Riau Bakal Punya Rumah Sakit Bhayangkara Presisi Berkonsep Kearifan Lokal

Polda Riau bakal punya bangunan baru Rumah Sakit Bhayangkara Presisi di Pekanbaru sebagai wujud pelayanan kesehatan Polri terhadap masyarakat.

oleh Syukur diperbarui 01 Agu 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 21:00 WIB
Kepala Polda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyaksikan peletakan tiang pancang pertama Rumah Sakit Bhayangkara Presisi di Pekanbaru.
Kepala Polda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyaksikan peletakan tiang pancang pertama Rumah Sakit Bhayangkara Presisi di Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Provinsi Riau bakal punya Rumah Sakit Bhayangkara Presisi. Ini sebuah rumah sakit baru yang dibangun di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, tak jauh dari kantor gubernur. Bangunan baru ini akan menelan biaya ratusan miliar secara bertahap selama 3 tahun.

Peletakan tiang pancang pertama disaksikan Kepala Polda Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal bersama Kapusdokkes Polri Inspektur Jenderal dr Asep Hendradiana bersama pejabat instansi lainnya, Kamis siang, 1 Agustus 2024.

Pembangunan di lokasi Polda lama ini disebut-sebut bakal menjadi ikon Bumi Lancang Kuning karena mengusung konsep kearifan lokal. Bangunannya didesain melengkung seperti tanjak yang merupakan ciri khas penutup kepala budaya melayu.

Iqbal juga meminta bangunan tidak dipagari agar masyarakat Riau mudah mengakses pelayanan kesehatan yang diberikan jika rumah sakit selesai. Juga akan dibangun taman sebagai pemandangan bagi pasien.

"Ini milik seluruh masyarakat, tak hanya polisi, masyarakat juga berobat di sini," kata Iqbal.

Rencananya, Rumah Sakit Bhayangkara Presisi dibangun 5 lantai. Fasilitas seperti rumah sakit umumnya akan dibuat, seperti instalasi gawat darurat, intensive care unit, medical checkup, high care unit hingga rawat inap dan kedokteran forensik.

"Ini sebagai perbaikan dalam aspek pelayanan publik," kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Presisi bersumber berasal dari dana hibah Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp123 miliar.

"Konstruksinya ditargetkan selesai tahun ini, dan tahun depan arsitektur serta Mechanical Electrical (ME)," jelasnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kembangkan SDM

Di lokasi serupa, dr Asep Hendradiana menerangkan, tidak hanya bangunan yang akan dibangun baru tapi juga fasilitas. Termasuk sumber daya manusia serta sejumlah pelayanan.

"Diharapkan bisa naik ke tipe B dan menjadi rumah sakit rujukan," katanya.

Selain melakukan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Bhayangkara Presisi Polda Riau nantinya juga turut andil mendukung kinerja kepolisian.

"Tentu juga mendukung ditegakkannya scientific crime investigation melalui keberadaan Dokkes di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya