Edukasi Anak Muslim, Ini 7 Kartun Islami yang Mengajarkan Kebaikan

Edukasi anak muslim perlu benar-benar diperhatikan karena akan berdampak pada pertumbuhannya nanti.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Sep 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2023, 15:05 WIB
Edukasi Anak Muslim
Edukasi Anak Muslim. (pexels.com/@a-darmel)

Liputan6.com, Jakarta Edukasi anak muslim bisa dilakukan melalui kartun yang baik dan islami. Animasi kartun yang lucu bisa menjadi media pengajaran agama dari orang tua terhadap anaknya. Pasalnya, media kartun tentu lebih digemari anak-anak dibandingkan pengajaran yang membosankan.

Anak akan lebih tertarik dengan tokoh-tokoh kartun yang lucu dengan segala tingkahnya. Jadi, pengajaran agama melalui media film kartun ini bisa menjadi alternatif yang baik dibandingkan dengan metode konvensional.

Edukasi anak muslim perlu benar-benar diperhatikan karena akan berdampak pada pertumbuhannya nanti. Apalagi, rasa bosan menjadi salah satu tantangan terbesar bagi anak saat belajar. Menonton kartun edukasi membuatnya merasa pengajaran agama adalah aktivitas yang menyenangkan karena anak menyukainya.

Edukasi anak muslim bisa dilakukan dengan menonton kartun. Pasalnya, kartun edukasi anak muslim ini memuat nilai-nilai agama yang kental dan mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, anak-anak tidak akan bosan dengan pengajaran agama melalui kartun edukasi anak muslim ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/9/2023) tentang kartun edukasi anak muslim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Upin dan Ipin

Upin dan Ipin  (YouTube/ Les' Copaque Production)
Upin dan Ipin (YouTube/ Les' Copaque Production)

Upin dan Ipin merupakan serial animasi kartun yang dibuat oleh Les Copaque dari Malaysia. Upin dan Ipin merupakan anak kembar yatim piatu yang diasuh oleh nenek dan kakaknya. Kenakalan Upin dan Ipin yang sangat khas itulah yang membuat cerita ini jadi seru dan lucu. 

Karakter lain dalam serial Upin dan Ipin, seperti Mail, Ehsan, Fizi, Mei Mei, Susanti, Ijat, Kak Ros, Opah, dan Atok juga menambah variasi konflik cerita. Selain memiliki kisah yang sangat bagus, kartun Upin Ipin juga mengajarkan anak-anak tentang tata cara berdoa dengan baik, hafalan huruf hijaiyah, beberapa doa-doa pendek dan surat pendek yang dipakai untuk salat.


2. Nussa

Film Animasi Nussa
Film Animasi Nussa (Instagram/visinemaid)

Nussa merupakan animasi kartun Islam yang sangat digemari di platform YouTube. Nussa merupakan anak laki-laki yang memiliki seorang adik bernama Rara. Bagian yang membuat banyak orang tersentuh adalah karakter Nussa yang begitu besar hatinya menerima kekurangan dirinya dan tetap beraktivitas sebagaimana biasa. 

Diproduksi oleh The little Giantz Production Indonesia. Kartun Nussa menyajikan pesan moral dalam balutan cerita sederhana. Terkadang, serial ini juga menyajikan lagu-lagu tentang rukun iman, rukun Islam, doa sehari-hari, tata cara sholat hingga Asmaul Husna.


3. Riko The Series

Riko The Series
Riko The Series

Contoh kartun edukasi anak muslim selanjutnya adalah Riko The Series. Riko The Series menceritakan tentang kisah Riko, Kak Wulan, Ayah, Bunda, dan Qiio, sebuah robot kecil yang menemani Riko. Bersama mereka, si kecil akan mendapatkan teladan yang baik untuk menjadi seorang muslim. Riko The Series merupakan karya dari Teuku Wisnu, Arie Untung dan Yuda Wirafianto.


4. Omar and Hanaa

Omar and Hanaa mengajarkan dasar-dasar dan konsep Islam melalui petualangan kakak beradik. Kartun edukasi anak muslim ini berasal dari Malaysia dan disiarkan di TV satelit, tetapi ditonton di sekitar 50 negara melalui YouTube. Kualitasnya fantastis karena dalam 3D penuh. Ini menggambarkan kehidupan sehari-hari anak-anak Muslim Omar dan Hanna dan cara orang tua mereka mencoba menanamkan pendidikan Islam dalam diri mereka. 


5. Adit Sopo Jarwo

[Bintang] Adit & Sopo Jarwo
Adit & Sopo Jarwo. Foto: Wikipedia

Contoh kartun edukasi anak muslim berikutnya adalah Adit Sopo Jarwo, yang mungkin juga sudah sering kamu lihat di layar kaca. Kartun ini kerap menyelipkan nasihat bernilai Islami agar penonton senantiasa banyak berbuat baik kepada orang lain.

Kartun edukasi anak muslim ini bercerita tentang karakter Adit, yang digambarkan sebagai anak sopan, berbakti pada orang tua, dan suka membantu siapapun. Sementara Bang Jarwo sering kesal dengan Adit, tetapi kemudian ia berbesar hati untuk selalu meminta maaf atas kesalahannya. 


6. Aya and Yusuf

Aya dan Yusuf adalah anak kembar petualang berusia 6 tahun yang suka menjelajahi dunia di sekitar mereka. Contoh kartun edukasi anak muslim ini berlatar di rumah keluarga dan di taman mereka, lingkungan alam yang indah tempat mereka menghabiskan banyak waktu.

Mereka menghadapi situasi di mana mereka dapat bekerja dan memahami pelajaran hidup yang penting berdasarkan ajaran Alquran. Artinya, fokusnya sangat banyak pada nilai-nilai yang diwakili oleh keluarga dan prinsip-prinsip penting untuk menjalani hidup seperti kebaikan, kesabaran, tanggung jawab, dan rasa syukur.

7. Syamil dan Dodo

Syamil dan Dodo merupakan contoh kartun edukasi anak muslim yang mendapatkan penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia sebagai tontonan anak berkualitas. Ceritanya mengisahkan tentang persahabatan dua anak, yaitu Syamil dan Dodo. 

Dodo adalah anak dengan kepala botak yang ceria dan jahil, sedangkan Syamil memiliki karakter sebagai anak yang pintar dan patuh. Melalui contoh kartun edukasi anak muslim ini anak-anak dapat belajar untuk senantiasa menjaga persaudaraan sesama muslim.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya