Prabowo Banyak Didukung Warga Nahdliyin, Gus Fawait: Vitamin bagi Kader Gerindra di Jatim

Gus Fawait mengungkapkan, Jawa Timur adalah tempat kelahiran Nahdlatul Ulama sekaligus basis terbesar NU. Karena itu sangat wajar kalau mayoritas warga Jatim adalah nahdliyin.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Jun 2023, 07:06 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 06:53 WIB
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait. (Istimewa)
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah hasil survei terbaru menunjukan keunggulan Prabowo Subianto dari bakal Capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Keunggulan Prabowo itu terdongkrak dari besarnya dukungan kaum nahdliyin kepada Menteri Pertahanan RI tersebut.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait hasil survei menunjukan Prabowo menjadi pilihan utama kaum nahdliyin. Mengingat, jumlah nahdliyin sangat besar dan merupakan mayoritas di negeri ini.

"Pak Prabowo menjadi pilihan utama warga NU. Tentu ini menjadi vitamin bagi kami kader Gerindra di Jawa Timur," tutur Gus Fawait, dalam keterangannya, Minggu (4/6/2023).

Gus Fawait mengungkapkan, Jawa Timur adalah tempat kelahiran Nahdlatul Ulama sekaligus basis terbesar NU. Karena itu sangat wajar kalau mayoritas warga Jatim adalah nahdliyin.

Menurutnya sangat wajar kalau Prabowo mendapat simpati nahdliyin, karena sejak beliau masih aktif di militer sudah dekat dengan para ulama sepuh di Jatim. Hubungan baik itu maih terjalin hingga saat ini . Tentu kedekatan ini menghasilkan relasi hubungan yang positif antara Prabowo dengan warga NU di Jatim.

"Pak Prabowo juga memberi kesempatan yang luas bagi kader-kader muda NU, keluarga pesantren di Jatim untuk berkiprah di Gerindra. Ada Mas Wahyu putra Gus Kikin pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang dan saya sendiri putra angkat KH. Achmad Muzakki Syah, pengasuh Pesantren Al Qodiri, Jember," terangnya.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif Jatim 2020 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengatakan, besarnya dukungan nahdliyin kepada Prabowo karena kaum nahdliyin punya harapan Prabowo bisa meneruskan pemerintahan Jokowi. Mengingat, kepuasan rakyat yang sangat tinggi kepada Pak Jokowi selama hampir 10 tahun memimpin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Estafet Kepemimpinan Jokowi

Prabowo Daftarkan Partai Gerindra ke KPU
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan keterangan saat mendaftarkan partai politiknya sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Pada hari kedelapan ini, KPU menerima pendaftaran empat partai politik di antaranya Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Harapan Prabowo bisa meneruskan estafet kepemimpinan Presiden Jokowi sangat beralasan. Sebab, Prabowo adalah menteri dengan kinerja terbaik dalam kabinet saat ini. Itu terpotret dari hasil survei sejumlah lembaga survei yang telah dirilis.

"Kalau melihat dari gesture dan statement Pak Jokowi belakangan ini, saya pribadi melihat dukungan Presiden Jokowi condong ke Pak Prabowo ketimbang kandidat capres lainnya. Karena itu wajar kalau pendukung Jokowi akan mendukung Prabowo," pungkas alumnus pascasarjana UGM Yogyakarta, tersebut.

Infografis Utak-Atik Duet Prabowo, Airlangga, Muhaimin, Anies
Infografis Utak-Atik Duet Prabowo, Airlangga, Muhaimin, Anies (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya