Telkomsel Perkirakan Trafik Data Melonjak 11,2 Persen di Ramadhan dan Idul Fitri 2023

Telkomsel memprediksikan bakal terjadi lonjakan trafik layanan data pada momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023 hingga 11,2 persen.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 23 Mar 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 14:00 WIB
Telkomsel lakukan optimalisasi jaringan di momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 (Telkomsel)
Telkomsel lakukan optimalisasi jaringan di momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 (Telkomsel)

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memprediksi trafik layanan data atau broadband mereka, bakal tumbuh hingga 11,2 persen di momen Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H atau RAFI 2023.

Mereka mengutip, menurut Kementerian Perhubungan, diperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang, atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Telkomsel, diproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan di momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023.

Untuk traffic layanan data atau broadband, diperkirakan melonjak sampai 11,2 persen dibandingkan hari biasa.

Mengutip siaran persnya, Kamis (23/3/2023), perusahaan mengatakan, pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023.

Di Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, akses layanan media sosial diperkirakan melonjak sampai 6,2 persen, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference, diprediksi meningkat sekitar 20 persen.

Sementara, layanan streaming bakal bertumbuh 15,6 persen, diikuti layanan mobile gaming yang kemungkinan bakal naik 32,4 persen, akses browing melonjak 2,4 persen, dan akses e-commerce diperkirakan meningkat 7 persen.

Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5 persen serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 7,1 persen.

"Telkomsel mengucapkan selamat menjalankan ibadah di Bulan Ramadan bagi umat muslim di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangannya.

Telkomsel pun mengungkapkan sejumlah upaya mereka untuk mengantisipasi lalu lintas data selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2023.


Upaya Antisipasi Lonjakan Trafik di Ramadhan dan Idul Fitri 2023

Mulai Oktober 2022 Telkomsel lanjutkan upgrade layanan 3G ke 4G/LTE di 19 Kota/Kabupaten (Dok. Telkomsel)
Ilustrasi kartu Telkomsel (Dok. Telkomsel)

Perusahaan mengatakan, mereka melakukan pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya.

Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh 17.895 KM juga telah dilakukan guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga dilakukan dengan peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Ini melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96 persen wilayah populasi di Indonesia, dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.


Hadirkan Sejumlah Promo Produk dan Layanan

Telkomsel lakukan optimalisasi jaringan di momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 (Telkomsel)
Telkomsel lakukan optimalisasi jaringan di momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 (Telkomsel)

Operator plat merah ini juga menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps.

Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) telah disediakan di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Telkomsel sejak 2022 juga secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini.

Dari segi produk, Telkomsel menggelar sejumlah promo dan layanan terkait gaya hidup digital.

Beberapa promo tersebut meliputi paket kuota ketengan nonton untuk Platform MAXstream, paket bundling berlangganan platform audio streaming Langit Musik, promo gim online pilihan, serta flash sale.

Ada juga Promo Special Ramadan dari Dunia Games, bundling fitur gim melalui Paket GamesMAX yang berkolaborasi dengan aplikasi gim online Mobile Legend Bang Bang dan Pokemon Go, serta paket bundling Gameqoo dan langganan platform Disney+ Hotstar.


Gelar Program Mudik Bareng

Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru. Kredit: Telkomsel

Telkomsel juga akan menggelar kompetisi gim online Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) yang akan berlangsung selama Ramadan. Melalui platform MAXstream dan Langit Musik, Telkomsel juga merilis beberapa konten terbaru.

Selain itu, perusahaan juga bakal menggelar program Mudik Bareng Telkomsel 2023, untuk pelanggan pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek online, pekerja kebersihan, dan para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

Adapun, tujuan mudik ke-9 kota menggunakan pilihan moda transportasi kapal laut dan bus. Pelanggan dapat mengikuti Program Mudik Bareng Telkomsel 2023 dengan melakukan penukaran Telkomsel Poin melalui Aplikasi MyTelkomsel.

(Dio/Isk)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya