Coba Olah 3 Resep Kue Kurma Ini Sendiri di Rumah

Alih-alih hanya mengkonsumsinya dalam bentuk buah, agar tidak bosan Anda mungkin bisa mencoba beberapa resep kue berbahan baku kurma ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Agu 2024, 00:20 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2015, 11:44 WIB
[Bintang] Konsumsi 6 Buah Ini Biar Puasamu Kuat Sepanjang Bulan
Kurma (Via: travelicious.co.id)

Liputan6.com, Jakarta - Kurma, panganan yang sangat mudah didapat di bulan Ramadan. Selain anjuran dikonsumsi saat puasa, kurma memang terbukti memiliki beberapa khasiat yang bisa mengembalikan energi usai berpuasa seharian penuh.

Alih-alih hanya mengkonsumsinya dalam bentuk buah, agar tidak bosan Anda mungkin bisa mencoba beberapa resep kue berbahan baku kurma ini. Dijamin rasanya tidak kalah lezat dibandingkan buah aslinya dan bisa membuat keluarga senang dan menikmati rasanya.

 

Baca juga:

 

Berikut 3 resep kue yang bisa Anda coba buat di rumah sebagai menu berbuka puasa bagi keluarga. Cara membuatnya juga tidak sulit. Berikut resepnya, Selasa (30/6/2015):

1. Kurma Cake

Bahan-bahan:

Buah kurma segar 200 g (potong potong)Tepung terigu 225 grBaking powder 1 sendok teh (sdt)Soda kue 1/2 sdtGula halus 200 gram (gr)Telur ayam 4 kuningPutih telur 4 buahMargarin 100 grMentega 125 gr

Cara Membuat:

Campurkan tepung terigu, soda kue serta baking powder jadi satu. sisihkan.Kocok margarin dan mentega dengan gula pasir sampai adonan tercampur rata. Kemudian masukkan campuran tepung terigu, aduk rata kembali.Di tempat terpisah kocok putih telur sampai kaku kemudian masukkan ke adonan, aduk hingga rata. Tuangkan adonan ke loyang yang telah dioles margarin dan di taburi kurma. Ratakan.Panggang Cake kurma selama 45 menit dengan suhu 180 C sampai matang, angkat dan dinginkan. Agar lebih lezat simpan cake kurma spesial ini dalam lemari es dan sajikan dingin.

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Bolu Kurma

2. Bolu Kurma

Bahan-bahan:

Tepung terigu 150 grKurma 300 gr ( potong potong )Kacang mete 50 gr ( cincang )Baking powder 3 grSoda kue 2 grMargarin 300 grGula halus 90 grGula palem 45 grTelur 3 butir

Cara Membuat:

Ayak (saring) tepung terigu, baking powder, dan soda kue. sisihkan.Campurkan margarin dengan gula halus serta gula palem, kocok sampai tercampur rata. Lalu masukkan campuran tepung yang sudah di ayak, aduk rata kembali.Selanjutnya masukkan buah kurma serta kacang mete, aduk sampai rata. Masukkan adonan kue bolu kurma ke loyang yang telah dioles dengan margarin dan beralas kertas roti.Kemudian panggang adonan bolu ke dalam oven bersuhu, 180 C sekitar 35 menit atau sampai matang. Angkat dan siap untuk disajikan menunggu beduk buka puasa.

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

 

Baca juga:

 


3. Kurma Cookies

3. Kurma Cookies

Bahan-bahan:

225 gram tepung terigu50 gram kurma jenis kering, potong kecil-kecil25 gram cornflakes, hancurkan hingga membentuk remahan150 gram mentega tawar75 gram gula bubuk, ayak2 sdm susu bubuk putih1/2 sdt vanili bubuk1 sdt baking powder1/4 sdt soda kue

Cara Membuat:

Ayak tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan baking soda, campur menjadi satu. Kemudian sisihkan.Kocok gula, mentega, dan vanili hingga tercampur dan lembut. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk terus hingga tercampur rata. Masukkan kurma dan cornflakes, aduk hingga rata.Ambil sedikit adonan, buat menjadi bulatan, lalu sedikit tekan hingga menjadi pipih. Bisa Anda gunakan garpu untuk memipihkan adonan. Susun kue yang telah dicetak di atas loyang yang telah dioles dengan mentega tipis.Panggang kue dengan oven bersuhu 170 derajat celsius selama 25-30 menit. Tunggu hingga kue matang.Angkat, dinginkan dengan suhu ruangan, susun di dalam toples. Selama mencoba dan selamat berbuka puasa dengan sajian takjil kurma ini.(Nrm)

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

 

Baca juga:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya