.000 Anak Laki-laki dan Perempuan Imigran Berada di Fasilitas Penampungan AS

Nekatnya Para Imigran Masuk Perbatasan AS
Kevin Andres, seorang anak imigran Meksiko berusaha memanjat pagar perbatasan AS (28/12). Banyak Imigran dari karavan memilih menyeberangi tembok perbatasan AS dan menyerahkan diri kepada agen patroli perbatasan. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Namun, Becerra tidak mengatakan apakah semua anak perempuan itu dipersatukan kembali dengan kerabatnya di AS, dikirim ke fasilitas yang berizin atau jika sebagian dipindahkan ke tempat penampungan darurat lain yang tidak berlisensi yang dibuka oleh pemerintah karena jumlah rekor anak-anak tanpa pendamping yang melintasi perbatasan.

Pemerintah AS, pada pertengahan Juni 2021, melaporkan ada sekitar 2.000 anak laki-laki dan perempuan yang berada di fasilitas Fort Bliss.

Jumlah itu muncul di tengah kekhawatiran para pendukung kesejahteraan anak, tentang kondisi yang tidak memadai jika tinggal di fasilitas berskala besar.


Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar
Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya