Deretan Milenial Bergelar Miliarder Termuda Dunia

Deretan nama miliarder dunia, seperti Jeff Bezos, Elon Musk, Bill Gates, hingga Warren Buffet telah berusia di atas 40 tahun. Tidak mau kalah saing, dua belas anak muda ini justru berhasil menjadi miliarder termuda di dunia.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Des 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 11 Des 2021, 21:00 WIB
Austin Russell (Photo By: Twitter/@luminartech)
Austin Russell merupakan pendiri dari Luminar Tech dan menjadi salah satu miliarder termuda di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Deretan nama miliarder dunia, seperti Jeff Bezos, Elon Musk, Bill Gates, hingga Warren Buffet telah berusia di atas 40 tahun. Tidak mau kalah saing, dua belas anak muda ini justru berhasil menjadi miliarder termuda di dunia.  

Tentunya menjadi miliarder di usia belia tidak menjadi tujuan utama yang dimiliki oleh setiap anak muda. Umumnya, mereka masih ingin menghabiskan waktu untuk bermain atau belajar.  

Melansir dari Business Leader, Sabtu (11/12/2021), berikut adalah daftar 12 miliarder muda tersebut.

1. Austin Russell

Meskipun sempat menghentikan pendidikannya di Universitas Stanford pada 2012, Russell (26) memiliki kekayaan bersih sebesar GBP 1,37 miliar (Rp 27,2 triliun). Alasannya untuk berhenti karena ia menerima USD 100.000 (Rp 1,4 miliar) dari Thiel Fellowship, sebuah Yayasan swasta yang didanai oleh salah satu pendiri PayPal dan investor Facebook, Peter Thiel.  

Uang tersebut digunakan Russell untuk membangun Luminar Technologies, sebuah perusahaan yang membuat sensor dan teknologi lainnya untuk kendaraan otonom. Sejak saat itu, ia terus mengumpulkan kekayaannya.  

2. Kevin David Lehmann

Miliarder Jerman, Kevin David Lehmann (18) memiliki kekayaan sebesar GBP 2,6 miliar (Rp 51,8 triliun). Ayahnya, Guenther Lehmann adalah pemilik jaringan toko obat Drogerie Markt.  

Guenther mengalihkan 50 persen saham perusahaannya kepada Kevin ketika ia berusia 14 tahun. Namun, saham tersebut tetap berada di bawah perwalian sampai Kevin berusia 18 tahun pada September 2020 lalu.

3. Andy Fang dan Stanley Tang

Andy Fang dan Stanley Tang (28) menjadi miliarder teknologi dengan total kekayaan masing-masing sebesar GBP 1,73 miliar (Rp 34,4 triliun) dan GBP 1,58 miliar (Rp 31,4 triliun). Mereka mendirikan aplikasi pengiriman makanan DoorDash pada 2013.

Tidak seperti bisnis yang terdampak pandemi, DoorDash justru semakin populer karena pemesanan makanan secara online sudah menjadi kebiasaan umum. Saat ini, DoorDash adalah perusahaan pengiriman makanan terbesar di AS dengan pangsa pasar 5 persen dan memiliki sekitar 4.000 karyawan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Johnny Boufarhat

Johnny Boufarhat
Johnny Boufarhat, pendiri startup virtual event Hopin di London.

Boufarhat (26) menjadi miliarder termuda di Inggris dengan kekayaan bersih sebesar GBP 1,5 miliar (Rp 29,8 triliun) pada Mei lalu. Pencipta aplikasi konferensi video Hopin ini mendapatkan inpsirasi setelah terbaring di tempat tidur karena penyakit misterius di kamar pacarnya pada 2018.    

Hopin memungkinkan konferensi untuk disiarkan langsung melalui internet dan Boufarhat berhasil mengumpulkan dana untuk aplikasi tersebut tepat sebelum lockdown Inggris pertama kalinya. Saat ini, Hopin sudah memiliki lebih dari lima juta pengguna dan bernilai GBP 4,1 miliar (Rp 81,6 triliun).

5. Elisabeth Furtwaengler

Elisabeth Furtwaengler (29) adalah putri dari pemilik media Hubert Burda Media, Hubert Burda. Perusahaan media global itu beroperasi di 24 negara. Beberapa produk medianya, antara lain Radio Times, Playboy edisi Jerman, majalah Bunte dan XING, serta situs jejaring sosial di Hamburg serupa dengan LinkedIn.  

Furtwaengler mewarisi 37,4 persen saham di perusahaan ayahnya dan saat ini menjadi dewan direksi. Namun, ia juga belajar sejarah seni di Universitas Cambridge dan tampil sebagai penyanyi dan penulis lagu dengan nama panggung Lisa Fou.

6. Sam Bankman Fried

Sam Bankman Fried (29) saat ini memiliki kekayaan GBP 6,29 miliar (Rp 125,2 triliun). Lulusan sarjana Fisika dari Massachusetts Institute of Technology ini adalah pendiri dan CEO pertukaran Cryptocurrency FTX.  

Bankman Fried juga mendirikan Alameda Research, sebuah perusahaan pertukaran Cryptocurrency kuantitatif, di mana ia mengelola aset sebesar GBP 1,8 miliar (Rp 35,8 triliun) pada 2017. Selanjutnya, Bankman Fried terkenal sebagai pendukung altruisme, sebuah filosofi yang berpusat pada penggunaan sumber daya seseorang untuk membantu orang lain.


7. Alexandra Andresen dan Katharina Andresen

Alexandra Andresen
Alexandra Andresen, miliarder termuda dunia (Instagram/alexandranadresen)

Alexandra (25) dan Katharina (26) adalah putri dan ahli waris dari Johan H. Andresen, pemilik FERD AS sebagai perusahaan investasi swasta di Norwegia. Setelah dua kakak beradik itu mewarisi 42 persen saham perusahaan pada 2007, mereka menjadi jutawan anak, sebelum Alexandra yang saat itu berusia 19 tahun menjadi miliarder termuda di dunia pada 2016.

8. Wang Zelong

Zelong (25) menjadi miliarder setelah mewarisi saham di CNNC Hua Yuan Titanium Dioxide Company, sebuah perusahaan kimia China.  

Perusahaan memproduksi pigmen titanium dioksida yang merupakan pigmen putih dalam pelapis, plastik, dan tinta, serta diperdagangkan di Bursa Efek Shenzen, salah satu dari dua bursa saham yang beroperasi secara independen di China. Kekayaan bersih Zelong saat ini mencapai GBP 2,1 miliar (Rp 41,8 triliun).

9. Johnathan Kwok

Anak bungsu dari mendiang Walter Kwok, mantan ketua pengembang properti Sun Hung Kai Properties, diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar GBP 1,66 miliar (Rp 33 triliun). Kwok (29) dan kakak laki-lakinya, Geoffrey (35) mewarisi sebagian saham ayah mereka di Sun Hung Kai Properties, perusahaan yang ditinggalkan Walter setelah digulingkan sebagai ketua pada 2008 saat berselisih dengan dua saudara lelakinya.  

Setelah kematian ayahnya, Kwok dan Geoffrey mengambil alih Empire Group Holdings, pengembang properti yang dibangun Walter Kwok setelah meninggalkan Sun Hung Kai Properties.


10. Gustav Magnar Witzoe

Gustav Magnar Witzoe (Forbes)
Gustav Magnar Witzoe (Forbes)

Miliarder Norwegia Gustav Magnar Witzoe (28) memiliki kekayaan bersih sebesar GBP 3 miliar (Rp 59,7 triliun). Ia memiliki 47 persen saham di SalMar Asa, produsen salmon Norwegia yang didirikan oleh ayahnya pada 1991.

Pemberian saham diduga dilakukan untuk menghindari tagihan pajak yang besar. Magnar Witzoe juga merupakan investor pemula startup teknologi dan properti. Sebelumnya, ia bekerja untuk properti MGM, sebuah perusahaan investasi real estate di Nevada, AS, sekaligus seorang model.

11. Lady Charlotte Wellesley

Lady Charlotte Wellesley (30) menjadi salah satu orang terkaya di Inggris dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar GBP 2,4 miliar (Rp 47,8 triliun). Ia adalah putri Charles Wellesley, Bangsawan Wellington ke-9. Charlotte juga adalah keturunan Ratu Victoria dan cicit dari mantan Kaisar Jerman Wilhelm II.  

Lulusan Oxford dalam bidang arkeologi dan antropologi ini menjadi miliarder setelah menikah dengan pemodal asal Kolombia-Amerika, Alejandro Santo Domingo pada 2016.

12. John Collison

Pengusaha Irlandia, Collison (31) menjadi miliarder termuda di dunia pada 2016 dan saat ini memiliki kekayaan sebesar GBP 6,87 miliar (Rp 136,8 triliun).  

Ia adalah salah satu pendiri dan presiden Stripe, sebuah perusahaan layanan keuangan dan perangkat lunak Irlandia-Amerika, yang dibangun bersama dengan kakak laki-lakinya, Patrick pada 2009. Collison menjual perusahaan perangkat lunak Auctomatic sebesar USD 5 juta (Rp 71,8 miliar) pada 2008 saat berusia 17 tahun. Ia juga seorang pilot dan pianis.

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya