Barcelona Buang Lord Martin Braithwaite, Kontraknya Diakhiri Lebih Cepat

Barcelona melepas Martin Braithwaite yang sebenarnya masih terikat kontrak dua tahun. Kini dia bisa diboyong klub lain dengan gratis.

oleh Defri Saefullah diperbarui 02 Sep 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2022, 22:00 WIB
Foto: Barisan Pesepak Bola yang Dijuluki Lord, Martin Braithwaite Teranyar
Barcelona akhiri kontrak Martin Braithwaite (Foto: AP/Joan Monfort)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona memutuskan untuk mengakhiri kontrak Martin Braithwaite lebih cepat. Ini dilakukan Barca pada batas waktu bursa transfer yang berakhir 1 September 2022 kemarin.

Martin Braithwaite sebenarnya masih terikat kontrak selama dua tahun dengan Barcelona. Belum jelas berapa bayaran yang didapatkan Braithwaite agar mau mengakhiri kontraknya.

Di sisi lain, Barcelona sukses untuk menghemat pengeluaran gaji dengan mendepak striker asal Denmark itu. Dia mendapatkan gaji sekitar 7 juta euro per musim.

"Barcelona dan Martin Braithwaite sudah mencapai kesepakatan untuk akhir kontrak yang mengikat klub hingga akhir musim 2023/2024," bunyi pernyataan klub.

"Barca mengucapkan terima kasih kepada Braithwaite untuk komitmen dan dedikasi. Semoga dia meraih karier lebih baik di masa mendatang."

 


Pindah

Martin Braithwaite
Striker Barcelona, Martin Braithwaite (Josep LAGO / AFP)

 

Berstatus bebas transfer, Braithwaite sudah punya klub incaran. Seperti dilansir Marca, striker asal Denmark itu dikabarkan siap memperkuat Espanyol.

Braithwaite sebenarnya berat hati untuk meninggalkan Barcelona. Bahkan saat Xavi mengatakan dia tak masuk rencananya karena keluarganya mulai nyaman di Katalunya.

Dengan pindah ke Espanyol, keluarga Braithwaite tak perlu pindah tempat. Di klub baru ini, dia berharap bisa dapatkan tiket main ke Piala Dunia 2022.

 


Komentar Braithwaite

Martin Braithwaite Gemilang, Barcelona Sikat Real Sociedad
Para pemain Barceloan menyapa fans usai pertandingan melawan Real Sociedad pada pertandingan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Senin (16/8/2021). Barcelona menang atas Sociedad 4-2. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Braithwaite pun mengaku berterima kasih dengan Barcelona. Dia ucapkan perpisahan dengan fans di media sosial sembari posting momen saat dia bantu Barca menangkan trofi Copa del Rey.

"Ini sebuah kebanggaaan bisa memperkuat klub ini. Saya selalu memberikan yang terbaik untuk fans dan klub. Saya akan selamanya berterima kasih untuk dukungan yang sudah diberikan," katanya.

Braithwaite merupakan pembelian mendadak Barcelona di pertengahan musim 2019/2020. Dia diboyong dari Leganes dengan transfer 18 juta euro.


Aubameyang ke Chelsea

Pierre-Emerick Aubameyang
Pemain Anyar Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyang. (Twitter/Chelsea)

he Athletic mengklaim Chelsea dan Barcelona telah mencapai kesepakatan soal biaya transfer Pierre-Emerick Aubameyang. Bek Chelsea Marcos Alonso juga akan pindah ke Camp Nou sebagai bagian dari kesepakatan itu.

Sekadar informasi, Chelsea sudah lama dikaitkan dengan kepindahan mantan penyerang Arsenal dan Borussia Dortmund tersebut. Ini setelah manajer The Blues mengizinkan Romelu Lukaku kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman.

Laporan The Athletc menambahkan bahwa Pierre-Emerick Aubameyang sudah menyetujui persyaratan pribadi dengan klub London tersebut. Pemain berusia 33 tahun itu akan melakukan perjalanan ke Inggris, Kamis (1/9) waktu setempat, untuk menyelesaikan kepindahan permanennya ke Chelsea.

Jurnalis Italia Fabrizio Romano mengklaim Chelsea akan membayar 12,1 juta pound atau sekitar Rp 208 miliar untuk layanan Aubameyang. Pemain timnas Gabon itu akan bersaing dengan Kai Havertz untuk satu tempat di Stamford Bridge.

Chelsea bakal memberi Aubameyang kontrak dua tahun hingga musim panas 2024. The Blues juga punya opsi tambahan 12 bulan yang bisa dipicu berdasarkan berapa banyak pertandingan yang dia mainkan pada musim 2023-24.


Tergusur

Pierre-Emerick Aubameyang
Robert Lewandowski dan Pierre-Emerick Aubameyang bakal menjadi andalan Barcelona di lini depan pada musim 2022/2023. (Michael Reaves / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Pierre-Emerick Aubameyang sepertinya kembali ke Liga Inggris kurang dari setahun setelah menandatangani kontrak dengan Barcelona. Bersama raksasa Catalan, pemain berusia 33 tahun tersebut menyalakan kembali kariernya.

Aubameyang mencetak 13 gol dalam 23 pertandingan selama musim debutnya. Dia membuktikan diri sebagai striker pilihan pertama pelatih Xavi Hernandez selama paruh kedua musim lalu.

Tapi, kedatangan Robert Lewandowski dari Bayern Munchen membuat Aubameyang kehilang posisinya di tim utama Barcelona. Dia baru bermain delapan menit dari tiga pertandingan yang dimainkan tim Catalan sejauh musim 2022/23.

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya