Kemendes PDTT Gelar Jelajah Desa Ramadan 2018

Melalui Jelajah Desa Ramadan ini, Kemendes PDTT ingin mengingatkan masyarakat desa akan komitmen pemerintah yang serius membangun desa-desa di Indonesia.

oleh Muhammad Ali diperbarui 30 Mei 2018, 07:14 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2018, 07:14 WIB
Mendes PDTT
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Jelajah Desa Ramadan untuk meningkatkan sosialisasi dan memantau pelaksanaan serta pemanfaatan dana desa 2018.

Kegiatan yang juga sekaligus dibarengi safari ramadan itu digelar di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tim Jelajah Desa Ramadan yang dipimpin langsung Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo ini dimulai sejak 29 Mei hingga 1 Juni 2018.

“Ada sejumlah titik di kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah yang akan dikunjungi,” ujar Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Anwar Sanusi dalam keterangannya, Jakarta, (30/5/2018).

Melalui Jelajah Desa Ramadan ini, Kemendes PDTT ingin mengingatkan masyarakat desa akan komitmen pemerintah yang serius membangun desa-desa di Indonesia. Setidaknya dalam empat tahun terakhir ini desa-desa telah bergeliat membangun infrastruktur dan pelayanan sosial dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

“Hingga tahun 2018 ini, pemerintah telah menyalurkan hingga Rp 187 triliun dana desa untuk pembangunan di desa-desa. Ini menjadi momentum emas menjadikan desa kita lebih mandiri dan sejahtera,” sambungnya.

Sejumlah kabupaten yang akan dikunjungi di Jawa Barat yakni Majalengka dan Kuningan. Perjalanan akan berlanjut ke Jawa Tengah dengan rencana kunjungan ke Semarang, Demak, Kudus. Selain dengan para pegiat desa, tim Jelajah Desa Ramadan juga akan menggandeng komunitas untuk bersama mengawal pemanfaatan dana desa.

Sementara Jelajah Desa Ramadan di Jawa Tengah, Kemendes akan memulainya dengan kegiatan di Desa Tlogowaru di Demak. Selain menggelar pasar murah, tim juga akan mengunjungi Desa Wisata Penangkaran Burung Hantu yang dikembangkan dengan dana desa. Usai Demak, tim akan menuju ke Kudus untuk bersilaturahmi dengan 1.000 Kiai desa.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya