Haleon Resmi Pisah dari Induk Perusahaan GSK, Kini Catatkan Saham di LSE

Haleon resmi selesaikan proses pemisahan dari GSK dan catatkan saham di London Stock Exchange (LSE), Senin, 18 Juli 2022.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 19 Jul 2022, 10:39 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 10:39 WIB
Perdagangan saham Haleon di London Stock Exchange, Senin 18 Juli 2022 (Foto: istimewa)
Perdagangan saham Haleon di London Stock Exchange, Senin 18 Juli 2022 (Foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Haleon (LSE/NYSE: HLN) resmi diluncurkan  sebagai perusahaan independen yang 100 persen berfokus pada kesehatan konsumen usai menyelesaikan proses pemisahannya (demerger) dari GSK pada Senin, 18 Juli 2022. Perusahaan baru ini hadir  didorong oleh tujuannya untuk memberikan kesehatan sehari-hari yang lebih baik dengan manusiawi. 

Pada perdagangan saham Senin di London Stock Exchange (LSE), Brian McNamara, CEO  Haleon, memimpin upacara pembukaan untuk menandai dimulainya HLN diperdagangkan di  bursa. Perdagangan di Bursa Efek New York (NYSE) akan segera menyusuli, dan acara  pembukaan bursa serupa akan diadakan pada Rabu, 20 Juli 2022. 

Seperti yang diketahui, Haleon memiliki portofolio merek kelas dunia termasuk di antaranya adalah Sensodyne,  Panadol, dan Polident dan akan terus memproduksi berbagai merek yang merupakan merek  terdepan di kategori masing-masing untuk memberikan solusi atas kebutuhan kesehatan  konsumen saat ini seraya berfokus pada inovasi masa depan di seluruh portofolionya. 

Kemudian, dengan meningkatnya fokus konsumen pada kesehatan dan kesejahteraan, populasi global  yang menua, kelas menengah yang berkembang di berbagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kesadaran yang meningkat atas pentingnya perawatan diri di tengah tekanan pada sistem kesehatan publik, hingga banyaknya kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi.

 

 

Sementara itu, Haleon diluncurkan pada momentum di mana pangsa pasar kesehatan konsumen siap untuk berekspansi (dengan tingkat pertumbuhan 3-4 persen per tahun dalam jangka menengah).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Target Pertumbuhan Pendapatan

Haleon diharapkan dapat memberikan pertumbuhan pendapatan tahunan  jangka menengah secara organik sebesar 4-6 persen. 

Meskipun terdapat kemajuan besar dalam bidang kedokteran, data, dan teknologi, kesehatan  sehari-hari tetap menjadi hal yang sulit dipahami bagi banyak masyarakat. Haleon bertujuan  untuk mengubah hal ini melalui pendekatan dua arah. 

Pertama, dengan mengerahkan upaya  untuk menghilangkan hambatan terhadap kesehatan sehari-hari yang lebih baik, dan kedua,  Haleon menetapkan target sampai 2025 guna memberdayakan 50 juta orang per  tahun untuk diikutsertakan dalam kesempatan untuk kesehatan sehari-hari yang lebih baik. 

Selain itu, keunggulan kompetitif Haleon terletak pada kemampuannya untuk memadukan pemahaman  mendalam atas kebutuhan manusia serta ilmu sains yang terpercaya pada produk yang diciptakan.

Haleon semakin menonjol di industrinya dengan kemampuan terdepan dalam  bidang ilmiah yang berfokus pada kesehatan konsumen, pemahaman organisasi yang  matang mengenai perilaku kesehatan manusia, kemampuan dalam membangun merek,  inovasi dan perdagangan digital serta route-to-market yang kuat. 

 


Momen Penting

Merek-merek dalam portofolio Haleon telah memberikan perawatan kesehatan dan  meningkatkan kualitas hidup jutaan konsumen di seluruh dunia selama beberapa dekade.  Produk dari Haleon juga telah dipercaya, diakui, dan direkomendasikan oleh para tenaga  medis profesional di berbagai negara. 

“Ini adalah momen penting bagi Haleon. Dengan didorong oleh misi yang jelas dan dengan portofolio merek  kelas dunia yang dikenal dan dipercaya masyarakat, kami siap membantu memenuhi  kebutuhan konsumen dan mewujudkan tercapainya kesehatan sehari-hari yang lebih baik,  inklusif, dan berkelanjutan,” kata Chief Executive Officer Haleon, Brian McNamara, dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (19/7/2022).

Dia menambahkan, kesehatan konsumen menjadi sesuatu yang sangatlah penting di masa sekarang ini, dan bersyukur Haleon, sebagai perusahaan independen, siap untuk mengejar ambisinya.

"Hari penting ini merupakan hasil dari jerih upaya, perencanaan, dan kerja sama dari rekan rekan kami di seluruh dunia yang sangat berdedikasi,” kata Brian.


Gandeng Mitra Pakar dan Asosiasi

Sementara itu, General Manager Haleon Indonesia, Dhanica Mae Tiu mengatakan, seiring dengan  dimulainya babak baru yang telah dinanti-nantikan ini, Haleon akan terus fokus  memberikan kesehatan sehari-hari yang lebih baik.

Termasuk dengan memanfaatkan  keahlian teknis dan ilmiah yang mendalam untuk membangun mereknya sambil  memastikan kualitas tinggi dari produk-produk Haleon. 

“Kami akan terus bermitra dengan para  pakar dan berbagai asosiasi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah  kesehatan seperti sensitivitas dan wellness, dengan tujuan utama untuk memastikan bahwa semua orang di Indonesia memiliki akses terhadap kesehatan sehari-hari yang lebih inklusif  dan lebih berkelanjutan,” ungkap Dhanica.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya