Beragam Ekspresi Emak-Emak Sambut Kunjungan Jokowi di Malang, Ada yang Menangis Histeris

Kunjungan Presiden Joko Widodo pada kegiatan pasar rakyat yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur, pada Senin 24 Juli 2023, mengundang beragam reaksi dari kalangan emak-emak di sana. Sejak pagi, mereka sudah berkumpul menanti kedatangan orang nomor satu di Tanah Air tersebut.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 25 Jul 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 10:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kali ini Jokowi ditemani Prabowo Subianto dan Erick Thohir.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kali ini Jokowi ditemani Prabowo Subianto dan Erick Thohir.

Liputan6.com, Malang - Kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada kegiatan pasar rakyat yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur, pada Senin, 24 Juli 2023, mengundang beragam reaksi dari kalangan emak-emak di sana. Sejak pagi, mereka sudah berkumpul menanti kedatangan orang nomor satu di Tanah Air tersebut.

Jokowi yang tiba di Lapangan Rampal sekitar pukul 14.00 WIB untuk meninjau pasar rakyat tersebut, langsung mendapat sambutan meriah melalui sorakan panggilan para emak-emak yang telah berkumpul sejak pagi.

"Saya datang sejak pagi jam 08.00 WIB, hanya ingin berfoto dengan Pak Jokowi. Namun, saya kecewa sebab sekarang sudah diminta pergi, karena bergantian menerima sembako," kata  Elining yang berasal dari Kawasan Mergosono, Malang.

Elining tidak datang sendiri di Rampal, melainkan bersama empat rekannya yang juga berniat sama, yakni melihat sosok Presiden Jokowi dari dekat. Meski kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto bersama Presiden Jokowi, Elining tetap mendoakan supaya orang nomor satu di Indonesia itu sehat-sehat selalu.

"Saya kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto, tapi mudah-mudahan Pak Jokowi dan keluarganya sehat-sehat selalu," ujar ibu berjilbab tersebut.

Lain halnya dengan Ibu Rini, asal Kecamatan Blimbing, Kota Malang, yang sempat menangis karena histeris melihat kedatangan Presiden Jokowi.

Rini mengaku bahagia bisa melihat sosok Presiden Jokowi di depannya, sebab selama ini hanya bisa melihat melalui layar televisi dan pemberitaan sejumlah media.

Pada kesempatan itu, Ia juga berharap  kegiatan pasar rakyat yang digelar di Malang bisa dilaksanakan juga di beberapa daerah, agar masyarakat dimudahkan mencari bahan pokok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Waspadai Fenomena El Nino

Presiden Jokowi Minta Perbanyak Pasar Murah untuk Antisipasi Dampak El Nino
Presiden Joko Widodo saat hadir dalam pembagian sembako di Pasar Rakyat Kota Malang pada Senin, 24 Juli 2023 (Liputan6.com/Zainul Arifin) 

Jokowi pada kunjungan tersebut, menginstruksikan jajarannya, baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memperbanyak kegiatan pasar murah. Menurut dia, langkah tersebut diambil pemerintah dalam rangka antisipasi menghadapi fenomena iklim El Nino.

"Saya telah memerintahkan kepada BUMN, juga kepada gubernur, seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk memperbanyak pasar-pasar murah di daerah, sebanyak-banyaknya," jelas Jokowi dikutip dari siaran pers, Senin (24/7/2023).

Selain pasar murah, dia juga memerintahkan jajarannya yang memiliki anggaran untuk meningkatkan jumlah pemberian bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

Jokowi menyebut El Nino merupakan fenomena iklim yang tidak bisa diprediksi. Untuk itu, dibutuhkan langkah-langkah pencegahan terhadap dampak yang akan ditimbulkan.

"Kita berharap kita bisa mendahului agar apabila nanti El Nino datang masyarakat tidak kaget karena memang panasnya bisa mengganggu kesehatan, yang kedua pangan juga bisa terganggu kalau betul terjadi," ungkap dia.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan saat ini beberapa negara telah mengalami dampak El Nino. Dia mencontohkan India dan Vietnam yang sudah tidak lagi melakukan ekspor beras.

Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya