Mencicipi Nasi Kuning Laksa Basah Khas Gorontalo yang Jadi Favorit

Bukan tanpa alasan, nasi kuning laksa basah memiliki rasa yang menggugah selera. Laksa di Gorontalo sendiri merupakan bihun direndam agar teksturnya menjadi lembut.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 17 Okt 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 17:00 WIB
Nasi Kuning Laksa Basah Gorontalo
Nasi kuning laksa basah Gorontalo. dok/Coopad( Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Beberapa daerah di Indonesia ternyata juga memiliki olahan nasi kuning dengan keunikan berbeda. Salah satunya di Provinsi Gorontalo yang memiliki dua varian nasi kuning yang bisa dinikmati saat melancong ke tanah Serambi Madinah.

Dua varian itu masing-masing nasi kuning laksa basah dan nasi kuning abon. Akan tetapi, yang paling banyak dicari yakni nasi kuning laksa basah.

Bukan tanpa alasan, nasi kuning laksa basah memiliki rasa yang menggugah selera. Laksa di Gorontalo sendiri merupakan bihun yang direndam agar teksturnya menjadi lembut.

Bihun itulah yang kemudian dicampur dengan berbagai macam rempah agar rasanya berbeda dengan nasi kuning daerah lain. Belum lagi, campuran ikan tuna yang dicincang kecil menambah lezatnya nasi kuning Gorontalo.

Tidak hanaya ikan tuna, biasanya hidangan nasi kuning laksa basah terdapat telur ayam kampung rebus dan goreng, tergantung selera pembeli. Dengan telur ayam kampung itulah membuat nasi kuning Gorontalo berbeda dengan yang lain.

"Nasi kuning laksa basah Gorontalo memang enak, ada ikan tuna yang tidak ada di nasi kuning daerah lain," kata Imam wisatawan asal Jawa Timur ketika merasakan nasi kuning laksa basah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mudah Ditemukan

Paling banyak, nasi kuning laksa basah bisa dijumpai saat pagi dan sore hingga malam hari. Mulai dari rumah makan, warung makan, juga di emperan jalan Kota Gorontalo.

Kuliner yang satu ini dijual hingga larut malam. Bahkan, ada warung makan yang menjual nasi kuning Gorontalo hingga 24 jam.

"Nasi kuning asli Gorontalo itu begitu sederhana. Hanya pakai laksa atau bihun, lalu diberi taburan ikan tuna bakar yang disuwir tapi nikmat," ujarnya.

Tidak hanya itu, kelezatan nasi kuning ini juga terletak pada olahan sambal dabu-dabu yang disediakan sebagai pelengkap hidangan. Sambal tersebut dibuat dari potongan daging ikan roa yang telah dihaluskan, kemudian diulek dengan berbagai rempah.

"Nasi kuning Gorontalo mudah ditemukan, bangun tengah malam pun masih tersedia di lapak-lapak kecil di pinggir jalan. Pokoknya nasi kuning laksa basah begitu recommended," ia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya