Harga Ganti Baterai iPhone 16 Pro Naik, Siapkan Budget Lebih!

Apple resmi naikkan biaya penggantian baterai iPhone 16 Pro. Simak perbandingan harga dengan model sebelumnya dan alasan di balik kenaikan ini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 19 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 08:30 WIB
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Resmi Hadir dengan Chip A18 Pro
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Resmi Hadir dengan Chip A18 Pro. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan biaya penggantian baterai untuk iPhone 16 Pro dan Pro Max akan lebih mahal dibandingkan model-model sebelumnya.

Meski iPhone 16 Pro adalah produk terbaru dan baterainya masih dalam kondisi prima, seiring waktu, wajar jika performa baterai mulai menurun.

Biasanya, Apple memberikan layanan penggantian baterai dengan harga yang cukup terjangkau, namun kai ini mereka melakukan penyesuaian harga yang bikin dompet kering.

Dikutip dari Gizchina, Kamis (19/9/2024), Mulai sekarang, pengguna iPhone 16 Pro harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti baterai.

Jika sebelumnya harga penggantian baterai iPhone 15 Pro dan model di bawahnya sama, kali ini Apple memutuskan untuk menaikkan harga bagi varian Pro terbaru. 

Baterai iPhone 16 Pro dan Pro-Max kini dibanderol dengan biaya penggantian sebesar 119 USD atau setara dengan Rp 1-2 jutaan, sedangkan untuk varian biasa atau "vanilla" tetap di angka 99 USD atau setara dengan Rp 1,5 juta.

Kenaikan harga baterai iPhone 16 Pro ini cukup mengejutkan, mengingat Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan inovatif dan memperhatikan kepuasan pelanggan.

Beberapa analis berpendapat, kenaikan ini mungkin terkait dengan penggunaan teknologi baterai baru lebih efisien namun memiliki biaya produksi lebih tinggi.

Selain itu, faktor inflasi global juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Namun, belum ada konfirmasi resmi dari Apple mengenai alasan di balik kebijakan harga ini.

Untuk perbandingan, biaya penggantian baterai iPhone 15 dan iPhone 14 adalah 99 USD yang setara dengan Rp 1,5 juta, sementara iPhone 13 lebih murah, hanya 89 USD yang setara dengan 1 jutaan rupiah.

Harga ini berlaku di Apple Store Resmi, namun bisa saja berbeda kalau kamu milih layanan dari penyedia pihak yang sudah disetujui Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Spesifikasi Singkat iPhone 16 Pro dan Pro Max

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. (Doc: Apple)

iPhone 16 Pro dan Pro Max resmi diluncurkan pada September 2024. Kedua model iniadalah flagship hig-end dari Apple dengan fitur yang canggih.

iPhone 16 Pro hadir dengan layar 6,3 inci, sementara Pro Max menawarkan layar lebih besar 6,9 inci, keduanya menggunakan Super Retina XDE dengan teknologi Always-On dan refresh rate 120Hz ProMotion. Kecerahan layar juga ditingkatkan, bikin tampilan making kinclong!

Untuk urusan kamera, iPhone 16 Pro dibekali kamera utama 48MP dengan sensor yang lebih cepat dan panjang fokus yang bisa diatur. Ada juga lensa Ultra Wide terbaru untuk hasil jepretan makro yang lebih baik.

Kemampuan video juga nggak main-main, bisa merekam video 4K dengan 120 fps dan audio spasial.

Desainnya menggunakan bingkai titanium alloy, bikin HP ini lebih kokoh dan tahan lama. Ditambah lagi, ada tombol Action dan Camera Control baru yang memudahkan akses ke fungsi kamera.

Performanya didukung okeh chip A18 Pro yang leboh cepat hingga 20% dengan teknologi pendinginan yang lebih baik serta konektivitas 5G,  Wi-Fi 7, dan Bluetooth 5.3.

Siap-siap buat nguras dompet kalau baterai iPhone 16 Pro kamu butuh diganti di masa depan, ya.

 

 


Kemampuan Video Sinematik iPhone 16 Pro Dipamerkan di MV The Weeknd

iPhone 16 Pro
iPhone 16 Pro Pamer Kemampuan Video Sinematik di MV The Weeknd, Seperti Apa? (Doc: Apple)

Sebelumnya, Apple memperkenalkan iPhone 16 Pro, bersamaan dengan model iPhone 16 dalam acara bertajuk “It’s Glowtime” pada 10 September 2024 dini hari WIB.

Dalam presentasi yang dipandu oleh CEO Apple, Tim Cook, perusahaan mengklaim iPhone 16 Pro adalah seri iPhone paling canggih yang pernah ada.

Salah satu fitur unggulan iPhone 16 Pro adalah kemampuan untuk merekam video 4K 120fps dalam Dolby Vision, dan memungkinkan pengambilan video slo-motion sangat halus.

Kemampuan fitur ini ditampilkan secara sempurna dalam video musik terbaru The Weeknd, "Dancing in the Flames." Dengan tambahan empat mikrofon berkualitas studio mampu merekam suara secara real-time.

Menurut Eric Henriksson, Director of Photography untuk video musik The Weeknd, iPhone 16 Pro hampir menghapus batas antara kamera profesional dan smartphone. 

"Saya sangat terkesan dengan bagaimana iPhone 16 mampu menangkap cahaya, warna hitam pekat, karena kami memotret dengan lampu latar HDMI sangat terang saat hujan dan itu adalah sesuatu yang saya khawatirkan" ungkap Henriksson.

Dia sendiri sempat mengutarakan rasa khawatir bagaimana cara iPhone menangkap lampu-lampu ini, bagaimana kontrasnya diatur, bagaimana tampilannya di wajah Weeknd?. "Semua hal ini hilang ketika saya melihat hasilnya, sejujurnya saya terpesona."

Dengan kemampuan 4K 120fps, para pembuat film dapat melakukan banyak manipulasi pasca-produksi, seperti speed-ramping memungkinkan adegan slo-motion berjalan mulus.

Henriksson menambahkan, "Saat saya menggunakan iPhone 16 Pro, digenggam, hanya di sekelilingnya saat dia berjalan di tengah kabut, rasanya lebih seperti momen intim, ini bukan perangkat besar, kecil, jadi sangat mudah untuk menggunakannya."

 

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya