Temui Taliban, Menlu Retno Tagih Janji Perdamaian untuk Afghanistan

Dalam pertemuannya dengan Taliban, Menlu Retno menagih janji perdamaian dan hak para perempuan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 20 Des 2021, 18:59 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 17:00 WIB
Pertemuan antara Menlu Retno Marsudi dengan Perwakilan Taliban, Mullah Amir Khan Muttaqi.
Pertemuan antara Menlu Retno Marsudi dengan Perwakilan Taliban, Mullah Amir Khan Muttaqi. (Dok: Kemlu RI)

Liputan6.com, Islamabad - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi telah melakukan pertemuan dengan Taliban di sela-sela kunjungan pertemuan Luar Biasa para Menlu OKI (Organisasi Kerja Sama Islam). 

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia mengharapkan agar janji Taliban yang disampaikan pada 16 Agustus dapat dilakukan dan dapat mengalami kemajuan yang signifikan.

"Harapan ini juga secara khusus saya sampaikan pada saat sayabertemu dengan Mullah Amir Khan Muttaqi dari Taliban," ujar Menlu Retno.

Ia juga mengatakan bahwa mplementasi janji Taliban akan memberikan kontribusi besar dalam menciptakan sebuah Afghanistan yang damai, stabil dan makmur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tegakkan Hak Pendidikan

Demo Perempuan Afghanistan Protes Hak Bersekolah
Sejumlah wanita yang berunjuk rasa terlibat adu mulut dengan anggota Taliban di Herat, Afghanistan, Kamis (2/9/2021). Dalam aksi protes yang jarang terjadi ini mereka mengaku siap menerima aturan burqa asal putri mereka tetap bisa bersekolah. (AFP Photo)

Menlu Retno turut menegaskan penegakkan hak-hak perempuan dan anak-anak terutama di bidang pendidikan. 

"Secara khusus saya sampaikan kembali harapan mengenai penghormatan terhadap hak-hak perempuan, termasuk di bidang pendidikan," ujar Menlu Retno.

Indonesia siap menjadi bagian dari kerja sama pengembangan pendidikan dan pengembangan kapasitas bagi pendidikan untuk perempuan.

Selain isu pendidikan, Menlu Retno juga terus menyuarakan isu pemberdayaan perempuan yang tetap menjadi perhatian Indonesia. 

"Saat sister Lolwah Rashid Al-khater (Asisten Menlu Qatar) berkunjung ke Indonesia, saya juga temukan dengan para tokoh perempuan Indonesia yang memberikan cerita mengenai pengalaman pendidikan bagi perempuan di Indonesia dan kesetaraan akses bagi perempuan," ujarnya lagi. 


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan:

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya