Membatalkan Nazar sebab Keinginan Belum Terkabul, Apakah Berdosa?

Hukum membatalkan nazar dalam islam sebab belum ada tanda-tanda keinginan akan terkabul

oleh Putry Damayanty diperbarui 22 Apr 2024, 22:30 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 22:30 WIB
jemaah haji panjatkan doa di Jabal Rahmah
Seorang jemaah haji asal Mesir berdoa di bukit berbatu yang dikenal sebagai Jabal Rahmah, di Dataran Arafah, saat menunaikan ibadah haji tahunan, dekat kota suci Makkah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). (AP Photo/Amr Nabil)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang mempunyai keinginan yang ingin diwujudkan. Selain dengan berdoa, muslim juga diperkenankan untuk bernazar.

Secara sederhana, nazar dapat dimaknai sebagai janji agar keinginannya terkabul. Nazar merupakan bentuk pengorbanan dan komitmen yang kuat sehingga lebih tekun untuk beribadah.

Misalnya, seseorang berjanji akan melaksanakan puasa sunnah selama satu bulan penuh apabila mendapat pekerjaan yang bagus. Atau barangkali bernazar sedekah kepada anak yatim apabila memenangkan suatu kompetisi tertentu. 

Lantas, jika dalam rentang waktu tertentu harapan belum juga terkabul kemudian memutuskan untuk membatalkan nazar, apakah hal tersebut terhitung sebagai dosa?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Hukum Nazar

berdoa dan beribadah
Ilustrasi perempuan sedang beribadah dan berdoa | copyright fimela.com/Adrian Utama Putra

Mengutip penjelasan dari laman rumah fiqih Indonesia,oleh Ustaz Ahmad Sarwat Lc., menerangkan bahwa sebenarnya hukum bernazar dibolehkah dalam Islam. Tetapi, sesungguhnya amalan ini kurang disukai oleh sebagian ulama.

Sebab, ada akhlak yang dinilai kurang baik kepada Allah SWT di balik nazar tersebut. Kesannya, orang baru mau menjalankan amalan ibadah jika keinginannya dikabulkan Allah SWT.

Dalam sejumlah kitab fikih, nazar dimaknai sebagai amalan yang mewajibkan diri sendiri atau orang yang bernazar untuk melakukan perbuatan (ibadah) untuk Allah yang asal hukumnya tidak wajib menjadi wajib.

Contohnya, bernazar sedekah satu kali gaji kalau menang tender. Sedekah yang mulanya hukumnya sunah menjadi wajib karena nazar.


Perkara Membatalkan Nazar

Potret Bryan Domani saat Umrah
Hadir di Tanah Suci, Bryan Domani terlihat khusyuk menjalani ibadah umrah, seperti berdoa di dalam masjid

Sedangkan kewajiban membayar nazar terdapat dalam firman Allah SWT di Surah Al-Hajj ayat 29.

ثُمَّ لْيَقْضُوْا تَفَثَهُمْ وَلْيُوْفُوْا نُذُوْرَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوْا بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya: Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran (yang ada di badan) mereka, menyempurnakan nazar-nazar mereka dan melakukan tawaf sekeliling rumah tua (Baitullah).

Selain itu, juga terdapat dalam Surah Al-Insan ayat 7. Mereka menunaikan nazarnya dan takut atas hari yang azabnya merata di mana-mana.

Hukum dasar nazar adalah wajib jika sudah diucapkan. Tidak boleh dicabut karena merupakan janji kepada Allah SWT.

Tetapi, apabila nazarnya mengandung kemaksiatan atau justru berkebalikan apa yang dibolehkan oleh Allah, maka nazar wajib dibatalkan. Contohnya seperti tidak menjimak istri selama tiga hari usai pernikahan untuk menjaga kesucian istrinya.

Sementara terkait nazar yang belum terjadi kemudian dibatalkan, hal itu boleh dilakukan selama belum ada tanda-tanda keinginannya terkabul. Jika sebaliknya, dia mendapati tanda-tanda harapannya dikabulkan, maka terlarang baginya untuk membatalkan nazarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya