Jalani Perawatan 15 Hari, Pasien 63 Tahun Positif Corona COVID-19 Sembuh

Sejauh ini pasien positif virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 9 orang. Pasien ke-19 yang sembuh sempat dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh, Kota Medan.

oleh Reza Efendi diperbarui 13 Apr 2020, 12:59 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2020, 12:59 WIB
Tenaga medis di RSUP Haji Adam Malik
Tenaga media

Liputan6.com, Medan Sejauh ini pasien positif virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 9 orang. Pasien ke-9 yang sembuh sempat dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh, Kota Medan.

Humas RSU Murni Teguh, Winda Lingga membenarkan hal tersebut. Pasien dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19 pada Minggu, 12 April 2020. Saat ini pasien telah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

"Ada satu pasien COVID-19 kita yang sudah dinyatakan sembuh. Pasien sudah diperbolehkan pulang," katanya, Senin (13/4/2020).

Pasien positif virus Corona COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut berinisial SS berjenis kelamin laki-laki berusia 63 tahun. SS menjalani perawatan secara isolasi selama 15 hari di RSU Murni Teguh.

Berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan, pasien tersebut akhirnya dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19. Sebelumnya hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) dinyatakan positif.

Winda menerangkan, pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah hasil klinis swab PCR yang dilakukan sebanyak 2 kali negatif selama 48 jam. Selain itu, keadaan pasien secara umum juga membaik, dan foto thorax terakhir juga sudah bagus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut:


Istri Pasien

Petugas Medis Tangani Pasien Virus Corona di Ruang ICU RS Wuhan
Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Dokter yang merawat pasien tersebut spesialis penyakit dalam dan paru. Selain pasien berinisial SS, istrinya berinisial H, yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona COVID-19 juga sudah dipulangkan.

"Karena hasil swab PCR-nya juga negatif," terangnya.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah, juga membenarkan adanya seorang lagi pasien virus Corona COVID-19 yang telah dinyatakan sehat.

"Saat ini jumlah pasien sembuh di Sumut bertambah satu dari yang sebelumnya 8. Total pasien sembuh dari COVID-19 di Sumut menjadi 9," ungkapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya