Inflasi Inggris Melambat di November 2022, Tapi Biaya Hidup Masih Tertinggi dalam 40 Tahun

Inflasi Inggris turun menjadi 10,7 persen di bulan November dari 11,1 persen pada Oktober 2022.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Des 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 20:00 WIB
Inflasi Inggris Naik ke Level Tertinggi dalam 41 Tahun
Seorang perempuan melewati ritel pakaian yang mengiklankan penjualan di Regent Street di London, Rabu (16/11/2022). Tagihan bahan bakar domestik meroket lebih lanjut meskipun harga energi pemerintah Inggris membeku karena pasar menghadapi dampak baru dari invasi produsen utama Rusia ke Ukraina. (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, Jakarta - Inflasi di Inggris mulai melambat pada bulan November 2022 tetapi biaya hidup di negara itu masih mendekati level tertinggi selama 40 tahun. Inflasi Inggris, ukuran resmi tingkat kenaikan harga, turun menjadi 10,7 persen di bulan November 2022.

Sebelumnya, inflasi negara itu berada di angka 11,1 persen pada Oktober 2022. Penurunan inflasi di November disebabkan oleh turunnya harga bensin dari rekor tertinggi, tetapi diimbangi oleh kenaikan harga minuman beralkohol di restoran, kafe, dan pub.

Dilansir dari laman BBC, Rabu (14/12/2022), beberapa analis mengatakan angka inflasi yang lebih rendah di bulan November 2022 menunjukkan bahwa inflasi di Inggris telah memuncak dan kenaikan harga akan melambat. Namun, harga pangan di Inggris terus meningkat.

Inflasi pangan di Inggris per November 2022 mencapai 16,5 persen, menandai tingkat tertinggi selama 45 tahun dan naik dari 16,4 persen di bulan Oktober. Meski inflasi menurun, ekonomi Inggris mengalami kontraksi selama Agustus hingga Oktober atau Kuartal II dan kuartal III 2022. 

Ekonomi negara yang kini dipimpin Perdana Menteri Rishi Sunak itu berkontraksi sebesar 0,3 persen selama tiga bulan karena melonjaknya biaya hidup membebani bisnis dan rumah tangga.

Sebelum kontraksi ekonomi diumumkan, Inggris secara luas sudah diperkirakan akan berada dalam resesi pada akhir tahun ini. Bank of England baru-baru ini mengatakan negara itu sedang menghadapi resesi terpanjang dalam sejarah.

"Sementara angka hari ini menunjukkan beberapa pertumbuhan, saya ingin jujur bahwa ada jalan yang sulit untuk ke depannya. Seperti negara Eropa lainnya, kita tidak kebal dari gempa susulan Covid-19, perang Rusia-Ukraina, dan harga gas global yang tinggi," kata Menteri Keuangan Inggris, Jeremy Hunt.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Inggris Bakal Tambah Suku Bunga jadi 3,5 Persen Usai Inflasi Terbang Tertinggi 41 Tahun

Inflasi Inggris
Sebuah tanda menampilkan harga pakaian saat pembeli melihat-lihat barang di kios pasar di Walthamstow Market, London, Minggu (22/11/2021). Inflasi Inggris telah mencapai level tertinggi 10 tahun karena tagihan energi rumah tangga meroket, menurut data minggu lalu. (Tolga Akmen/AFP)

Bank of England (BoE) atau Bank Sentral Inggris diperkirakan akan menaikkan suku bunga menjadi 3,5 persen poin persentase atau lebih pekan depan.

Tetapi pembuat kebijakan tampaknya masih berbeda pendapat tentang berapa banyak pengetatan yang diperlukan untuk menjinakkan inflasi karena ekonomi negara itu yang mendekati resesi.

Mengutip US News, Kamis (8/12/2022) pasar keuangan saat ini memiliki peluang 78 persen bahwa BoE akan menaikkan suku bunga setengah persentase poin menjadi 3,5 persen pada 15 Desember, dan peluang 22 persen untuk naik menjadi 3,75 persen.

Kekhawatiran langsung bank sentral adalah inflasi harga konsumen Inggris, yang telah mencapai 11,1 persen pada Oktober 2022, angka tertinggi sejak 1981 dan jauh melebihi target 2 persen BoE.

Bulan lalu, Gubernur BoE Andrew Bailey mengatakan kenaikan suku bunga lebih lanjut kemungkinan diperlukan, meskipun lebih sedikit dari harga pasar keuangan sebelum pertemuan itu, ketika investor memprediksi suku bunga Inggris akan mencapai 5,25 persen pada pertengahan 2023.

"Menurut kami, kenaikan 50 basis poin tampaknya mungkin terjadi," kata ekonom Investec Philip Shaw. "BoE telah memperjelas bahwa inflasi terlalu tinggi. Ini mengkhawatirkan ketatnya pasar tenaga kerja. Dan ada risiko besar pada proyeksinya."

Bailey mengatakan warga Inggris harus menerima penurunan standar hidup karena guncangan harga energi, tetapi negara itu berada di tengah gelombang aksi industri karena serikat pekerja berusaha membatasi dampak pada anggotanya.

Pada 3 November 2022, BoE memperkirakan Inggris telah memasuki resesi dan akan berlangsung hingga akhir tahun depan.

Pasar keuangan saat ini melihat suku bunga BoE akan memuncak di 4,75 persen pada pertengahan tahun depan, sementara HSBC meramal suku bunga bakal mematok di 3,75 persen pada Februari 2023 mendatang


Ramalan OECD, Ekonomi Inggris Paling Terpuruk di Antara Negara G7 di 2023

Inflasi Inggris Naik ke Level Tertinggi dalam 41 Tahun
Seorang pria berjalan keluar dari gerai pakaian diskon di Oxford Street di London, Rabu (16/11/2022). Inflasi telah membuat pasar tenaga kerja Inggris tertekan. Diperkirakan para buruh akan meminta kenaikan gaji demi bisa mengimbangi inflasi. (AP Photo/Alastair Grant)

Badan internasional Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) memprediksi bahwa ekonomi Inggris akan mengalami pukulan terbesar dari krisis energi global daripada negara-negara maju lainnya. 

Dilansir dari BBC, Rabu (23/11/2022) OECD meramal ekonomi Inggris akan berkontraksi lebih besar daripada negara lain di kelompok G7 (AS, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang) pada tahun 2023 mendatang.

OECD memperkirakan ekonomi Inggris bakal menyusut 0,4 persen pada 2023 diikuti oleh pertumbuhan yang hanya di 0,2 persen pada 2024.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi di AS dan zona euro akan melemah, tetapi Jerman adalah satu-satunya negara ekonomi utama lainnya yang diperkirakan akan menyusut. 

Produk domestik bruto (PDB) Jerman diperkirakan akan menurun 0,3 persen

Sementara itu, laporan terbaru OECD memprediksi kekuatan negara-negara berkembang, ekonomi dunia akan tumbuh sebesar 2,2 persen tahun depan.

Tetapi OECD memperingatkan, perang Rusia-Ukraina akan mempengaruhi ekonomi secara tidak merata, dengan negara-negara Eropa menanggung beban terberat dari dampak pada bisnis, perdagangan dan lonjakan harga energi.

Sebaliknya, Office for Budget Responsibility (OBR) pekan lalu memperkirakan ekonomi Inggris akan menyusut 1,4 persen tahun depan, meskipun juga memperkirakan pertumbuhan yang lebih kuat, sebesar 1,3 persen pada tahun 2024.

Produk domestik bruto (PDB) Jerman diperkirakan akan menurun 0,3 persen

Dari kelompok negara-negara G20, Rusia, yang dikenai sanksi ekonomi oleh Barat, diprediksi bernasib lebih buruk daripada Inggris, sebut OECD.

"Penargetan yang lebih baik dari langkah-langkah untuk meredam dampak dari harga energi yang tinggi akan menurunkan biaya anggaran, mempertahankan insentif yang lebih baik untuk menghemat energi, dan mengurangi tekanan pada permintaan pada saat inflasi tinggi," kata badan itu.

Infografis Peringatan IMF dan Antisipasi Indonesia Hadapi Resesi Global. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Peringatan IMF dan Antisipasi Indonesia Hadapi Resesi Global. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya