Apple Permak Habis-habisan Photos dan Messages di iOS 18, Simak Perubahannya!

iOS 18 membawa perubahan besar pada aplikasi Photos dan Messages di iPhone. Apple memperkenalkan fitur baru yang membuat pengelolaan foto dan komunikasi menjadi lebih intuitif dan menyenangkan. Simak bagaimana pembaruan ini akan meningkatkan pengalaman penggunaan iPhone Anda.

oleh Yuslianson diperbarui 24 Jun 2024, 13:18 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2024, 10:00 WIB
iOS 18
Aplikasi Photos dirombak besar-besaran oleh Apple di iOS 18. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - iOS 18, pembaruan untuk sistem operasi ponsel buatan Apple digadang-gadang akan memperkenalkan sejumlah fitur baru dan peningkatan besar-besaran.

Apple mengakui, iOS 18 akan menjadi update penting bagi perusahaan di masa mendatang. Salah satu perubahan besar di OS baru iPhone ini adalah aplikasi Photos.

Selain Photos, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menanamkan sejumlah fitur baru iMessages yang menjanjikan pengalaman penggunaan iPhone lebih baik.

Seperti apa? Mari kita sedikit membahas lebih dalam tentang update iOS 18 mempengaruhi aplikasi Photos dan messages.

Tampilan Baru Aplikasi Photos

Photos menjadi salah satu aplikasi yang dipermak oleh Apple lewat pembaruan iOS 18, di mana perusahaan membuat tampilan lebih sederhana dan mudah menelusuri momen berharga Anda.

  • Koleksi Intuitif dan Terorganisir

Walau tampilan tata letak grid (kisi) di aplikasi masih tetap dipertahankan, iOS 18 memperkenalkan tombol filter memungkinkan Anda mengurutkan foto berdasarkan favorit, yang baru saja diedit, video, atau tangkapan layar.

Fitur koleksi baru mengatur foto Anda berdasarkan waktu, orang, hewan peliharaan, perjalanan, dan kenangan, menciptakan tampilan seperti kolase yang menarik secara visual sehingga memudahkan pencarian momen tertentu.

  • Personalisasi dengan Grup Khusus dan Koleksi

Dengan iOS 18, Anda dapat membuat grup khusus untuk foto Anda, seperti keluarga, teman, atau hewan peliharaan, sehingga menambahkan sentuhan pribadi ke library foto.

Pengguna juga bisa mengumpulkan semua foto, baik itu foto saat jalan-jalan atau lainnya, ke dalam satu tampat sehingga mudah dicari berdasarkan tahun.

Fitur Pinned Collection menawarkan akses cepat ke bagian penting seperti tampilan peta atau tangkapan layar tersembunyi. Anda dapat menyesuaikan koleksi ini, menyusun ulang, dan menambahkan album khusus sehingga sesuai dengan preferensi Anda.

  • Pengalaman Dinamis dan Menarik

Aplikasi Photos kini lebih dapat disesuaikan dari sebelumnya. Dari elemen unggulan di bagian atas hingga tampilan carousel di sebelah kanan kisi yang menampilkan foto favorit.

Saat Apple mendemokan aplikasi ini di WWDC 2024, Photos terlihat dinamis dan menarik setiap kali Anda membukanya. Highlights harian menjaga pengalaman tetap segar dan menarik, memastikan pengguna selalu memiliki sesuatu baru untuk dinikmati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


iMessages Mendapatkan Pembaruan Besar-besaran?

<p>Fitur baru iMessages di iOS 18.  (Doc: Apple)</p>

Apple memang selalu menghadirkan fitur baru ke dalam aplikasi Messages atau iMessages, sehingga membuat penggunanya lebih mudah dan seru berkomunikasi dengan keluarga dan teman via aplikasi.

  • Tapback dan Saran Emojis

Salah satu fitur baru yang Apple hadirkan ke dalam aplikasi Messages adalah Tapback, kini didesain ulang agar telihat lebih berwarna.

Pengguna juga kini bisa menggesek untuk dapat melihat saran emoji, dan stiker berdasarkan percakapan mereka.

Ini memudahkan pengguna menemukan reaksi sempurna dan menambah keceriaan dalam obrolan. Selain itu, kini lebih jelas siapa yang mengirimkan Tapback mana, menjadikan obrolan grup lebih intuitif.

  • Efek dan Format Teks yang Ekspresif

Mengekspresikan diri melalui teks kini menjadi lebih baik dengan efek animasi baru dan opsi pemformatan seperti tebal, miring, garis bawah, dan dicoret.

Efek ini terlihat menarik dalam berbagai bahasa, membuat pesan lebih hidup dan ekspresif, tidak peduli bagaimana Anda berkomunikasi.

  • Fitur Pesan Terjadwal

Mungkin salah satu fitur paling dinanti pengguna adalah pesan terjadwal, di mana Anda dapat menulis pesan dan menjadwalkannya untuk dikirim di lain waktu.

Perusahaan menjelaskan, fitur pesan terjadwal ini sangat cocok untuk mengirimkan ucapan selamat ulang tahun, atau ucapan selamat pada acara khusus.

Pesan terjadwal ditandai dengan jelas dan mudah diedit, memberi Anda fleksibilitas dan ketenangan pikiran.

  • Dukung Pesan RCS

Apple akhirnya mulai mengadopsi sistem RCS (Rich Communication Services), standar pengiriman pesan lebih modern di iOS 18. Hal ini sekaligus mengakhiri perbedaan masih terjadi antara iOS dan Android, dalam hal pengiriman teks.

Dengan RCS, pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur menarik seperti tanda terima pesan telah dibaca, indikator pengetikan, pengiriman gambar, video, dan audio beresolusi tinggi, hingga enkripsi end-to-end.


iOS 18 Bawa Peningkatan, Seperti Apa?

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)</p>

Perubahan besar-besaran di aplikasi Photos dan peningkatan di Messages dirancang untuk membuat pengelolaan kenangan Anda, dan berkomunikasi dengan orang terkasih menjadi lebih menyenangkan dan efisien.

Pembaruan ini tampaknya menyoroti komitmen Apple untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui desain dan fungsionalitas inovatif.

Apple mengklaim, saat menjelajahi fitur-fitur baru ini, Anda akan menemukan iOS 18 menjadikan iPhone lebih personal, dinamis, dan menyenangkan untuk digunakan.

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya