Resepsi Pernikahan Mewah atau Murah? Pertimbangkan 7 Hal Ini

Berikut 7 alasan bahwa menggelar resepsi mewah itu bukan kewajiban utama. Simak ulasannya berikut ini ya.

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 04 Jul 2019, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi Menikah
Ilustrasi menikah (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang megah dan mewah. Namun, menggelar resepsi pernikahan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain mempersiapkan secara mental dan psikologis, Anda pun juga harus mempersiapkan segala halnya mulai dari sewa gedung, catering, undangan, baju pernikahan, dan lainnya. 

Menggelar pernikahan sederhana selain dapat menghemat biaya, Anda tidak perlu repot menentukan segala halnya. Selain itu, menghemat biaya pernikahan dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga Anda nantinya.

Memang menggelar pernikahan secara besar-besaran akan memberikan kenangan yang berkesan untuk pernikahan Anda. Tapi, menggelar pernikahan sederhana tidak kalah berkesannya, pernikahan Anda justru bisa lebih sakral dan hikmat.  

Menikah sebenarnya bukan hanya masalah resepsi saja, ada banyak unsur penting yang seharusnya diutamakan. Nah, berikut 7 alasan bahwa menggelar resepsi mewah itu bukan kewajiban utama. Simak ulasannya berikut ini ya, seperti dikutip dari TunaiKita:

Trik Pernikahan Tanpa Membebankan Biaya

1. Tanggal Menentukan Biaya Sewa

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan adalah menentukan biaya sewa. Sebenarnya, menyewa gedung adalah salah satu hal yang membuat anggaran membengkak. Namun Anda masih bisa menyiasati hal ini, apalagi jika Anda dan pasangan tidak ingin repot menggelar pernikahan di rumah. Untuk memangkas biaya, Anda bisa memilih dekorasi ruangan yang tak rumit, dan konsep pernikahan yang sederhana. 

Pertimbangkan juga tanggal pernikahan sedari awal. Mungkin harga sewa gedung Jumat malam lebih murah daripada Minggu siang. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyelenggarakan resepsi di hari Jumat malam saja. Lebih hemat, kan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Gunakan Teknologi Digital untuk Sebar Undangan

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Tips berikutnya kamu bisa memanfaatkan teknologi digital karena ini bisa menekan budget pernikahan, lo! Enggak percaya? 

Sobat, memikirkan jumlah tamu undangan memang membuat pusing. Namun, yang lebih pusing lagi kalau kamu memikirkan biaya cetak undangannya.

Tamu-tamu yang diundang dari kedua belah pihak sudah pasti tidak sedikit. Tentu kamu ingin mengundang teman-teman dan kerabat terdekatmu, bukan? Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan teknologi digital dengan mengirim undangan melalui pesan elektronik atau media sosial. 

Anda bisa cetak undangan untuk kalangan kerabat dekat saja. Selain itu, Anda  juga bisa minta bantuan teman yang jago desain. Selain lebih murah, undangan pastinya juga bisa lebih berkesan.

3. Sewa Baju Pengantin

Membuat baju pengantin untuk pernikahan memang akan menjadi kenangan yang luar biasa. Namun, membuat baju pengantin sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menjahit kebaya atau baju pengantin bukan hal yang sepele. Tidak mungkin hanya menggunakan jasa penjahit biasa untuk membuat baju istimewa di hari yang sakral bersama pasangan nantinya. Salah-salah malah hasilnya jauh dari bayangan.

Belum lagi, kalau Anda berencana menggunakan beberapa baju berbeda dalam acara resepsi. Untuk itu, agar persoalan baju pengantin atau seragam untuk keluarga lebih aman, lebih baik menyewa saja. Agar lebih hemat, Anda juga bisa mencari jasa penyewaan yang sudah sekaligus menyediakan rias pengantinnya.


4. Cukup Berikan Kain untuk Teman dan Keluarga

20160830- Industri Tekstil Nasional-Tangerang- Angga Yuniar
Pekerja merapikan gulungan kain di Pasar Cipadu, Tangerang, Selasa (30/8).Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin optimistis kinerja industri tekstil dan produk tekstil nasional akan gemilang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tips keempat yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan yaitu Anda bisa memberi kain untuk keluarga dan teman-teman, dan menjahit biar jadi urusan mereka sendiri.

Selain itu, untuk meminimalkan pengeluaran, Anda cukup memakai satu busana pengantin untuk acara akad dan nikah. Pilih model yang fleksibel untuk kedua acara. 

5. Gunakan Jasa Teman/Saudara untuk Dokumentasi Pernikahan

Kalau Anda punya teman atau saudara yang jago memotret, walaupun bukan professional wedding photo tetap bisa Anda manfaatkan, lo! Selain harga bisa dinegosiasikan, biaya pengeluaran pernikahan pun bisa jadi lebih hemat.

Jika Anda tidak punya kerabat atau teman yang jago memotret, pilihlah jasa mahasiswa Jurusan Fotografi. Tapi sebelumnya lihat terlebih dahulu portofolio mereka. Jangan sampai salah pilih fotografer, dan hasil jepretan momen sakral bersama pasangan jadi kurang maksimal.


6. Pilih Catering yang Tepat

Ilustrasi Makanan Pedas, Masakan Pedas, Makanan, Masakan (iStockphoto)
Makanan Pedas yang Dikonsumsi Dalam Batas Wajar Bisa Mendatangkan 8 Kebaikan (Ilustrasi/iStockphoto)

Jasa catering pernikahan memang ada banyak, tapi pastikan jasa yang Anda pilih sesuai dengan budget. Catering dengan cara prasmanan tidak hanya praktis tapi juga murah. Selain itu, pastikan menu yang Anda pilih sesuai dengan selera dan membuat tamu merasa kenyang. 

Sedangkan menu sampingan atau snack, bisa memesannya di tempat yang berbeda. Akan lebih bagus jika Anda punya teman yang memiliki usaha kue. Pesan kue dan snack dengannya sudah pasti tidak cuma membuat teman Anda senang, tapi harga yang dibayar pasti juga tak terlalu mahal. Untuk urusan minum, jangan khawatir Anda juga bisa meminimalkan biaya dengan membeli minuman kemasan seperti Aqua.

7. Gunakan Kreativitas untuk Membuat Souvenir

Tidak hanya hidangan, souvenir pernikahan menjadi item wajib untuk menjamu tamu undangan pernikahan Anda. Ini bertujuan agar tamu yang datang akan terkenang dengan pernikahan yang Anda gelar, dan sebagai wujud ucapan terima kasih sudah berkenan datang.

Memang banyak jasa yang menawarkan pembuatan souvenir. Namun, lagi-lagi Anda harus ingat penghematan biaya pernikahan.

Kenapa tidak buat saja sendiri saja? Anda bisa mengisinya dengan bermacam-macam jenis bibit tanaman, bahkan mungkin juga sekedar permen cokelat warna-warni, atau Anda bisa melihat cara membuat souvenir di YouTube. Dengan membuat souvenir handmade tentunya pernikahanmu jauh lebih hemat dan berkesan, bukan?


8. Foto Pre-Wedding Simple

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Foto pre-wedding memang menjadi salah satu kebutuhan wajib para calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan. Selain untuk menjadi kenang-kenangan di kemudian hari, foto pre-wedding juga bisa menjadi hiasan untuk mempercantik dekorasi pernikahan. Namun, biasanya foto pre-wedding membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari menyewa kostum, fotografer, tempat untuk foto, dan lainnya. 

Nah, untuk lebih menghemat biaya, alternatif yang bisa Anda lakukan dengan memilih tema foto pre-wedding yang simple namun berkesan. Anda bisa melakukan foto pre-wedding dengan memanfaatkan properti yang dimiliki dan memanfaatkan halaman belakang rumah untuk dijadikan tempat berfoto.

Untuk jasa fotografer, Anda juga bisa memanfaatkan teman atau saudara untuk menggunakan jasanya, lumayan untuk menghemat budget, kan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal hanya untuk foto pre-wedding.

Resepsi Pernikahan Sederhana? Kenapa Tidak!

Menggelar pernikahan tidak harus mewah dan megah kok, yang terpenting adalah kesakralan dari pernikahan. Tidak perlu pedulikan apa kata orang tentang pernikahan, yang terpenting pernikahan berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang Anda rencanakan.

Semoga informasi yang diberikan dapat membantu dan menginspirasi Anda yang ingin merencanakan pernikahan dalam waktu dekat. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya