Pemerintah Srilanka Kuasai Basis Macan Tamil Eelam

Militer Srilanka berhasil menguasai kota Mullaittivu dan Anurdhapura yang menjadi basis kekuatan kelompok Macan Tamil Eelan. Dinas Kesehatan menuding operasi tersebut menewaskan sejumlah orang dan 300 lainnya luka.

oleh Liputan6 diperbarui 28 Jan 2009, 10:01 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2009, 10:01 WIB
090128aterkini_srilanka.jpg
Liputan6.com, Mullaittivu: Upaya menumpas pemberontak Macan Tamil Eelam terus dilakukan militer Srilanka. Sejumlah kota yang menjadi basis kekuatan terakhir kelompok seperatis ini seperti Mullaittivu serta Anurdhapura berhasil direbut, baru-baru ini [baca: Pasukan Srilanka Terus Tekan Pemberontak].

Namun, keberhasilan ini menuai kecaman dari pejabat Dinas Kesehatan setempat yang menuding operasi militer telah menewaskan sejumlah orang dan 300 lainnya luka. Korban-korban ini muncul karena militer melepaskan tembakan ke arah zona aman seluas 35 kilometer dekat Mullaittivu. Kawasan itu dihuni warga sipil yang terperangkap dalam pertempuran antara militer dan pemberontak Macan Tamil Eelam.

Tuduhan itu dibantah militer Srilanka. Mereka mengklaim korban tewas adalah anggota Macan Tamil Eelam yang menyamar menjadi warga sipil. Rentannya warga sipil menjadi korban membuat kelompok hak asasi manusia cemas akan keselamatan sekitar 250 ribu warga sipil. Sebab, sejumlah warga berada di wilayah yang menjadi titik pertempuran terakhir yang masih dikuasai gerilyawan.

Pemberontak Macan Tamil telah berusaha memerdekakan diri sejak 1983 silam karena tak kuat menahan diskriminasi selama puluhan tahun di tangan pemerintah yang didominasi etnis Sinhala. Akibat perang sipil ini, lebih dari 70 ribu orang tewas dan ratusan ribu lainnya terpaksa kehilangan tempat tinggal.(UPI)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya