6 Tokoh Utama yang Akan Muncul di Sidang Kasus Kejahatan Donald Trump

Donald Trump akan menghadapi persidangan pada Selasa 4 April 2023. Presiden ke-45 AS itu menghadapi lebih dari 30 dakwaan terkait penipuan bisnis dalam dakwaan dari dewan di Manhattan, Amerika Serikat.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 03 Apr 2023, 12:03 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 11:46 WIB
Donald Trump mengunjungi American Cemetery of Suresnes di luar kota Paris dalam rangka peringatan berakhirnya Perang Dunia I (AFP)
Donald Trump mengunjungi American Cemetery of Suresnes di luar kota Paris dalam rangka peringatan berakhirnya Perang Dunia I (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump akan menghadapi persidangan pada Selasa 4 April 2023. Presiden ke-45 AS itu menghadapi lebih dari 30 dakwaan terkait penipuan bisnis dalam dakwaan dari dewan di Manhattan, Amerika Serikat.

Ini merupakan pertama kali dalam sejarah AS bahwa kandidat presiden sekaligus mantan presiden menghadapi tuntutan pidana.

Sebagian besar sosok kunci utama telah terlibat dalam kesaksian dengan dewan juri di pengadilan, termasuk pengacara Robert Costello, model Playboy Karen McDougal, bintang film dewasa Stormy Daniels dan mantan pengacara Michael Cohen.

Inilah sosok kunci utama yang hadir dalam persidangan Donald Trump, dikutip dari laman NBC, Senin (3/4/2023):

 

1. Michael Cohen

Mantan pengacara Trump menjadi akan jadi saksi utama. Pasalnya, ia pernah mengatakan Trump mengarahkannya untuk membayar US$ 130.000 dalam bentuk uang tutup mulut kepada Daniels pada hari-hari terakhir kampanye presiden 2016.

2. Stormy Daniels

Bintang film dewasa itu dibayar US$ 130.000 selama hari-hari terakhir kampanye presiden 2016 untuk menghentikannya menyampaikan klaimnya bahwa dia berselingkuh dengan Trump dan sudah menikah pada 2006.

3. Robert Costello

Robert Costello adalah seorang pengacara kriminal yang bersaksi di hadapan dewan juri Manhattan dan mengatakan bahwa Cohen tidak boleh dipercaya. Pasalnya, ia mengatakan bahwa Trump tidak terlibat dalam pembayaran uang tutup mulut.

4. Alvin Bragg

Jaksa wilayah Manhattan yang mulai menjabat tahun lalu dan memutuskan untuk terus maju dengan status grand jury menyelidiki penyelidikan uang tutup mulut yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Karen McDougal

Donald Trump tanggapi hasil Pilpres AS
Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Seorang mantan model majalah Playboy yang mengatakan bahwa dia berselingkuh selama berbulan-bulan dengan Trump pada tahun 2006 dan dibayar US$ 150.000 untuk merahasiakan dugaan hubungan tersebut oleh penerbit tabloid National Enquirer.

6. David Peker

Mantan CEO American Media dan penerbit National Enquirer bersaksi di depan dewan juri. Pecker sebelumnya telah mengakui kepada pejabat federal bahwa National Enquirer membayar Karen McDougal US$ 150.000 untuk hak atas ceritanya di mana dia menuduh dia berselingkuh dengan Trump tetapi tidak pernah berniat untuk menerbitkannya.


Sosok Hakim yang Bakal Sidang Kasus Kejahatan Trump

Presiden Donald Trump ketika berbicara di Kellogg Arena terkait pemakzulannya.
Presiden Donald Trump ketika berbicara di Kellogg Arena terkait pemakzulannya. (Source: AP/ Evan Vucci)

Dilansir CNN, Minggu (2/4/2023), persidangan Trump akan dipimpin oleh Juan Merchan, hakim pengadilan Manhattan berpengalaman. Merchan tahun lalu mengawasi persidangan penipuan pajak Trump Organization, hingga berakhir dengan hukuman denda bagi perusahaan tersebut dan hukuman penjara bagi salah satu eksekutif.

Trump dijadwalkan akan diadili oleh Merchan terkait investigasi soal uang tutup mulut pada bintang film porno Stormy Daniels jelang pemilihan presiden 2016.

Dakwaan bersejarah Trump pada Selasa mungkin akan menjadi kasus Merchan yang paling terkenal hingga saat ini, bahkan setelah karier panjangnya di pengadilan tingkat negara bagian.

Merchan digambarkan oleh para pengamat sebagai hakim yang “tangguh”, namun adil, tidak peduli siapa yang ada di hadapannya.


Tangani Kasus Terkait Trump

Mantan Presiden Donald Trump tampil di CPAC 2021.
Mantan Presiden Donald Trump tampil di CPAC 2021. Dok: AP Photo/John Raoux

Kasus Trump Organization rupanya bukan satu-satunya perkara berprofil tinggi di mana sang hakim berurusan dengan Trump. 

Ia menangani kasus yang melibatkan mantan penasehat kampanye Trump dan Gedung Putih, Steve Bannon.

Ketika itu, Bannon mengaku tak bersalah atas dakwaan pencucian uang, konspirasi hingga penipuan terkait organisasi nirlaba yang mengumpulkan uang untuk pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko. 

Merchan menjadi hakim pidana pengadilan Manhattan sejak tahun 2019. Sebelumnya, ia bertugas di Pengadilan Klaim New York dan mengurus kasus berkaitan dengan negara bagian dan institusinya. Ia juga pernah bertugas di pengadilan keluarga di Bronx.

Infografis Donald Trump Vs TikTok. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Donald Trump Vs TikTok. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya