In Penjelasan Dokter MotoGP Soal Keajaiban Cedera Rossi

Valentino Rossi mampu balapan di MotoGP Aragon, hanya 24 hari setelah mengalami patah tibia dan fibula kaki kanan.

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 27 Sep 2017, 08:28 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2017, 08:28 WIB
MotoGP, Valentino Rossi, MotoGP Aragon
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengikuti sesi latihan bebas ketiga MotoGP Aragon, Sabtu (23/9/2017). Setelah dinyatakan pulih, pebalap asal Italia itu siap untuk tampil pada balapan MotoGP Aragon, Minggu (24/9/2017). (AFP/Javier Soriano)

Liputan6.com, Aragon - Valentino Rossi melakukan hal yang luar biasa saat mampu balapan di MotoGP Aragon, akhir pekan lalu, atau hanya 24 hari setelah mengalami patah tibia dan fibula kaki kanan. Keajaiban itu menjadi pembahasan yang menarihk

Dokter tim medis MotoGP Angel Charte punya penjelasan yang masuk akal terkait fenomena menarik yang disuguhkan The Doctor. Tak sekadar balapan, Rossi juga mampu finis kelima di Sirkuit Aragon. Hasil tersebut sangat gemilang mengingat kondisinya belum fit 100 persen. 

"Secara medis, dia bisa melakukan itu (balapan) karena ahli bedah Italia, Pascarella melakukan pekerjaan luar biasa. Itu penjelasan yang pertama," kata Charte, seperti dilansir AS, Selasa (26/9/2017).

"Dua belas jam setelah dioperasi, Valentino sudah menjalani rehabilitasi. Itu sesuatu yang mengagetkan kami, tentu saja. Tapi, di dunia balapan motor kami dikejutkan oleh banyak hal karena mereka adalah orang-orang spesial," sambung Charte, yang hadir di paddock Rossi pada akhir pekan di Aragon.

Pertanyaan lain yang mengemuka adalah efek yang mungkin timbul setelah kaki kanan Rossi menjalani kerja keras pada akhir pekan lalu. Namun, Charte menepis kekhawatiran tersebut. 

"Tidak (akan terjadi apa-apa). Sebaliknya, kondisi kaki Rossi malah semakin baik. Buktinya adalah hasil pada akhir pekan lalu," imbuh dia. 

Angel Charte juga menyatakan kondisi Rossi bakal fit sepenuhnya saat balapan MotoGP Jepang, pada 15 Oktober 2017. 

"Saya memberinya pelukan (setelah balapan) dan bilang kepadanya untuk melanjutkan rehabilitasi. Di Jepang dia akan pulih 100 persen," tegas Angel Charte mengomentari kondisi Rossi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya