Gencatan Senjata di Jalur Gaza Diperpanjang, PBB Bersyukur

Gencatan senjata di Jalur Gaza resmi diperpanjang.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 28 Nov 2023, 04:52 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 04:45 WIB
Pembebasan Sandera dan Tahanan Hamas - Israel
Gencatan senjata di Jalur Gaza antara Hamas dan Israel telah memasuki hari keempat pada Senin (27/11) waktu setempat. Selama tiga hari terakhir gencatan senjata berhasil dipertahankan, dengan puluhan sandera dibebaskan oleh Hamas dan lebih dari 100 tahanan Palestina dibebaskan dari penjara-penjara Israel. (AP Photo/Nasser Nasser)

Liputan6.com, Gaza - Gencatan senjata di Jalur Gaza resmi dilanjutkan selama dua hari. Hal itu dipastikan oleh Qatar dan Mesir yang sukses melakukan mediasi antara Israel dan Hamas.

Dilaporkan BBC, Senin (27/11/2023), Hamas berkata pihaknya setuju untuk melanjutkan gencatan senjata di Jalur Gaza. Pihak Israel juga berminat melakukan gencatan senjata. Pelepasan para tawanan pun dipastikan akan berlanjut. 

Seorang pejabat pemerintah Palestina berkata bahwa Hamas siap melepaskan 40 tawanan lagi. Jumlah tersebut memungkinkan tambahan hari gencatan senjata. 

Israel berkata lebih suka mengambil kebijakan secara bertahap, selain itu mereka telah menegaskan siap menyerang Hamas lagi usai gencatan senjata berakhir. 

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden berkata ingin fokus untuk mengirimkan lebih banyak bantuan ke Gaza di tengah gencatan senjata ini. Joe Biden masih menggunakan istilah "pause" (jeda) ketimbang "ceasefire".

"Kami sepenuhnya menggunakan jeda dalam pertempuran ini untuk menambah jumlah bantuan kemanusiaan untuk masuk ke Gaza, dan kami akan melanjutkan upaya-upaya kami untuk membangun masa depan damai dan bermartabat untuk rakyat Palestina," ujar Joe Biden.

Sekjen PBB Antonio Guterres juga mengaku senang pada tambahan hari gencatan senjata ini dan menyebutnya sebagai "secercah harapan dan kemanusiaan di kegelapan perang. 

Namun, ia menyiratkan harapan gencatan senjata yang lebih lama, sebab ia berkata tambahan gencatan senjata ini masih tidak cukup untuk memberikan bantuan secara menyeluruh kepada Gaza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Benjamin Netanyahu ke Gaza di Tengah Gencatan Senjata

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terlihat bersama pasukan Israel di Jalur Gaza pada Minggu, 25 November 2023. (GPO/Avi Ohayon)
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terlihat bersama pasukan Israel di Jalur Gaza pada Minggu, 25 November 2023. (GPO/Avi Ohayon)

Sebelumnya dilaporkan, Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengunjungi Gaza. Menurut laporan Jerussalem Post, yang dikutip Senin (27/11/2023), ia merupakan PM Israel pertama yang melakukan kunjungan tersebut dalam kurun waktu dua dekade.

"Tidak ada yang akan menghentikan kami. Kami yakin bahwa kami mempunyai kekuatan, kekuatan, kemauan, dan tekad untuk mencapai semua tujuan perang, dan kami akan melakukannya," kata PM Israel Netanyahu.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menjadi kepala negara Israel pertama yang melakukan perjalanan ke Gaza dalam dua dekade, ketika ia mengunjungi pasukan Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel yang ditempatkan di sana pada hari Minggu (26/11) dan diperlihatkan terowongan Hamas.

"Kami melanjutkannya sampai akhir – sampai kemenangan," kata Netanyahu sambil berjanji untuk melanjutkan perang Gaza sampai dia berhasil mengusir Hamas dari Gaza.

"Tidak ada yang akan menghentikan kami. Kami yakin bahwa kami mempunyai kekuatan, kekuatan, kemauan, dan tekad untuk mencapai semua tujuan perang, dan kami akan melakukannya," katanya.

Israel secara sepihak menarik diri dari Gaza ke perbatasannya yang diakui secara internasional dengan wilayah kantong tersebut pada tahun 2005, menghancurkan 21 permukiman di sana, dan menyerahkan kendali wilayah tersebut kepada Otoritas Palestina. Hamas secara paksa menguasai Gaza pada tahun 2007 melalui kudeta berdarah, yang mana mereka mengusir Palestinian Authority (PA) atau otoritas Palestina dari Partai Fatah di wilayah tersebut.


Mengaku Ingin Lenyapkan Hamas

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terlihat bersama pasukan Israel di Jalur Gaza pada Minggu, 25 November 2023. (GPO/Avi Ohayon)
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terlihat bersama pasukan Israel di Jalur Gaza pada Minggu, 25 November 2023. (GPO/Avi Ohayon)

Kunjungan PM Netanyahu ke Gaza terjadi di tengah jeda empat hari dalam perang Gaza yang dipicu oleh infiltrasi Hamas di Israel selatan, di mana kelompok tersebut menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera lebih dari 239 orang.

Gencatan senjata empat hari akan berakhir pada hari Senin 2 November waktu setempat. Kesepakatan penyanderaan yang memungkinkan jeda empat hari sebagai imbalan atas pembebasan 50 sandera akan berakhir pada tengah malam pada hari Senin kecuali jika diperpanjang.

Namun IDF tetap berada di Gaza sehingga tidak kehilangan medan pertempuran.

Netanyahu berjanji bahwa semua sandera akan dibebaskan.

"Kami akan melakukan segala upaya untuk memulangkan tawanan kami, dan pada akhirnya kami akan mengembalikan mereka semua," kata Netanyahu sambil berdiri bersama tentara, mengenakan helm dan jaket antipeluru.

"Kami memiliki tiga tujuan dalam perang ini: melenyapkan Hamas, mengembalikan semua tawanan kami, dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman bagi Negara Israel. Tidak ada yang bisa menghentikan kami, dan kami yakin bahwa kami memiliki kekuatan, kekuatan, kemauan, dan tekad untuk mencapai semua tujuan perang, dan kami akan melakukannya," kata Netanyahu.

Dia ingat bahwa dia pernah melihat coretan di dinding yang bertuliskan, The Jewish people live (Orang-orang Yahudi hidup).

Netanyahu mengatakan dia ingin memperluas frasa tersebut menjadi pernyataan, dan the Jewish people are victorious (orang-orang Yahudi menang).


Ucapan Netanyahu ke Biden

Presiden AS Joe Biden dan PM Israel Benjamin Netanyahu.
Presiden AS Joe Biden dan PM Israel Benjamin Netanyahu. Dok: AP Photo

Pada kesempatan lain, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu (26/11/2023) menuturkan dia telah mengatakan kepada Joe Biden bahwa dia akan menyambut baik perpanjangan gencatan senjata sementara jika hal itu berarti bahwa setiap hari berikutnya 10 sandera akan dibebaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Netanyahu mengaku juga menegaskan kepada presiden Amerika Serikat (AS) itu bahwa perang akan terus berlanjut.

"Pada akhir gencatan senjata, kami akan kembali dengan kekuatan penuh untuk mencapai tujuan kami: melenyapkan Hamas, memastikan bahwa Gaza tidak kembali seperti semula, dan tentu saja pembebasan semua sandera kami," ungkap Netanyahu seperti dilansir Reuters, Senin (27/11/2023).

Pada Minggu yang merupakan hari ketiga gencatan senjata, Hamas membebaskan 17 sandera, sementara Israel membebaskan 39 tahanan Palestina. Dari 17 sandera yang dibebaskan Hamas, 13 di antaranya merupakan warga Israel, tiga warga Thailand, dan satu warga Rusia.

Hamas sendiri seperti dilansir Reuters menyatakan ingin memperpanjang gencatan senjata jika ada upaya serius untuk meningkatkan jumlah tahanan Palestina yang dibebaskan oleh Israel.

Warga Palestina dilaporkan memberikan sambutan gembira kepada para tahanan yang dibebaskan di Ramallah.

Omar Abdullah Al Hajj (17) salah satu tahanan yang dibebaskan pada Minggu mengatakan dia tidak mengetahui apa yang terjadi di dunia luar.

"Saya tidak percaya saya bebas sekarang tapi kegembiraan saya belum lengkap karena masih ada saudara-saudara kita yang masih dipenjara, dan ada banyak berita tentang Gaza yang harus saya pelajari sekarang," katanya kepada Reuters.

Gencatan senjata selama empat hari merupakan jeda pertama pertempuran yang telah berlangsung kurang lebih tujuh pekan, yang diawali dengan serangan Hamas ke Israel selatan, yang menewaskan 1.200 orang dan menyebabkan 240 lainnya disandera.

Merespons peristiwa itu, Israel membombardir Jalur Gaza tanpa ampun. Otoritas kesehatan Gaza menyebutkan bahwa setidaknya 14.800 warga Palestina tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi.   

Infografis Hamas-Israel Perang Lagi, Ini Respons Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Hamas-Israel Perang Lagi, Ini Respons Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya