Resep Jus Tomat, Kaya Akan Antioksidan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Kulit

Jus tomat kaya akan antioksidan serta tinggi vitamin C, ini resep membuat jus tomat yangs ehat di rumah.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 29 Jul 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 13:00 WIB
Jus tomat (Sumber: freepik.com/fabrikasimf)
Resep Jus Tomat (Sumber: freepik.com/fabrikasimf)

Liputan6.com, Jakarta - Jus tomat kaya akan antioksidan serta tinggi vitamin C. Sama seperti jus jeruk, jus tomat dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak, serta flu biasa.

Menurut Medical News Today, vitamin C dalam jus tomat juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Jus tomat juga kaya akan likopen, sebuah antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine pada 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi likopen dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Jus tomat juga merupakan sumber kalium yang baik. Kalium adalah elektrolit yang membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Kalium dapat menurunkan tekanan darah, yang bermanfaat bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Peningkatan asupan kalium juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun, jus tomat yang dijual di pasaran biasanya ada yang mengandung cukup banyak garam. Terlalu banyak garam dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kardiovaskular serta meningkatkan tekanan darah.

Sebaiknya pilih jus tomat tanpa tambahan garam, atau membuat sendiri jus tomat yang sehat di rumah. Berikut ini resep jus tomat yang sehat, seperti mengutip dari Health Liputan6.com pada Senin, 29 Juli 2024.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 4 buah tomat, dikukus terlebih dahulu hingga kulitnya terkelupas dengan waktu kira-kira 35 menit.
  • 8 buah jeruk manis, diambil airnya.
  • 100 cc air matang. 
  • 1-2 sdm gula (disesuaikan selera, tapi tidak dianjurkan melebihi 2 sdm). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana Langkah Langkah Membuat Jus Tomat yang benar?

Tomat (Sumber: freepik.com/azerbaijan_stockers)
Tomat (Sumber: freepik.com/azerbaijan_stockers)

Cara membuat jus tomat:

  1. Masukkan semua bahan jus tomat yang telah disiapkan ke dalam blender.
  2. Blender hingga halus dan jus tomat siap disajikan.

Keterangan:

  • Tidak disarankan diminum dalam suhu es, tapi bisa dikonsumsi pada suhu ruangan.
  • Dapat memenuhi kebutuhan asupan layaknya satu sayur dan dua buah.

Jus tomat merupakan pilihan minuman yang populer. Selain bisa membuat jus tomat 100%, ada banyak pilihan jus lainnya yang menggabungkan tomat dengan sayuran lain, seperti wortel atau bit.

Menurut laman Popsugar, jus tomat lebih kaya antioksidan likopen daripada tomat mentah, dan nutrisi ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan mencegah jenis kanker tertentu, termasuk kanker serviks dan ovarium.

 


Apa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan?

6 Buah Untuk Cerahkan Kulit Anda
Jus tomat dan madu secukupnya, kemudian dilumurkan pada wajah, diamkan sekitar 10 menit kemudian cuci dengan air bersih, praktekkan secara teratur seperti ini, sangat berkhasiat menghilangkan noda dan memutihkan kulit wajah. (AFP PHOTO/JOEL SAGET)

Mengutip dari WebMd, tomat mengandung zat yang disebut likopen. Zat ini memberi warna merah cerah pada tomat dan membantu melindunginya dari sinar ultraviolet matahari.

Dengan cara yang sama, zat ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Tomat juga mengandung kalium, vitamin B dan E, serta nutrisi lainnya. 

Likopen adalah antioksidan yang membantu melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, makanan yang mengandung banyak likopen, seperti tomat, dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker paru-paru, perut, atau prostat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat membantu mencegah penyakit di pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, dan serviks.

Selain itu, tomat mengandung zat yang disebut lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi mata Anda dari cahaya biru yang dihasilkan oleh perangkat digital seperti ponsel pintar dan komputer.

Keduanya juga dapat membantu mencegah mata Anda merasa lelah dan meredakan sakit kepala akibat ketegangan mata.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya