Tinggalkan Jakarta, Obama Hadiri Forum Kepemimpinan di Seoul

Di Seoul, Obama diagendakan menghadiri acara Asian Leadership Conference (ALC) yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 4 Juli 2017

oleh Luqman Rimadi diperbarui 02 Jul 2017, 11:19 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2017, 11:19 WIB
Barack Obama
Presiden AS ke-44, Barack Obama menjadi pembicara dalam acara 4th Congress of Indonesian Diaspora di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama akan meninggalkan Jakarta hari ini. Setelah berlibur dan menghadiri sejumlah agenda formal di Indonesia, Obama rencananya akan bertolak menuju Seoul, Korea Selatan.

Di Seoul, Obama diagendakan menghadiri acara Asian Leadership Conference (ALC) yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 4 Juli 2017 di Walkerhill Hotel, Seoul, Korea Selatan.

Dikutip dari situs resmi acara tersebut, alcchosun.com, Obama akan hadir dan menjadi salah satu pembicara di forum internasional tersebut.

Tak hanya Obama, para mantan pemimpin dunia, seperti mantan Perdana Menteri Inggris David Cameron mantan Perdana Menteri Jepang Fukuda Yasuo, mantan Perdana Menteri Italia Enrico Letta dan mantan Perdana Menteri Finlandia Esko Aho turut hadir dan berbicara di forum tersebut.

Sementara itu, sebanyak 410 personel gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan kepulangan Obama melalui bandara Halim Perdanakusuma.   

Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo menyampaikan, ratusan personel tersebut merupakan gabungan dari dua operasi yang sedang dijalankan TNI dan Polri, yaitu operasi Ramadniya dan operasi Waskita.

Menurut Andry, upaya pengamanan dan pengecekan sejumlah titik daerah yang dianggap rawan sudah dilakukan sejak malam hari.

Ada 250 personel yang dikerahkan dari Koramil, Polsek Jatinegara, Polsek Makasar, dan Polsek Kramatjati dengan dibantu Satuan Rajawali dari Polres Jakarta Timur. "Kita terus konsolidasi di beberapa titik," jelas dia.

Andry meastikan tidak ada penutupan jalan permanen di hari kepulangan Obama ini. Pengaturan lalu lintas keseluruhannya bersifat sementara mengikut waktu dan kondisi yang situasional.

"Juga soal waspada antisipasi ancaman teroris ya tidak hanya untuk Obama dan masyarakat tapi juga untuk personel yang berjaga juga," kata Andry.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya