SBY Absen pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Bandung

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini rencananya akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan beberapa mantan Presiden RI.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 01 Jun 2016, 08:37 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2016, 08:37 WIB
20160225-SBY Buka Kejuaraan Karate se Asia Tenggara
Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono melambaikan tangan jelang membuka Kejuaraan Karate se Asia Tenggara di Jakarta, Kamis (25/2/2016). 1418 karateka dari seluruh Indonesia ikut dalam kejuaraan ini. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Bandung - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memperingati Hari Lahir Pancasila di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Acara ini rencananya akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan beberapa mantan Presiden RI.

Presiden ketiga RI BJ Habibie dan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dikabarkan bakal hadir dalam peringatan 1 Juni 1945 tersebut. Sedangkan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen karena sedang berada di luar negeri.

"Pak SBY‎ kebetulan sedang di luar negeri, di Shanghai. Saya sudah kontak, beliau tidak bisa hadir," ujar Wakil Ketua MPR EE Mangindaan di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2016).

Mangindaan memastikan, peringatan Pidato Bung Karno ini akan dihadiri Jokowi dan Megawati. Sementara Habibie dikabarkan akan hadir, namun belum bisa dipastikan karena kondisi kesehatan.


"Beliau (Megawati) sejak tadi malam sudah ada di sini (Bandung)," tutur Mangindaan.

Jokowi rencananya akan tiba di Bandung pagi ini bersama rombongannya dari Jakarta. Berdasarkan jadwal dari MPR, rombongan Jokowi dan jajarannya akan berkumpul lebih dulu di Hotel Savoy Homann.

Kemudian jam 09.30 WIB, Jokowi beserta rombongan akan berjalan kaki menuju Gedung Merdeka yang hanya berjarak sekitar 50 meter. Acara sendiri rencananya akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Peringatan Pidato Bung Karno ini juga akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi drum band dan pawai budaya. Selama acara berlangsung, sepanjang Jalan Asia-Afrika, Bandung akan ditutup.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah petugas keamanan sudah berjaga-jaga di sepanjang Jalan Asia-Afrika dan di sekitar Gedung Merdeka. Beberapa umbul-umbul dan pernak-pernik bergambar Bung Karno terpasang di sepanjang jalan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya