Singapura Mengumumkan Kelahiran Bayi Panda Pertama di Negaranya

Pasangan panda terkenal di River Safari melahirkan bayi panda raksasa.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Agu 2021, 15:52 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2021, 15:37 WIB
Lucu, Petugas Berkostum Binatang Demi Selamatkan Bayi Panda
Ilustrasi panda (pixabay.com)

Liputan6.com, Singapura - Singapura menyaksikan kelahiran bayi panda raksasa pertama di tanahnya pada Sabtu 14 Agustus, kata siaran pers dari Wildlife Reserves Singapore (WRS) Group pada Minggu.

Kai Kai yang berusia 13 tahun dan Jia Jia yang berusia 12 tahun memiliki bayi yang diperkirakaan memiliki berat 200 gram, seperti dilansir dari Xinhua, Minggu (15/08/2021).

Meskipun jenis kelaminnya belum ditentukan, WRS mengatakan bayi panda tersebut lahir di River Safari dengan bantuan ahli China.

Pertama kali melahirkan, naluri keibuan Jia Jia muncul setelah anaknya lahir. Jia Jia dan bayi berada di ruang pameran untuk memberi mereka waktu untuk menyusui dan ikatan.

"Kehamilan pertama Jia Jia dan kelahiran seekor anak adalah tonggak penting bagi kami dalam perawatan spesies yang terancam ini di Singapura. Ini adalah hasil dari perawatan hewan yang baik, ilmu reproduksi yang dibantu, dan ketekunan dari staf kami ditambah dengan saran berharga dari para ahli panda China. Pekerjaan berlanjut sekarang dengan mendukung ibu yang baru pertama kali membesarkan anaknya yang baru lahir," kata Cheng Wen-Haur, Wakil CEO dan Chief Life Sciences Officer WRS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memanfaatkan Musim Kawin

Awalnya, Kai Kai dan Jia Jia menunjukkan tanda-tanda kepanasan di bulan April saat memasuki musim kawin ketujuh mereka. 

Bekerja sama dengan Pusat Konservasi dan Penelitian China untuk Panda Raksasa (CCRCGP), tim perawatan hewan WRS memprakarsai rencana pembiakan untuk tahun 2021.

Para ahli CCRCGP memanfaatkan musim kawin dengan menyarankan dokter hewan Singapura untuk melakukan inseminasi buatan sebelum akhir periode reseptif. 

Prosedur tersebut dilakukan oleh tim veteriner internal di Pusat Penelitian dan Kesehatan Satwa Liar WRS, menggunakan semen beku yang dikumpulkan dari Kai Kai sebelum musim kawin. 

Kehamilan Jia Jia kemudian dikonfirmasi melalui pemindaian ultrasound.

Kelahiran anak panda raksasa adalah "dorongan yang menggembirakan untuk perayaan Hari Nasional yang sedang berlangsung tahun ini," kata WRS.

Sebagai bagian dari WRS, River Safari adalah rumah bagi salah satu koleksi vertebrata air tawar terbesar di dunia. Ini juga merupakan rumah bagi panda raksasa sebagai bagian dari kolaborasi bersama antara Asosiasi Konservasi Satwa Liar China dan Suaka Margasatwa Singapura untuk mempromosikan konservasi panda raksasa.

 

Reporter: Cindy Damara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya