Gerindra Pastikan Prabowo Tak Akan Kesulitan Pilih Cawapres Bila Golkar Gabung KKIR

Ahmad Muzani memastikan, tidak ada kesulitan bagi ketua umumnya, Prabowo Subianto dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres) jika Golkar resmi merapat bersama barisan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Mei 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2023, 19:40 WIB
Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani
Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani dalam tasyakuran 15 tahun partai Gerindra di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (17/2/2023). (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan, tidak ada kesulitan bagi ketua umumnya, Prabowo Subianto dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres) jika Golkar resmi merapat bersama barisan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR.

Pasalnya penentuan Cawapres sudah ada dasar aturannya dalam perjanjian yang dibuat oleh Gerindra dan PKB saat komitmen menjalin koalisi.

“Bergabungnya partai partai itu (Golkar) adalah untuk memperkuat posisi kami, antara Gerindra dan PKB. Kami merasa tidak kesulitan untuk menentukan (cawapres) karena kami menganggap semua partai adalah sahabat dan bekerja untuk Indonesia Raya,” kata Muzani di Kantor KPU RI usai mendaftarkan bakal calon anggota legislatif DPR RI untuk Pemilu 2024, Sabtu (13/5/2023).

Muzani menjelaskan, dasar aturan yang dimaksud berada pada poin ke empat perjanjian koalisi. Pada poin itu disebut, nama capres dan cawapres akan ditentukan oleh Prabowo sebagai Ketum Gerindra dan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB.

“Jika PKB mendukung Pak Prabowo sebagai calon presiden, saya kira jika kemudian PKB mengharapkan Pak Muhaimin menjadi wakil presidennya saya kira sesuatu yang pantas,” jelas Muzani.


Perjanjian Koalisi Jadi Pedoman Keberlanjutan KKIR

Hadapi Pemilu 2024, Partai Gerindra dan PKB Resmikan Sekretariat Bersama
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melambaikan tangan saat peresmian Sekretariat Bersama (Sekber) di Jalan Jl. Ki Mangunsarkoro No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2023). Peresmian Sekber ini tanda dua partai yang tengah berkoalisi serius untuk 2024 mendatang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Muzani menambahkan, perjanjian koalisi adalah pedoman untuk keberlanjutan KKIR. Artinya, bila Muhaimin memilih dirinya sendiri sebagai calon wakil presiden maka hal itu sangat layak.

“Hal itu sangat layak (Cak Imin jadi Cawapres), karena PKB adalah satu-satunya partai yang sekarang mau bekerja sama dengan Gerindra dalam hal pencalonan presiden,” Muzani menutup.

Infografis Peresmian Sekretariat Bersama Gerindra-PKB. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Peresmian Sekretariat Bersama Gerindra-PKB. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya