Anies Baswedan Rayakan Tahun Baru 2024 dengan Makan Lesehan Bareng Keluarga di Yogyakarta

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyambut Tahun Baru 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga terlihat ditemani oleh keluarga tercinta saat menghabiskan waktu di Kota Gudeg.

oleh Putu Elmira diperbarui 03 Jan 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 07:30 WIB
Momen Anies Baswedan Kumpul dan Makan Bareng Keluarga di Yogyakarta Saat Tahun Baru 2024
Momen Anies Baswedan Kumpul dan Makan Bareng Keluarga di Yogyakarta Saat Tahun Baru 2024 (Tangkapan Layar Instagram/aniesbaswedan/fery.farhati)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyambut Tahun Baru 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga terlihat ditemani oleh keluarga tercinta saat menghabiskan waktu di Kota Gudeg.

Momen ini terabadikan dalam unggahan yang dibagikan Anies melalui akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan pada 1 Januari 2024. Ia mengunggah video singkat saat berkunjung ke warung lesehan di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Saat tiba, ia disambut kerumunan warga yang ingin berfoto bersama. Cuplikan lain menunjukkan ia dan keluarga duduk di warung lesehan sembari menikmati sajian di sana.

Mereka menyantap makanan tersebut ditemani lantunan musik dari musisi jalanan Malioboro. Tampak Anies ikut menyanyi ketika lagu "Take Me Home, Country Roads" dimainkan.

"Menunggu pergantian tahun, kami makan malam di warung lesehan kawasan Malioboro Yogyakarta. Makanannya enak-enak. Selama makan, kami ditemani dengan musisi jalanan yang membawakan lagu-lagu favorit, yang membuat suasana semakin hangat. #TahunBaru2024 #Malioboro #Yogyakarta," bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Istri Anies Baswedan, Fery Farhati juga membagikan video saat makan bersama di Tahun Baru 2024. Mereka sekeluarga memilih sebuah rumah makan yang berlokasi di Kaliurang.

"Hari ini kita lagi kumpul di hari pertama tahun 2024. Senang rasanya bisa kumpul sama keluarga lagi, makan bareng, lengkap semuanya. Alhamdulillah. Mudah-mudahan yang lain juga bisa kumpul bersama keluarga, makan bersama, dan menikmati kebersamaan bersama keluarga," kata Fery dalam video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Baswedan Bernostalgia di Warung Lesehan Malioboro

Rayakan Malam Tahun Baru di Jogja, Anies Baswedan dan Keluarga Bernostalgia di Warung Lesehan Malioboro.  foto: Twitter @aniesbaswedan
Rayakan Malam Tahun Baru di Jogja, Anies Baswedan dan Keluarga Bernostalgia di Warung Lesehan Malioboro. foto: Twitter @aniesbaswedan

Anies bersama istri Fery Farhati, putrinya Mutiara Annisa Baswedan, dan rombongan tiba di Teras Malioboro 2 sekitar pukul 20.30 WIB. Mereka kemudian duduk lesehan di lapak kuliner SBTB Terang Bulan, Teras Malioboro 2, langsung diserbu pengunjung yang antusias melihat dari dekat dan mengabadikan momen itu dengan gawai.

"Ini kan kampung halaman saya. Rumah saya di Taman Yuwono, Jalan Dagen dekat Malioboro," ungkap Anies kepada awak media, dilansir dari Antara.

Anies menyebut senang usai merampungkan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta kini dapat kembali ke kampung halaman tempat ia menghabiskan masa kecilnya. "Alhamdulillah bisa kembali dengan keluarga ke Jogja dan berakhir tahun di kawasan Malioboro tempat masa kecil saya," ucapnya.

Ia mengaku memilih mampir di Teras Malioboro 2 sekaligus bernostalgia di lapak lesehan kuliner dengan menu burung dara goreng hingga ayam goreng yang menjadi langganannya semasa duduk di bangku SMA. "Warung ini sudah ada sejak zaman saya SMA. Langganan dari dulu," terang Anies.


Bakmi Kadin di Jogja

Rayakan Malam Tahun Baru di Jogja, Anies Baswedan dan Keluarga Bernostalgia di Warung Lesehan Malioboro
Rayakan Malam Tahun Baru di Jogja, Anies Baswedan dan Keluarga Bernostalgia di Warung Lesehan Malioboro.  foto: Twitter @aniesbaswedan

Tak hanya di satu tempat, rombongan Anies juga sempat bersantap di Bakmi dan Bajigur Kadin. Mereka memesan Bakmi Jawa, ditemani suasana malam di Yogya yang sedang hujan di malam Tahun Baru 2024.

"Yang unik, saat makan di sini, kita akan ditemani iringan musik dari para musisi, yang membuat suasana semakin nyaman. Teman-teman boleh tulis di kolom komentar, rekomendasi Bakmi Jawa yang enak juga di Yogya," cuit Anies di akun Twitter (X) miliknya pada Minggu, 31 Desember 2023.

Nama "Kadin" dipilih warung penjaja bakmi yang terletak di seberang kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta entah secara sengaja maupun kebetulan. Kadin juga merupakan singkatan dari Karto Kasidin nama pemilik sekaligus pendiri warung terkenal tersebut.

Dilansir dari Tim Citizen6 Liputan6.com, Minggu, 31 Desember 2023, Bakmi dan Bajigur Kadin sudah melayani penggemarnya sejak 1947. Jadi, tidak heran warung bakmi yang satu ini masuk kategori legendanya Yogyakarta.

Soal rasa, pantas mendapat acungan jempol. Tekstur bakminya benar-benar kenyal berpadu dengan rasa kuahnya yang gurih. Bakmi gorengnya tidak terlalu manis, sangat pas terasa di lidah.

Suwiran ayamnya yang empuk membuat kita sibuk mencarinya di antara tumpukan bakmi yang menggunung. Bagi yang suka pedas, cabai rawit utuh siap membuat Anda mendesis-desis kepedasan ,sangat cocok untuk meghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin.


Lokasi Bakmi dan Bajigur Kadin

Cerita Anies Baswedan Hobi Makan Nasi Lengko Cirebon Sejak Kecil
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu mampir ke kedai Nasi Lengko setiap ingin pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Setelah menikmati sensasi rasa bakmi yang mantap, kurang afdal rasanya kalau tidak mencoba minumannya. Minuman khas yang menjadi teman makan bakmi di tempat ini adalah bajigur yang merupakan campuran dari santan, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil, roti tawar, kolang-kaling dan jahe.

Minuman hangat ini sepertinya sudah jodoh dengan sepiring bakmi godhog atau bakmi goreng yang panas berasap. Selain bajigur, tersedia juga minuman lain, seperti es jeruk dan es teh.  Lokasi Bakmi Kadin sendiri mudah dijumpai. Cari saja Jalan Bintaran Kulon.

Dari jalan Malioboro ke arah Selatan, Anda bakal menemukan kantor pos besar di dekat alun-alun utara, lantas belok ke arah timur. Lurus saja. Arahkan kendaraan Anda ke kanan setelah menemui Super Indo. Di sana sudah terlihat papan nama Bakmi Kadin. Bakmi Kadin juga memiliki cabang di luar Yogyakarta yaitu di Semarang dan Jakarta. 

Saat Anies ke Jogja, sang cawapres (calon wakil presiden) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menggelar dialog dengan pengusaha dan petani anggrek serta tokoh lintas Kota Batu dan sekitarnya di DD Orchid Nursery Kota Batu, Jawa Timur.

Infografis Mahfud Md Minta Tiket Capres Anies Baswedan Dijaga. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Mahfud Md Minta Tiket Capres Anies Baswedan Dijaga. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya