3 Jurus Tangkal Virus Corona saat WNI dari Wuhan Tiba ke Tanah Air

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com hingga Jumat, 31 Januari 2020, korban tewas akibat terpapar Virus Corona telah mencapai 213 orang di China.

oleh Maria Flora diperbarui 01 Feb 2020, 13:01 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2020, 13:01 WIB
Antisipasi Virus Corona, Jepang Pantau Pelancong Asal China
Petugas karantina membenarkan kamera termografi ekstra untuk memantau para pelancong dari Wuhan China dan kota-kota lain di Bandara Internasional Narita, Narita, Tokyo, Kamis (23/1/2020). Jepang meningkatkan pengamanan untuk mewaspadai penyebaran virus corona asal China. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 243 WNI dari Wuhan, China akan tiba di Tanah Air Sabtu (1/1/2020) malam ini. Diperkirakan pukul 19.00 WIB, mereka tiba di Bandara Hang Nadim, Batam dengan menggunakan pesawat Batik Air jenis Airbuss A330.

"Benar, Batik Air dengan pesawat A330," ujar Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait seperti dilansir Antara, Jakarta, Jumat 31 Januari 2020 malam.

Langkah ini dianggap perlu dilakukan pemerintah guna mengantisipasi penyebaran virus Corona ke WNI yang ada di Wuhan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com hingga Jumat, 31 Januari 2020, korban tewas akibat terpapar Virus Corona telah mencapai 213 orang di China. Sementara, pelaporan terkait penularan telah mencapai 9.692 orang.

Selain di kota asalnya Wuhan, wabah virus yang diyakini berasa dari kelelawar ini juga telah menyebar ke sejumlah negara. Di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Thailand bahkan tetangga sendiri, Malaysia.

Bagaimana dengan Indonesia sendiri?

Hingga kini wabah Virus Corona belum sampai ke Indonesia. Meski sebelumnya ada sejumlah pasien yang diduga terpapar virus mematikan ini.

Lantas, langkah apa saja yang akan dilakukan pemerintah saat membawa pulang 243 WNI dari Wuhan sehingga virus Corona tak menyebar ke Tanah Air?

Saksikan video pilihan di bawah ini:


WNI Akan Pakai Baju Khusus

Penerbangan dari Kota Pusat Wabah Virus Corona Ditutup
Penerbangan dari Wuhan Ditutup: Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)

Begitu para WNI tiba dari Wuhan, Hubei, China, mereka akan langsung dikarantina. Mereka juga akan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) atau baju khusus ketika tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu mengatakan, petugas yang menjemput mereka juga akan mengenakan baju yang sama. Sekitar 20 orang yang bertugas. 

"Saat landing itu semua pakai APD semua yang naik, petugas yang naik pakai APD. Kemudian diperiksa kalau ada demam, karena ini beda," kata Wiendra di Kantor Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Jumat 31 Januari 2020.

"Kalau waktu dijemput, pakainya APD yang astronot itu. Pada waktu penjemputan naik kapal sampai turun sampai aman lepas buang baju sampai asrama selesai," lanjut dia.


Bagaimana Jika Ada WNI yang Demam?

Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020.
Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)

Sebelum turun dari pesawat akan ada petuga medis yang naik untuk memeriksa kondisi kesehatan penumpang tersebut. 

"Jadi di situ petugas naik (pesawat). Kemudian lihat apakah ada demam atau panas, nah itu yang langsung dirujuk. Tetapi, mereka yang tidak panas itu dianggap langsung dikarantina, yang panas langsung masuk rumah sakit dirujuk," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu. 

Setelah dinyatakan aman, WNI dari Wuhan yang tak terdeteksi demam akan didisinfeksi. Mereka lalu dievakuasi dengan mobil ke tempat karantina.

"Oh, ada (mobil penjemput) siap, pokoknya sudah disinfeksi semua aman untuk diangkut," ucapnya.


Pesawat Landing di Tempat Berbeda

Korea Selatan Evakuasi Warganya dari Wuhan
Warga Korea Selatan yang dievakuasi dari dari Wuhan, China, menuruni pesawat charter di Bandara Internasional Gimpo di Seoul pada Jumat (31/1/2020). Pesawat sewaan tersebut membawa pulang 367 warga negara Korea Selatan dari Wuhan, pusat wabah virus corona. (Kim Kyun-hyun/Newsis via AP)

Selain mengantisipasi penyebaran Virus Corona lewat para WNI, pesawat yang membawa mereka dari Wuhan pun akan landing di tempat yang berbeda dengan pesawat komersil lainnya. 

Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Corona yang mewabah di Wuhan.

"Jadi nanti kalau naik pesawatnya itu ditaruh di area karantina, jadi dia enggak sama pesawatnya dengan yang landing biasa," kata Wiendra di Kantor Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Jumat, 31 Januari 2020.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya