Deklarasi Anies-Cak Imin Jadi Sorotan Media Asing

Anies Baswedan secara resmi sudah menggandeng Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Bakal Calon Wakil Presiden atau Bacawapres untuk Pemilu 2024.

oleh Hariz Barak diperbarui 02 Sep 2023, 19:07 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2023, 19:03 WIB
Deklarasi Anies-Cak Imin
Deklarasi Capres-Cawapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Anies Baswedan secara resmi sudah menggandeng Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Bakal Calon Wakil Presiden atau Bacawapres untuk Pemilu 2024. Deklarasi Anies-Cak Imin sudah dilakukan di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Keputusan Koalisi Perubahan untuk memilih Cak Imin yang merupakan Ketua Umum PKB membuat geger dunia perpolitikan Indonesia. Deklarasi Anies-Cak Imin itu juga turut menjadi sorotan media asing.

Kantor berita Reuters menyorot dengan tajut "Indonesia presidential candidate picks head of Islamic party as running mate", demikian dikutip pada Sabtu (2/9/2023).

"Baswedan pada hari Sabtu menunjuk ketua partai Islam terbesar di Indonesia sebagai pasangannya untuk pemilihan presiden 2024, sebuah langkah yang bertujuan untuk meningkatkan popularitasnya di negara mayoritas Muslim ini.," tulis Reuters.

Sementara itu, surat kabar Singapura The Straits Times menulis dalam artikelnya; "Jajak pendapat memperkirakan pemilihan akan menjadi persaingan ketat antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang keduanya telah menerima dukungan dari presiden saat ini, Joko Widodo."

"Anies, bagaimanapun, telah tertinggal. Wakil presidennya, Muhaimin Iskandar, memimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang memiliki ikatan kuat dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), yang memiliki 40 juta anggota."

Surat kabar Hong Kong, South China Morning Post juga menyorot dengan menulis tajuk, "Indonesia presidential candidate picks head of Islamic party as running mate: we’ll be ‘faster, bigger, more stable’ he promises."

 


Surya Paloh Beber Alasan Pilih Ketua Umum PKB Jadi Bacawapres

Deklarasi Anies-Cak Imin
Ketum Partai NasDem Surya Paloh di Acara Deklarasi Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh punya alasan untuk memilih Cak Imin untuk mendampingi Anies Baswedan. Dia memuji Cak Imin yang disebutnya sosok yang tepat untuk menjadi cawapres Anies Baswedan.

"Saya mengenal seorang Muhaimin Iskandar. Seorang yang amat pawai, seorang organisator ulung yang bergerak dalam dunia pergerakan cukup lama. Punya kepiawaian yang tidak kalah dengan bung Anies," kata Surya Paloh dalam acara deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

"Maka kedua pasangan ini bagai botol dan tutup botol. Maka pada hari ini, kita punya modal utama yang dipersyaratkan oleh kosntitusi. Insya Allah ketika KPU buka pendaftaran, Insya Allah, pasangan yang pertama mendaftar adalah pasangan yang kita miliki saat ini," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya