Atraksi Gajah Gambar Potret dan Tulis Namanya Sendiri Bikin Warganet Sedih, Kok Bisa?

Viral sebuah video gajah tengah menggambar dan menulis namanya sendiri. Aksi hewan berbelalai tersebut menjadi sorotan di media sosial dan membuat heboh warganet.

oleh Putu Elmira diperbarui 28 Nov 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 18:00 WIB
Aksi Gajah Gambar Potret dan Tulis Namanya Sendiri, Komentar Warganet Terbelah
Aksi Gajah Gambar Potret dan Tulis Namanya Sendiri, Komentar Warganet Terbelah (Tangkapan Layar TikTok/ajanimalking)

Liputan6.com, Jakarta - Viral sebuah video gajah tengah menggambar dan menulis namanya sendiri. Aksi hewan berbelalai tersebut menjadi sorotan di media sosial dan sukses membuat heboh warganet.

Cuplikan itu terlihat dari video yang diunggah akun TikTok @ajanimalking pekan lalu. Video berdurasi satu menit dan tiga detik tersebut diawali dengan gajah tersebut menggambar dengan kuas di belalainya.

Hewan bernama latin Elephas maximus tersebut dengan lihai menggoreskan kuas dengan warna cokelat di papan yang telah dipasang kertas. Setelah membuat gambar dirinya, gajah itu menambahkan hiasan bunga-bunga dengan warna merah.

Pada sentuhan akhir, gajah itu menuliskan namanya, yakni "Suda". "He was so proud of his self-potrait at the end (Dia sangat bangga dengan potret dirinya di bagian akhir)," demikian bunyi keterangan dalam video singkat itu.

Pengunggah yang terkagum juga menyertakan keterangan, "He wrote his name !?! 🤯🤯🤯(Ia menulis namanya)."

Sejak diunggah, video itu telah disaksikan lebih dari 29,7 juta kali. Video yang mendapat lebih dari 3,5 juta likes itu juga memunculkan beragam komentar dari warganet. Tanggapan mereka pun terbelah, ada yang memuji, namun ada pula yang sedih membayangkan latihan keras hingga gajah itu mampu beraksi demikian.

"yang ada di pikiran gw cuman satu, KOK BISAAAA???," bunyi salah satu komentar.

Warganet lain menyebut, "aku malah nangis liat kek gini, kek mikir dia dilatih sekeras apa yaa sampe bisa gt😭."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Ragam Tanggapan Warganet

Aksi Gajah Gambar Potret dan Tulis Namanya Sendiri, Komentar Warganet Terbelah
Aksi Gajah Gambar Potret dan Tulis Namanya Sendiri, Komentar Warganet Terbelah (Tangkapan Layar TikTok/ajanimalking)

"emang boleh sepintar dan segemas ituu 🥺🥺," bunyi tanggapan lainnya.

Ada pula warganet yang menyebut bahwa itu terjadi di Chiang Mai, Thailand. "ini di Chiang Mai, pernah kesitu dan emg bagus gambarnya. mahal juga lumayan wkwk :'))," tulisnya.

Komentar lainnya berbunyi, "pasti berat banget perjuangan dia sampai bisa lukis itu."

"Semua orang hanya melihat hasil akhirnya dan lupa bagaimana hewan dibuat melakukan hal seperti itu," tambah lainnya.

Pujian lain berbunyi, "Gajah sangat pintar."

"Hatiku meleleh saat ini. Yang diinginkan hewan ini adalah kebebasan," ungkap salah seorang warganet.

Lainnya menulis, "Lihat betapa takutnya dia saat pria itu datang, dia pasti sangat menyakitinya sampai dia bisa melakukan hal itu."

"Hari ini saya belajar melukis gajah lebih baik daripada saya, senang mengetahuinya," ungkap lainnya.

Komentar lainnya, "Ada banyak kekejaman terhadap hewan di balik ini! Gajah-gajah disiksa sampai mereka belajar. Kasihan semua gajah di penangkaran 💔."

 


Drama Gajah Domang nan Menggemaskan di TN Tesso Nilo

Aksi gemas Gajah Domang
Simak aksi lucu Gajah Domang yang iseng menendang sepeda motor pawangnya dan mengajaknya bermain lari-larian. (dok. Tangkapan layar Instagram @btn_tessonilo/https://www.instagram.com/reel/CzLZPuyPxcg/?igshid=MXh0aWxvd3NhYWg5dA%3D%3D/Farel Gerald)

Kejenakaan hewan seringkali terkait dengan kucing atau anjing, tetapi pernahkah Anda mendengar kisah menggemaskan yang melibatkan gajah? Seperti yang terlihat dalam unggahan Instagram @btn_tessonilo, akun yang berfokus pada pelestarian satwa liar di Balai Taman Nasional Tesso Nilo, rumah bagi Gajah dan Harimau Sumatera.

Pada unggahan Jumat, 3 November 2023, terlihat seekor anak gajah sumatera berlari dari kejauhan menuju seorang mahout (pawang gajah) bernama Zuhri. "Dia datang berlari, kirain mau ngapa coba 😁," tulisan pada video tersebut seakan bertanya-tanya.

Ketika gajah itu mendekat, terlihat bahwa gajah kecil itu tampak malu-malu. Pawang gajah tersebut mengira bahwa Domang, nama gajah tersebut, akan memeluknya atau menunjukkan afeksi sebagai bentuk kasih sayangnya kepada teman manusianya.

Alih-alih perilaku yang manja, Domang malah langsung membalikkan badannya dan menendang kecil sepeda motor Zuhri yang sedang tidak berjalan itu. Sepertinya, gajah tersebut dengan cermat mengukur di mana kakinya dapat ditempatkan agar dapat menendang kendaraan pawang gajah tersebut.

"Taunya malah usil, tendang2 pak mahout, hadeh 🥺," demikian keterangan dalam video.

Meskipun sudah ditegur beberapa kali oleh Zuhri, Domang tetap melarikan diri sambil menengok ke belakang, seolah mengajak Zuhri bermain. Dengan kepekaannya, Zuhri turun dari motornya dan berlari "mengejar" Domang yang sudah lebih dulu di depannya.


Gajah Tersopan di Taman Nasional Tesso Nilo Berulang Tahun ke-6

Gajah Tersopan di Taman Nasional Tesso Nilo Ulang Tahun ke-6, Banjir Ucapan Selamat dan Doa
Gajah Tersopan di Taman Nasional Tesso Nilo Ulang Tahun ke-6, Banjir Ucapan Selamat dan Doa (Tangkapan Layar Instagram/btn_tessonilo)

Salah satu unggahan di akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Tesso Nilo berhasil mencuri atensi. Unggahan taman nasional yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau tersebut mengabarkan bahwa seekor gajar bernama Harmoni berulang tahun ke-6.

Unggahan yang dibagikan pada Rabu, 22 November 2023 itu berisi video singkat Harmoni tengah asyik menikmati semangka merah dan kuning. Di sebelahnya, mahout atau pawang gajah bernama Eko tampak mengelus-elus Harmoni.

"Gajah paling sopan se Tesso Nilo, ulang tahun guys.. 😁😍 Tahu kan kenapa dia dijuluki gajah tersopan disini.. ☺ Gajah sopan ini, namanya Harmoni.. Ulang tahunnya yang ke-6 tahun.. Tuliskan doa2 mu buat dia ya guys.. Semoga banyak yang baca dan meng Amin kan.. Dan terkabul semua doa2 baik dari kakak online semua.. ❤🥰," bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Sejak diunggah, video tersebut telah disukai lebih dari 3 ribu kali. Kolom komentar juga dibanjiri dengan ucapan selamat dan doa dari warganet untuk Harmoni.

"Liat harmoni jadi inget video gajah rimbani yg teriak2 mengejutkan dikirain sakit kenapa taunya pengen main bareng gajah harmoni huhu terharu pgn liat gajah rimbani & harmoni main bareng lagi dong min 😍," bunyi salah satu komentar.

 
Infografis 6 Hewan Peliharaan Populer
Infografis 6 Hewan Peliharaan Populer (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya