Cerita Sandiaga Uno Berbagi Tips Sukses Bangun Usaha Bidang Ekonomi Kreatif di Kediri

Sandiaga Uno berharap tercipta kolaborasi antara pelaku usaha dengan seluruh stakeholder di bidang ekonomi kreatif

oleh Dian Kurniawan diperbarui 23 Jun 2024, 12:54 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2024, 23:25 WIB
Cerita Sandiaga Uno Berbagi Tips Sukses Bangun Usaha Bidang Ekonomi Kreatif di Kediri
Menparekraf Sandiaga Uno berbagi tips sukses kepada pelaku ekonomi Kreatif di Kediri. (Ist)

Liputan6.com, Kediri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan kiat sukses dalam mengembangkan usaha.

Menurutnya, salah satu kiat sukses membangun usaha bidang ekonomi kreatif adalah jejaring. 

"Tak hanya dengan sesama pelaku UMKM, pemerintah ataupun pihak swasta, tetapi juga membangun jejaring di dunia maya," ujar Sandiaga Uno saat membuka Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/ Kota Kreatif (KaTa Kreatif) di Rumah Makan Lanny, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2024).

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, seperti media sosial hingga market place, para UMKM dapat memperluas jejaring hingga jangkauan pemasaran. 

"Kota Kediri memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor kuliner, kriya, dan fesyen," ucapnya.

"Namun demikian, diperlukan kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini," imbuh Sandiaga Uno.

Lewat program KaTa Kreatif, Sandiaga Uno berharap tercipta kolaborasi antara pelaku usaha dengan seluruh stakeholder. Sehingga, subsektor unggulan Kota Kediri dapat mendorong pengembangan subsektor ekonomi kreatif lainnya.

"Dengan begitu ekosistem semakin kuat, roda perekonomian bergerak, lapangan kerja tercipta. Ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian daerah," ujar Sandiaga Uno yang disambut positif 150 pelaku ekonomi kreatif yang hadir pada acara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peluang Ekonomi Kreatif

Diketahui, Kota Kediri merupakan lokasi ketujuh dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2024.

Workshop ini merupakan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif, sehingga memiliki nilai tambah dari produk-produknya. 

Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Selanjutnya, Penjabat Wali Kota Kediri, Zanariah; Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Kediri, Zachrie Ahmad; Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Hariyanto; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Oneng Setya Harini. 

Workshop diisi dua orang narasumber, yaitu Akbar Moujahid selaku Brand Activist dan Ramalis Sobandi selaku Ketua Tim Penilai KaTa Kreatif.

Dalam paparannya, Akbar Moujahid menyampaikan materi terkait strategi peningkatan potensi ekonomi kreatif melalui branding, pemasaran, packaging, permodalan, dan networking.

Sedangkan Ramalis Sobandi menyampaikan materi pendampingan untuk Kota Kediri terkait uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kota Kediri ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki.

Tujuannya agar para pelaku UMK berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya.

Selain itu mereka diharapkan mampu meningkatkan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya