Diplopia Marc Marquez Kambuh Lagi Usai Terjatuh di Mandalika MotoGP 2022

Marc Marquez mulai merasakan ketidaknyamanan pada penglihatannya saat dalam perjalanan pulang dari Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 22 Mar 2022, 17:53 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2022, 17:52 WIB
FOTO: Pembalap MotoGP Jalani Sesi Latihan Bebas Pertama di Sirkuit Mandalika
Pembalap Repsol Honda asal Spanyol Marc Marquez bersiap sebelum sesi latihan bebas pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez telah menjalani serangkaian pemeriksaan setibanya di Barcelona, Spanyol. Terbaru, pembalap yang dijuluki Baby Alien itu didiagnosa mengalami diplopia usai mengalami kecelakaan hebat pada sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022). 

Diplopia juga dikenal dengan sebutan penglihatan ganda. Gangguan ini bisa menimpa salah satu mata atau keduanya. Diplopia bisa disebabkan banyak hal tergantung posisi yang menyerang mata. Sebelumnya, Marc Marquez juga pernah menderita gangguan ini pada tahun 2021 yang lalu. 

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat saat menjalani sesi pemanasan pada balapan MotoGP Mandalika 2022 lalu. Dia terpental dari motornya pada tikungan ketujuh. 

Ini merupakan kali keempat Marquez terjatuh sepanjang gelaran MotoGP Mandalika 2022. Sebelumnya, dia juga kecelakaan pada sesi Free Practice dan dua kali terjatuh saat mengikuti kualifikasi pertama. 

Usai kejadian, Marquez masih sanggup berjalan ke pinggir lintasan. Pemegang 8 gelar juara dunia itu kemudian dibawa ke rumah sakit rujukan di Mataram, Lombok, untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mulai Tidak Nyaman di Perjalanan

Motor Honda Vario 160 yang dipakai Marc Marquez do MotoGP Mandalika 2022
Motor Honda Vario 160 yang dipakai Marc Marquez do MotoGP Mandalika 2022

Dari diagnosa awal, tidak ditemukan tanda-tanda luka serius pada tubuh Marquez. Namun Repsol Honda memutuskan untuk tidak melibatkannya pada balapan resmi yang berlangsung sore hari. Pembalap asal Spanyol itu selanjutnya diterbangkan pulang ke kampung halamannya, Barcelona. 

Menurut laporan Motosan, di tengah perjalanan, Marquez mulai tidak nyaman dengan penglihatannya. Dan setibanya di Barcelona, Senin (21/2/2022) waktu setempat, dia segera menemui dokter mata kepercayaannya, Dr. Sánchez Dalmau di rumah sakit Hospital Clínic de Barcelona. Setelah menjalani serangkaian tes, dokter mengkonfirmasi Marquez kembali mengidap diplopia seperti November lalu. 

 


Jalani Pemeriksaan Tambahan

Hari Kedua Sesi Latihan Bebas MotoGP Mandalika 2022
Pembalap Spanyol Marc Marquez dari tim Repsol Honda mengendarai sepeda motornya saat latihan bebas ketiga di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/3/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Pagi tadi, Marquez Marc Marquez juga kembali menemui tim medis Repsol Honda, yang dipimpin oleh Dr. Samuel Antuña, di Ruber Internacional Hospital di Madrid. Di sana, Márquez menjalani pemeriksaan medis umum untuk mengevaluasi semua memar yang disebabkan oleh kecelakaan di Sirkuit Mandalika dan MRI otak. Hasilnya tidak menunjukkan kalau Marquez mengalami cedera lainnya.

 


Jadwal MotoGP 2022

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Apa Itu Diplopia

Untuk mengenal lebih jauh mengenai diplopia yang dialami Marc Marquez, silahkan klik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya