Berat Badan Terus Turun Saat Kanker, Begini 6 Cara Atasinya

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi penurunan berat badan yang terjadi pada penderita kanker:

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Mei 2018, 07:00 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2018, 07:00 WIB
Ilustrasi Kanker Payudara
Ilustrasi Kanker Payudara (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting bagi keluarga maupun pasien kanker itu sendiri untuk mengelola penurunan berat badan yang berhubungan dengan penyakit tersebut, untuk kenyamanan dan kesejahteraan pasien kanker itu sendiri.

Menghilangkan efek samping adalah bagian penting dari perawatan dan pengobatan kanker. Perawatan yang dilakukan selain terapi utama meliputi perawatan paliatif atau perawatan suportif yang akan membantu memenuhi kebutuhan fisik, emosional, dan sosial pasien.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi penurunan berat badan yang terjadi pada penderita kanker:

1. Tingkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi

Tanyakan kepada tim perawatan kesehatan Anda berapa banyak kalori yang Anda butuhkan.

2. Tambahkan makanan ringan

Konsumsilah makanan ringan dengan kalori tinggi di antara waktu makanan utama. Meski demikian, Anda perlu meminta pendapat dokter atau ahli gizi untuk menentukan jenisnya agar makanan yang dikonsumsi tidak menurunkan fungsi kerja obat.

3. Lakukan evaluasi mandiri 

Catat makanan yang semakin membuat Anda mual setelah mengonsumsi makanan tersebut. Sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi makanan tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi pada ahli gizi yang merawat Anda tentang hal ini.

4. Proaktif dengan tenaga medis

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi yang merawat Anda tentang makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan harus dihindari saat perawatan.

5. Konsumsi obat antimual

Atasi keluhan mual dengan mengonsumsi obat antimual seperti ondansentron, metoclopramide atau yang lain dengan pengawasan dokter. Pengurangan rasa mual dan muntah juga dapat memperbaiki penurunan berat badan Anda secara signifikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Lainnya

6. Berikan nutrisi lewat pembuluh darah 

Jika memang Anda sama sekali tidak bisa menelan makanan, sebaiknya berikan nutrisi melalui pembuluh darah. Nutrisi yang diberikan lewat infus akan langsung masuk melalui pembuluh darah tanpa melewati saluran pencernaan terlebih dahulu.

Penurunan berat badan jika terjadi terus menerus maka akan menyebabkan tubuh Anda sulit meningkatkan daya tahan tubuh.

Kondisi daya tahan tubuh yang prima inilah yang menjadi kunci keberhasilan terapi penderita kanker. Perasaan stres dan depresi adalah hal lain yang sebaiknya dihindari demi kehidupan penderita kanker yang lebih baik.

Penulis : dr. Kartika Mayasari / Klik Dokter

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya